Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus: Panduan Lengkap

Funwithaileen.com

Apakah Anda pernah menghapus pesan penting di WhatsApp dan berharap bisa melihatnya kembali? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat mengembalikan pesan-pesan yang telah dihapus dan mengakses informasi yang mungkin Anda butuhkan.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Namun, terkadang kita dapat menghapus pesan dengan tidak sengaja atau mungkin ingin mengembalikan pesan yang telah dihapus oleh pengirim. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus agar Anda dapat mengakses kembali pesan-pesan yang penting bagi Anda.

Panduan Lengkap: Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

WhatsApp menyediakan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melihat pesan yang telah dihapus. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk setiap metode:

Menggunakan Fitur Pemulihan Pesan WhatsApp

Jika Anda ingin mengembalikan pesan-pesan yang telah dihapus di WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan fitur pemulihan pesan bawaan aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan pesan-pesan yang telah dihapus dalam waktu tertentu. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Navigasikan ke layar “Pengaturan” dengan mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.

3. Pilih “Pengaturan” dari menu drop-down.

4. Di layar Pengaturan, ketuk opsi “Chats”.

5. Pilih “Cadangan chat” untuk membuka pengaturan cadangan chat WhatsApp.

6. Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur “Cadangkan ke Google Drive” dan memilih frekuensi cadangan yang diinginkan.

7. Setelah itu, ketuk opsi “Cadangkan sekarang” untuk membuat cadangan terbaru.

8. Jika Anda telah menghapus pesan WhatsApp yang ingin Anda pulihkan sebelum cadangan terakhir, Anda dapat menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda dan menginstalnya kembali dari toko aplikasi.

9. Saat Anda menginstal kembali WhatsApp, Anda akan diminta untuk mengembalikan pesan-pesan dari cadangan terbaru yang ada di Google Drive Anda.

10. Setelah proses pengembalian selesai, Anda akan dapat melihat kembali pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika fitur pemulihan pesan WhatsApp tidak berhasil mengembalikan pesan-pesan yang dihapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk memulihkan pesan WhatsApp, seperti Dr.Fone, iMobie PhoneRescue, dan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pemulihan pesan WhatsApp:

1. Buka toko aplikasi di ponsel Anda dan cari aplikasi pemulihan pesan WhatsApp.

2. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan unduh serta instal aplikasi tersebut.

3. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus.

4. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan memperhatikan setiap persyaratan yang ditetapkan oleh aplikasi.

5. Setelah proses pemulihan selesai, Anda akan dapat melihat kembali pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Lihat Juga:  Catatan Instagram Lagu: Menikmati Musik Melalui Foto-foto Unik

Menggunakan File Backup WhatsApp

Jika Anda melakukan backup pesan WhatsApp sebelumnya, Anda dapat mengembalikan pesan-pesan yang telah dihapus dengan menggunakan file backup. WhatsApp secara otomatis membuat file backup harian, mingguan, dan bulanan, yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan pesan yang hilang. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan file backup WhatsApp:

1. Buka aplikasi File Manager di ponsel Anda.

2. Navigasikan ke folder penyimpanan internal ponsel Anda.

3. Cari folder bernama “WhatsApp” dan buka folder tersebut.

4. Di dalam folder “WhatsApp”, cari subfolder bernama “Databases” dan buka folder tersebut.

5. Di dalam folder “Databases”, Anda akan menemukan file backup pesan WhatsApp dengan nama “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” atau format serupa.

6. Salin file backup tersebut ke lokasi yang aman, seperti folder cadangan di penyimpanan eksternal atau komputer Anda.

7. Setelah itu, uninstall aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda.

8. Install kembali aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi.

9. Saat diminta, pilih opsi untuk mengembalikan pesan-pesan dari file backup yang Anda simpan sebelumnya.

10. Setelah proses pengembalian selesai, Anda akan dapat melihat kembali pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Menghubungi Pengirim Pesan

Jika Anda ingin mengembalikan pesan yang telah dihapus di WhatsApp dan Anda tidak memiliki akses ke fitur pemulihan pesan atau file backup, Anda dapat mencoba menghubungi pengirim pesan tersebut. Jika pengirim masih memiliki salinan pesan atau dapat mengirim kembali pesan tersebut, Anda dapat melihatnya kembali di WhatsApp. Namun, ini tergantung pada kebijakan dan ketersediaan pengirim pesan.

Menggunakan Aplikasi Penyadap WhatsApp

Jika Anda mencari cara yang lebih drastis untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi penyadap WhatsApp. Namun, penting untuk diingat bahwa menggunakan aplikasi penyadap WhatsApp adalah tindakan yang melanggar privasi dan ilegal dalam banyak yurisdiksi. Kami sangat menyarankan Anda untuk tidak menggunakan aplikasi semacam ini karena konsekuensinya yang serius.

Menggunakan Fitur Unduhan Data WhatsApp

WhatsApp menyediakan fitur unduhan data yang memungkinkan Anda mengunduh semua data yang dikumpulkan oleh aplikasi ini, termasuk pesan-pesan yang telah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini tidak secara khusus dirancang untuk mengembalikan pesan yang dihapus, melainkan untuk memberikan Anda salinan data pribadi Anda yang terkait dengan WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur unduhan data WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Navigasikan ke layar “Pengaturan” dengan mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.

3. Pilih “Pengaturan” dari menu drop-down.

4. Di layar Pengaturan, ketuk opsi “Akun”.

5. Pilih “Unduh data” untuk membuka pengaturan unduhan data WhatsApp.

6. Pada layar Unduh data, Anda dapat memilih jenis data yang ingin Anda unduh, seperti pesan, foto, video, dan lainnya.

7. Setelah memilih jenis data yang diinginkan, ketuk opsi “Unduh” untuk memulai proses pengunduhan.

8. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai, dan Anda akan dapat melihat kembali pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Menghubungi Layanan Dukungan WhatsApp

Jika semua upaya di atas tidak berhasil mengembalikan pesan WhatsApp yang telah dihapus, Anda dapat mencoba menghubungi layanan dukungan WhatsApp. Mereka mungkin dapat membantu Anda dalam situasi tertentu dan memberikan solusi yang tepat sesuai denganmasalah yang Anda hadapi. Anda dapat menghubungi layanan dukungan WhatsApp melalui aplikasi itu sendiri atau melalui situs web resmi mereka.

Lihat Juga:  Wifi Only Artinya: Istilah yang Perlu Anda Ketahui

Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda ingin mengakses pesan WhatsApp yang telah dihapus dan Anda menggunakan ponsel Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi perekam layar. Aplikasi perekam layar dapat merekam layar ponsel Anda saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, termasuk pesan-pesan yang muncul sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi perekam layar juga dapat melanggar privasi dan kebijakan penggunaan WhatsApp.

Menggunakan Fitur Riwayat Chat WhatsApp

Jika Anda ingin melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim, Anda dapat menggunakan fitur riwayat chat WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan pesan-pesan yang masuk ke dalam folder arsip, bahkan setelah pesan tersebut dihapus oleh pengirim. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur riwayat chat WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Navigasikan ke layar “Chats”.

3. Di layar “Chats”, geser layar ke atas untuk memuat pesan-pesan yang lebih lama.

4. Terus geser ke atas hingga Anda melihat opsi “Riwayat Chat”.

5. Ketuk opsi “Riwayat Chat” untuk membuka folder arsip.

6. Di dalam folder arsip, Anda akan menemukan pesan-pesan yang telah dihapus oleh pengirim.

7. Pilih pesan yang ingin Anda lihat kembali dan ketuk untuk membukanya.

Menerima Salinan Pesan melalui Email

Jika Anda ingin mendapatkan salinan pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim, Anda dapat meminta pengirim untuk mengirimkan salinan pesan tersebut melalui email. Jika pengirim masih memiliki salinan pesan dan bersedia untuk membagikannya dengan Anda, mereka dapat mengirimkannya melalui email. Anda dapat memberikan alamat email Anda kepada pengirim dan meminta mereka untuk mengirim salinan pesan ke alamat tersebut.

Kesimpulan

Dalam panduan ini, kami telah membahas berbagai cara untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan efektivitasnya dapat bervariasi tergantung pada situasi Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa metode yang disebutkan di atas dapat melanggar privasi dan kebijakan penggunaan WhatsApp. Kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan metode yang sah dan menghormati privasi pengguna lain saat mencoba mengakses pesan yang telah dihapus. Jika tidak ada metode yang berhasil, mungkin pesan tersebut benar-benar tidak dapat dikembalikan. Oleh karena itu, disarankan untuk secara rutin melakukan backup pesan WhatsApp Anda agar terhindar dari kehilangan data yang penting.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi tentang cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Kami tidak mendorong atau mendukung penggunaan metode yang melanggar privasi atau ilegal. Setiap tindakan yang Anda ambil berdasarkan informasi dalam artikel ini adalah tanggung jawab Anda sepenuhnya. Pastikan untuk mematuhi hukum dan kebijakan yang berlaku dalam yurisdiksi Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang mungkin timbul akibat penggunaan artikel ini.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar