Cara Menggunakan Instagram Music: Panduan Lengkap

Funwithaileen.com

Jika Anda pengguna aktif Instagram, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram Music. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan musik ke dalam postingan cerita atau video mereka di Instagram. Dengan adanya Instagram Music, Anda dapat mengekspresikan diri dan menambahkan sentuhan kreatif dalam konten Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan Instagram Music.

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Instagram Music. Fitur ini hanya tersedia di beberapa negara, jadi pastikan jika negara Anda termasuk dalam daftar negara yang mendukung fitur ini. Selain itu, Instagram Music juga hanya dapat digunakan dalam cerita Instagram dan video yang diunggah ke IGTV. Sekarang, mari kita mulai dengan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan Instagram Music.

Cara Menggunakan Instagram Music di Cerita Instagram

Bagian ini akan menjelaskan langkah-langkah untuk menggunakan Instagram Music di cerita Instagram. Dalam cerita Instagram, Anda dapat memilih lagu yang ingin Anda tambahkan dan menyesuaikan bagian lagu yang akan diputar dalam cerita Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama dalam menggunakan Instagram Music di cerita Instagram adalah membuka aplikasi Instagram di ponsel Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Instagram Anda.

2. Pilih Opsi “Tambahkan Cerita”

Setelah Anda membuka aplikasi Instagram, di halaman beranda, Anda akan melihat sebuah ikon kamera di pojok kiri atas. Ketuk ikon tersebut untuk membuka kamera Instagram. Kemudian, pilih opsi “Tambahkan Cerita”.

3. Ambil Foto atau Rekam Video

Setelah Anda memilih opsi “Tambahkan Cerita”, Anda akan diarahkan ke kamera Instagram. Di sini, Anda dapat mengambil foto baru atau merekam video dengan menekan tombol di tengah bawah layar. Anda juga dapat memilih foto atau video dari galeri ponsel Anda dengan menggeser layar ke atas.

4. Pilih Opsi “Stiker”

Setelah mengambil foto atau merekam video, pilih opsi “Stiker” di bagian atas layar. Opsi ini akan membuka berbagai stiker yang dapat Anda tambahkan ke cerita Anda.

5. Pilih Opsi “Musik”

Di antara berbagai pilihan stiker, geser ke kanan atau kiri hingga Anda menemukan opsi “Musik”. Ketuk opsi tersebut untuk membuka halaman pencarian musik di Instagram.

6. Cari Lagu yang Anda Inginkan

Di halaman pencarian musik, Anda dapat mencari lagu berdasarkan judul, artis, atau genre. Ketikkan kata kunci yang relevan pada kolom pencarian dan pilih lagu yang ingin Anda tambahkan ke cerita Anda.

7. Sesuaikan Bagian Lagu yang Akan Diputar

Setelah memilih lagu, Anda dapat menyesuaikan bagian lagu yang akan diputar dalam cerita Anda. Geser slider waktu ke kiri atau kanan untuk memilih bagian yang ingin Anda gunakan. Anda juga dapat mendengarkan pratinjau lagu dengan menekan tombol “Putar” di sebelah kiri slider waktu.

Lihat Juga:  Cara Download dan Menyimpan Story IG: Panduan Lengkap

8. Tambahkan Stiker Musik ke Cerita

Jika Anda puas dengan pilihan lagu dan bagian yang akan diputar, ketuk opsi “Tambahkan ke Cerita” di bagian bawah layar. Stiker musik akan ditambahkan ke cerita Anda.

9. Atur Ukuran dan Posisi Stiker Musik

Setelah menambahkan stiker musik ke cerita Anda, Anda dapat mengubah ukuran dan posisinya. Untuk mengubah ukuran, letakkan dua jari Anda di atas stiker dan sebarkan atau rapatkan jari-jari tersebut. Untuk mengubah posisi, tahan stiker dengan satu jari dan geser ke tempat yang diinginkan.

10. Bagikan Cerita Anda

Setelah Anda selesai mengatur stiker musik di cerita Anda, Anda dapat menambahkan teks, stiker lainnya, atau efek lain yang diinginkan. Setelah puas dengan hasilnya, ketuk opsi “Bagikan” di kanan bawah layar untuk membagikan cerita Anda kepada pengikut Anda.

Cara Menggunakan Instagram Music di Video IGTV

Selain dapat digunakan di cerita Instagram, Instagram Music juga dapat ditambahkan ke video yang diunggah ke IGTV. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Instagram Music di video IGTV:

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan pastikan Anda telah masuk ke akun Instagram Anda.

2. Pilih Opsi “IGTV”

Setelah membuka aplikasi Instagram, di halaman beranda, ketuk ikon TV yang terletak di pojok kanan atas layar untuk membuka IGTV.

3. Pilih Opsi “Tambah Video Baru”

Di halaman IGTV, ketuk ikon “+” di bagian atas kanan layar untuk memulai proses mengunggah video baru.

4. Pilih Video dari Galeri

Setelah memilih opsi “Tambah Video Baru”, Anda akan diarahkan ke galeri ponsel Anda. Pilih video yang ingin Anda unggah ke IGTV dengan menggeser layar ke atas atau bawah.

5. Pilih Opsi “Stiker”

Setelah memilih video, pilih opsi “Stiker” di bagian atas layar. Anda akan melihat berbagai stiker yang dapat Anda tambahkan ke video IGTV Anda.

6. Pilih Opsi “Musik”

Dalam opsi stiker, geser ke kanan atau kiri hingga Anda menemukan opsi “Musik”. Ketuk opsi tersebut untuk membuka halaman pencarian musik di Instagram.

7. Cari Lagu yang Anda Inginkan

Di halaman pencarian musik, Anda dapat mencari lagu berdasarkan judul, artis, atau genre. Ketikkan kata kunci yang relevan pada kolom pencarian dan pilih lagu yang ingin Anda tambahkan ke video IGTV Anda.

8. Sesuaikan Bagian Lagu yang Akan Diputar

Setelah memilih lagu, Anda dapat menyesuaikan bagian lagu yang akan diputar dalam video IGTV Anda. Geser slider waktu ke kiri atau kanan untuk memilih bagian yang ingin Anda gunakan. Anda juga dapat mendengarkan pratinjau lagu dengan menekan tombol “Putar” di sebelah kiri slider waktu.

9. Tambahkan Stiker Musik ke Video IGTV

Jika Anda puas dengan pilihan lagu dan bagian yang akan diputar, ketuk opsi “Tambahkan ke Video” di bagian bawah layar. Stiker musik akan ditambahkan ke video IGTV Anda.

10. Atur Ukuran dan Posisi Stiker Musik

Setelah menambahkan stiker musik ke video IGTV Anda, Anda dapat mengubah ukuran dan posisinya. Untuk mengubah ukuran, letakkan dua jari Anda di atas stiker dan sebarkan atau rapatkan jari-jari tersebut. Untuk mengubah posisi, tahan stiker dengan satu jari dan geser ke tempat yang diinginkan.

11. Tambahkan Deskripsi dan Detail Video

Setelah selesai mengatur stiker musik, Anda dapat menambahkan deskripsi dan detail lainnya untuk video IGTV Anda. Ketuk ikon “i” di pojok kanan atas layar untuk membuka menu detail video dan deskripsi. Di sini, Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, dan tautan yang relevan.

12. Bagikan Video IGTV Anda

Setelah Anda selesai mengatur deskripsi dan detail video, ketuk opsi “Bagikan” di kanan atas layar untuk mengunggah video IGTV Anda. Video akan diproses dan diunggah ke akun Instagram Anda. Anda dapat membagikan tautan video tersebut kepada pengikut Anda melalui cerita Instagram atau melalui pesan pribadi.

Cara Menggunakan Instagram Music dengan Templat Cerita

Selain menambahkan musik langsung ke cerita Instagram, Anda juga dapat menggunakan templat cerita yang sudah disediakan oleh Instagram. Templat cerita ini memiliki musik latar yang sudah terintegrasi dan dapat dengan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Instagram Music dengan templat cerita:

Lihat Juga:  Cara Membuat Jadwal Zoom Meeting: Panduan Lengkap

1. Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan pastikan Anda telah masuk ke akun Instagram Anda.

2. Pilih Opsi “Tambahkan Cerita”

Setelah membuka aplikasi Instagram, di halaman beranda, ketuk ikon kamera di pojok kiri atas untuk membuka kamera Instagram. Kemudian, pilih opsi “Tambahkan Cerita”.

3. Pilih Opsi “Templat Cerita”

Setelah Anda memilih opsi “Tambahkan Cerita”, Anda akan melihat berbagai pilihan templat cerita di bagian bawah layar. Geser ke kanan atau kiri hingga Anda menemukan templat cerita yang ingin Anda gunakan.

4. Pilih Templat Cerita yang Menggunakan Musik

Pilih salah satu templat cerita yang memiliki ikon musik di pojok kanan atas. Templat-templat ini sudah memiliki musik latar yang terintegrasi.

5. Sesuaikan Isi Cerita Anda

Setelah memilih templat cerita, Anda dapat mengganti foto atau video yang digunakan dalam cerita tersebut. Ketuk ikon foto di pojok kiri bawah layar untuk mengganti konten yang ada dengan foto atau video dari galeri ponsel Anda.

6. Tambahkan Teks atau Stiker Lainnya

Setelah memilih konten yang ingin digunakan, Anda dapat menambahkan teks atau stiker lainnya untuk mempersonalisasi cerita Anda. Ketuk ikon teks di pojok kanan atas layar untuk menambahkan teks dan ketuk ikon stiker di pojok kanan bawah layar untuk menambahkan stiker.

7. Bagikan Cerita Anda

Setelah selesai mengatur cerita Anda, ketuk opsi “Bagikan” di kanan bawah layar untuk membagikan cerita tersebut kepada pengikut Anda.

Keuntungan Menggunakan Instagram Music

Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan menggunakan Instagram Music dalam konten Instagram Anda:

1. Menambahkan Sentuhan Kreatif

Dengan menggunakan Instagram Music, Anda dapat menambahkan sentuhan kreatif dalam konten Instagram Anda. Musik dapat menciptakan suasana yang lebih menarik dan meningkatkan pengalaman menonton atau melihat konten Anda.

2. Meningkatkan Daya Tarik Konten

Dengan adanya musik, konten Anda akan lebih menarik dan dapat menarik perhatian pengguna Instagram. Musik dapat meningkatkan daya tarik visual dan membantu konten Anda lebih standout di antara konten lainnya di platform tersebut.

3. Mengekspresikan Diri dengan Lebih Baik

Instagram Music memungkinkan Anda untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik melalui konten Anda. Anda dapat memilih lagu yang sesuai dengan mood atau pesan yang ingin Anda sampaikan, sehingga dapat mencerminkan kepribadian atau gaya Anda.

4. Meningkatkan Engagement

Menggunakan Instagram Music dapat membantu meningkatkan tingkat engagement atau interaksi dengan pengikut Anda. Musik dapat membangkitkan emosi dan membuat pengguna lebih tertarik untuk menonton dan berinteraksi dengan konten Anda.

5. Meningkatkan Visibilitas Konten

Dengan menggunakan Instagram Music, konten Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan visibilitas yang lebih tinggi di platform tersebut. Instagram juga memiliki fitur “Music” di mana pengguna dapat menemukan konten berdasarkan lagu atau artis yang digunakan.

6. Menambahkan Nilai pada Konten

Dengan adanya musik, konten Anda akan memiliki tambahan nilai yang dapat meningkatkan kualitas dan kesan keseluruhan. Musik dapat memberikan latar belakang audio yang menyenangkan dan memperkaya pengalaman pengguna saat melihat atau mendengarkan konten Anda.

Disclaimer

Harap dicatat bahwa fitur Instagram Music mungkin tidak tersedia di semua negara. Pastikan untuk memeriksa ketersediaan fitur ini di negara Anda sebelum mencoba menggunakannya. Selain itu, pastikan Anda memiliki hak atau izin yang diperlukan untuk menggunakan musik dalam konten Anda. Instagram tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta atau penggunaan musik tanpa izin dalam konten yang Anda bagikan.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar