Membuat Kuesioner Online di Google Form: Cara Mudah dan Praktis

Funwithaileen.com

Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat kuesioner online? Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk membuat kuesioner online menggunakan Google Form. Dengan menggunakan Google Form, Anda dapat membuat kuesioner dengan mudah, praktis, dan gratis. Selain itu, Google Form juga menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengumpulkan dan menganalisis data dengan lebih efisien.

Sebelum kita memulai, mari kita jelaskan terlebih dahulu apa itu Google Form. Google Form adalah salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir online. Dengan Google Form, Anda dapat membuat kuesioner, survei, atau formulir lainnya dengan mudah dan cepat. Google Form juga menyediakan berbagai pilihan pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, kotak centang, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tampilan dan tema formulir sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Membuat Kuesioner Online di Google Form

Sebelum kita mulai membuat kuesioner online di Google Form, pastikan Anda telah memiliki akun Google. Jika belum, Anda dapat membuatnya secara gratis. Setelah memiliki akun Google, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kuesioner online di Google Form.

Membuka Google Form

Langkah pertama adalah membuka Google Form melalui browser Anda. Ketikkan “Google Form” di mesin pencari atau akses langsung melalui tautan https://docs.google.com/forms/. Setelah itu, klik “Buat” untuk membuat formulir baru.

Menentukan Judul dan Deskripsi

Setelah membuka Google Form, Anda akan melihat kolom untuk menentukan judul dan deskripsi formulir. Judul formulir akan menjadi judul utama kuesioner Anda, sedangkan deskripsi dapat digunakan untuk memberikan penjelasan singkat tentang tujuan kuesioner.

Lihat Juga:  Cara Share Screen di Google Meet: Panduan Lengkap

Menambahkan Pertanyaan

Setelah menentukan judul dan deskripsi formulir, langkah selanjutnya adalah menambahkan pertanyaan. Klik pada tombol “Tambahkan pertanyaan” untuk mulai menambahkan pertanyaan ke dalam formulir. Google Form menyediakan berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, kotak centang, dan banyak lagi. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tulis pertanyaan tersebut.

Mengatur Pilihan Jawaban

Setelah menambahkan pertanyaan, langkah berikutnya adalah mengatur pilihan jawaban. Jika Anda menggunakan pertanyaan pilihan ganda atau kotak centang, Anda perlu menambahkan pilihan jawaban yang akan ditampilkan kepada responden. Anda juga dapat menambahkan opsi “Lainnya” jika ingin memberikan opsi jawaban tambahan.

Menentukan Kebutuhan Jawaban

Setelah mengatur pilihan jawaban, Anda dapat menentukan kebutuhan jawaban. Misalnya, jika Anda ingin memastikan bahwa responden memberikan jawaban yang valid, Anda dapat memilih opsi “Harus mengisi pertanyaan ini” atau “Harus memilih minimal satu opsi”. Anda juga dapat mengatur batasan karakter untuk jawaban isian singkat.

Menambahkan Pertanyaan Lainnya

Jika Anda memiliki pertanyaan tambahan, Anda dapat menambahkannya dengan mengklik tombol “Tambahkan pertanyaan” lagi. Ulangi langkah-langkah sebelumnya untuk menambahkan pertanyaan dan mengatur pilihan jawaban.

Mengatur Tampilan Formulir

Setelah menambahkan semua pertanyaan, Anda dapat mengatur tampilan formulir sesuai dengan kebutuhan Anda. Google Form menyediakan berbagai opsi, seperti mengubah tema, mengatur tata letak, atau menambahkan gambar atau video sebagai ilustrasi.

Membagikan Formulir

Setelah selesai mengatur formulir, Anda dapat membagikannya kepada responden. Google Form menyediakan opsi untuk membagikan formulir melalui tautan, mengirimkan melalui email, atau menyematkannya ke dalam situs web.

Mengumpulkan dan Menganalisis Data

Setelah responden mengisi formulir, Anda dapat melihat dan menganalisis data yang telah dikumpulkan. Google Form menyediakan fitur untuk melihat hasil secara langsung dalam bentuk grafik atau tabel. Anda juga dapat mengunduh data dalam format Excel atau Google Sheets untuk analisis lebih lanjut.

Lihat Juga:  Driver Epson L1110: Download, Instalasi, dan Solusi Masalah

Mengelola dan Mengedit Formulir

Jika ada perubahan yang perlu dilakukan pada formulir, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengeditnya. Google Form memungkinkan Anda untuk menambahkan atau menghapus pertanyaan, mengubah pilihan jawaban, atau mengatur ulang tampilan formulir sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Membuat kuesioner online di Google Form adalah cara yang mudah, praktis, dan efisien untuk mengumpulkan data. Dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat kuesioner yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam waktu singkat. Selain itu, Google Form juga menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu Anda menganalisis data dengan lebih efisien. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah membuat kuesioner online di Google Form sekarang juga!

Disclaimer

Artikel ini disediakan hanya sebagai panduan umum untuk membuat kuesioner online di Google Form. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi dalam artikel ini. Pastikan untuk mematuhi kebijakan dan persyaratan penggunaan Google Form saat membuat dan menggunakan kuesioner online.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar