Cara Sharing Printer di Windows 10: Panduan Lengkap dan Mudah

oleh Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda mencari cara untuk berbagi printer di Windows 10? Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan sharing printer di sistem operasi Windows 10. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat dengan mudah menghubungkan dan menggunakan printer dari komputer lain di jaringan Anda.

Sharing printer di Windows 10 sangat bermanfaat, terutama jika Anda memiliki beberapa komputer di rumah atau kantor yang perlu mencetak dokumen. Dengan mengaktifkan fitur sharing printer, Anda tidak perlu membeli printer baru untuk setiap komputer. Anda dapat menggunakan satu printer yang sama dari semua komputer yang terhubung dalam jaringan.

Persiapan Awal

Sebelum memulai proses sharing printer di Windows 10, ada beberapa persiapan awal yang perlu Anda lakukan:

1. Hubungkan Printer ke Komputer Host

Pertama, pastikan Anda telah menghubungkan printer ke komputer yang akan menjadi host printer. Pastikan kabel printer terhubung dengan baik dan printer telah dihidupkan. Jika printer Anda menggunakan koneksi nirkabel, pastikan printer dan komputer host terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

2. Periksa Jaringan

Pastikan bahwa semua komputer yang ingin terhubung ke printer berada dalam jaringan yang sama. Jika Anda menggunakan jaringan kabel, pastikan semua komputer terhubung ke router atau switch yang sama. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel, pastikan semua komputer terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

3. Pastikan Driver Printer Terinstal

Pastikan driver printer telah terinstal dengan benar pada komputer host. Anda dapat mengunduh driver printer yang diperlukan dari situs web produsen printer atau menggunakan CD instalasi yang disertakan saat pembelian printer. Pastikan driver yang Anda instal sesuai dengan model dan tipe printer yang Anda gunakan.

Lihat Juga:  Rumus HLOOKUP di Excel: Cara Menggunakan dan Contoh Penggunaan

Membuka Pengaturan Printer

Langkah pertama dalam proses sharing printer di Windows 10 adalah membuka pengaturan printer:

1. Klik Tombol “Start”

Di pojok kiri bawah layar, klik tombol “Start” atau tekan tombol “Windows” pada keyboard Anda.

2. Pilih “Settings”

Dalam menu “Start”, pilih opsi “Settings” yang ditandai dengan ikon roda gigi. Ini akan membuka jendela pengaturan Windows 10.

3. Pilih “Devices”

Setelah jendela pengaturan terbuka, cari dan pilih opsi “Devices”. Ini akan membuka menu pengaturan perangkat.

4. Klik “Printers & Scanners”

Dalam menu perangkat, pilih opsi “Printers & scanners” di sisi kiri jendela. Ini akan membuka pengaturan printer di Windows 10.

Mengaktifkan Sharing Printer

Setelah membuka pengaturan printer di Windows 10, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur sharing printer:

1. Pilih Printer yang Ingin Dibagikan

Pada halaman pengaturan printer, Anda akan melihat daftar semua printer yang terhubung ke komputer. Cari printer yang ingin Anda bagikan dan klik pada nama printer tersebut.

2. Pilih “Manage”

Setelah memilih printer yang ingin dibagikan, pilih opsi “Manage”. Ini akan membuka halaman pengaturan printer yang lebih rinci.

3. Aktifkan Opsi “Share this printer”

Pada halaman pengaturan printer, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Share this printer”. Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan fitur sharing printer di Windows 10.

4. Mengatur Nama Printer yang Dibagikan

Selanjutnya, Anda dapat mengatur nama printer yang akan ditampilkan ketika komputer lain mencari printer di jaringan. Klik pada kolom “Share name” dan ketikkan nama yang sesuai. Pastikan nama tersebut mudah diingat dan deskriptif.

Menghubungkan Komputer Lain ke Printer

Setelah mengaktifkan sharing printer di komputer host, sekarang saatnya untuk menghubungkan komputer lain ke printer yang dibagikan:

1. Buka Pengaturan Printer di Komputer Lain

Pada komputer lain, buka pengaturan printer dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti pada langkah sebelumnya.

2. Klik “Add a Printer or Scanner”

Setelah membuka pengaturan printer di komputer lain, klik tombol “Add a printer or scanner”. Komputer akan mulai mencari printer yang tersedia dalam jaringan.

3. Tunggu Hingga Komputer Menemukan Printer

Pada komputer lain, tunggu hingga proses pencarian printer selesai. Komputer akan menampilkan daftar printer yang dapat dihubungkan.

Lihat Juga:  Sketsa Bunga yang Mudah, Simple, dan Cantik

4. Pilih Printer yang Dibagikan

Pada daftar printer yang ditampilkan, cari nama printer yang telah Anda bagikan pada langkah sebelumnya. Klik pada nama printer tersebut untuk memilihnya.

5. Klik “Add Device”

Setelah memilih printer yang ingin dihubungkan, klik tombol “Add device”. Komputer akan menginstal driver printer yang diperlukan untuk menghubungkan ke printer yang dibagikan.

6. Mengatur Printer Default (Opsional)

Jika Anda ingin membuat printer yang dibagikan menjadi printer default di komputer lain, Anda dapat melakukannya dengan mengklik nama printer yang terhubung dan memilih opsi “Set as default”. Dengan mengatur printer default, semua dokumen yang dikirim ke printer akan secara otomatis dicetak melalui printer yang dibagikan.

Menggunakan Printer yang Dibagikan

Sekarang, Anda telah berhasil menghubungkan komputer lain ke printer yang dibagikan. Anda dapat mencetak dokumen dari komputer lain dengan mudah:

1. Pilih Opsi Cetak

Pada komputer yang ingin mencetak, buka dokumen atau file yang ingin Anda cetak. Pilih opsi “Print” dalam menu atau tekan tombol “Ctrl + P” pada keyboard.

2. Pilih Printer yang Dibagikan

Dalam jendela cetak, pastikan printer yang ingin Anda gunakan adalah printer yang dibagikan. Jika tidak, pilih printer yang dibagikan dari daftar printer yang tersedia.

3. Sesuaikan Pengaturan Cetak (Opsional)

Jika perlu, sesuaikan pengaturan cetak seperti jumlah salinan, ukuran kertas, atau orientasi cetak dalam jendela cetak. Setelah itu, klik tombol “Print” untuk memulai proses pencetakan.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasional. Perubahan pada sistem operasi atau perangkat lunak tertentu dapat mempengaruhi proses sharing printer di Windows 10. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi ini. Jika Anda mengalami kesulitan atau masalah, disarankan untuk menghubungi produsen printer atau ahli IT yang kompeten.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *