Cara Mencari Stiker di Telegram: Panduan Lengkap

oleh Admin Funwithaileen.com

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer di dunia. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Telegram adalah stiker. Stiker adalah gambar atau animasi yang digunakan untuk menyampaikan emosi atau pesan dengan cara yang lebih kreatif. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mencari stiker di Telegram secara detail.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa Telegram memiliki ribuan stiker yang tersedia secara gratis. Namun, jika Anda tidak menemukan stiker yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda juga dapat membuat stiker kustom. Kami akan membahas kedua opsi ini dalam artikel ini.

Mencari Stiker di Telegram

Telegram menyediakan berbagai cara untuk mencari stiker yang sesuai dengan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menemukan stiker di Telegram:

1. Membuka Aplikasi Telegram

Langkah pertama dalam mencari stiker di Telegram adalah membuka aplikasi Telegram di perangkat Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Telegram Anda untuk dapat mengakses semua fitur yang tersedia.

2. Masuk ke Menu Stiker

Setelah membuka aplikasi Telegram, Anda akan melihat beberapa ikon di bagian bawah layar. Salah satu ikon yang perlu Anda cari adalah ikon stiker, yang biasanya berbentuk emotikon. Ketuk ikon stiker tersebut untuk masuk ke menu stiker.

3. Mencari Stiker dengan Kata Kunci

Setelah masuk ke menu stiker, Anda akan melihat daftar stiker yang tersedia. Jika Anda memiliki kata kunci tertentu untuk stiker yang ingin Anda cari, Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang disediakan. Ketuk ikon kaca pembesar atau kotak pencarian di bagian atas layar, kemudian ketikkan kata kunci stiker yang Anda inginkan.

4. Menelusuri Stiker Berdasarkan Kategori

Telegram juga menyediakan kategori stiker yang dapat Anda jelajahi. Ketuk ikon kategori yang biasanya terletak di bagian atas layar untuk melihat daftar kategori stiker yang tersedia. Pilih kategori yang menarik bagi Anda, dan Anda akan melihat stiker-stiker yang termasuk dalam kategori tersebut. Ini dapat membantu Anda menemukan stiker dengan tema atau gaya tertentu yang sesuai dengan preferensi Anda.

Lihat Juga:  Cara Keluar dari Google Meet: Panduan Lengkap

5. Melihat Stiker Terpopuler

Jika Anda tidak yakin dengan kata kunci atau kategori stiker yang ingin Anda cari, Anda juga dapat melihat stiker-stiker yang paling populer di Telegram. Ketuk ikon stiker populer, yang biasanya berbentuk bintang atau api, untuk melihat daftar stiker yang paling banyak digunakan oleh pengguna Telegram lainnya. Ini dapat memberikan inspirasi dan membantu Anda menemukan stiker-stiker yang menarik.

Unduh Stiker di Telegram

Setelah Anda menemukan stiker yang ingin Anda gunakan, Anda dapat mengunduhnya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh stiker di Telegram:

1. Pilih Stiker

Setelah Anda menemukan stiker yang menarik, ketuk stiker tersebut untuk melihat lebih detail. Anda akan melihat stiker dalam ukuran yang lebih besar, serta opsi untuk mengunduh stiker tersebut.

2. Unduh Stiker

Untuk mengunduh stiker, cukup ketuk tombol unduh yang biasanya berbentuk panah ke bawah. Stiker tersebut akan diunduh ke perangkat Anda dan akan tersedia untuk digunakan dalam percakapan di Telegram.

3. Gunakan Stiker dalam Chat

Setelah Anda mengunduh stiker, Anda dapat langsung menggunakannya dalam percakapan dengan orang lain. Ketuk stiker yang ingin Anda kirim, dan stiker tersebut akan muncul dalam percakapan. Anda dapat mengirim stiker tunggal atau mengirim beberapa stiker sekaligus untuk menyampaikan emosi atau pesan dengan lebih kreatif.

Membuat Stiker Kustom di Telegram

Jika Anda tidak menemukan stiker yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda juga dapat membuat stiker kustom di Telegram. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat stiker kustom:

1. Buka Chat dengan Bot @Stickers

Untuk membuat stiker kustom, buka chat dengan bot bernama @Stickers di Telegram. Cari bot ini dengan menggunakan fitur pencarian di aplikasi Telegram, kemudian ketuk untuk memulai chat dengan bot @Stickers.

2. Mulai Membuat Stiker

Setelah Anda membuka chat dengan bot @Stickers, ketik perintah “/newpack” untuk mulai membuat paket stiker baru. Bot @Stickers akan memberikan instruksi selanjutnya untuk mengatur paket stiker baru.

3. Menambahkan Stiker

Setelah Anda membuat paket stiker baru, Anda dapat mulai menambahkan stiker ke paket tersebut. Ada beberapa cara untuk menambahkan stiker:

a. Unggah Gambar dari Galeri

Anda dapat mengunggah gambar dari galeri perangkat Anda untuk digunakan sebagai stiker. Ketuk tombol untuk mengunggah gambar, dan pilih gambar yang ingin Anda gunakan. Setelah mengunggah gambar, Anda dapat menambahkan kutipan atau teks khusus jika diinginkan.

Lihat Juga:  Cara Melihat dan Download Foto Profil IG Full: Panduan Lengkap

b. Gunakan Stiker yang Sudah Ada

Telegram juga menyediakan stiker-stiker yang sudah ada dalam aplikasi sebagai bahan untuk stiker kustom Anda. Ketuk tombol untuk menambahkan stiker, dan pilih stiker yang ingin Anda gunakan dari daftar stiker yang tersedia.

c. Gambar Stiker dengan Kamera

Jika Anda ingin membuat stiker dengan menggunakan kamera perangkat Anda, Anda juga dapat melakukannya. Ketuk tombol untuk menggunakan kamera, dan ambil foto yang ingin Anda gunakan sebagai stiker. Setelah mengambil foto, Anda dapat menambahkan kutipan atau teks khusus jika diinginkan.

4. Publikasikan Paket Stiker

Setelah Anda menambahkan stiker ke paket, Anda dapat mempublikasikan paket stiker tersebut. Ketik perintah “/publish” untuk mempublikasikan paket stiker, dan bot @Stickers akan memberikan instruksi selanjutnya.

5. Menggunakan Stiker Kustom

Setelah Anda mempublikasikan paket stiker kustom, stiker-stiker tersebut akan tersedia di menu stiker Anda. Anda dapat langsung menggunakannya dalam percakapan dengan orang lain di Telegram.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara mencari stiker di Telegram dan cara membuat stiker kustom. Telegram menyediakan berbagai cara untuk mencari dan mengunduh stiker yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda tidak menemukan stiker yang sesuai, Anda juga dapat membuat stiker kustom dengan menggunakan bot @Stickers. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mengeksplorasi dunia stiker di Telegram dan menambahkan elemen kreatif dalam percakapan Anda.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi dan panduan tentang cara mencari stiker di Telegram dan membuat stiker kustom. Kami tidak memiliki afiliasi dengan Telegram dan tidak bertanggung jawab atas penggunaan stiker dalam percakapan Anda. Harap gunakan stiker dengan bijak dan sesuai dengan ketentuan penggunaan Telegram.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *