Cara Membuat Highlight Instagram: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Tampilan Profil Anda

oleh Admin Funwithaileen.com

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya. Dalam upaya untuk membuat profil Instagram Anda lebih menarik dan teratur, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan fitur Highlight. Highlight adalah koleksi cerita atau postingan yang Anda simpan di atas profil Anda, yang tidak akan hilang setelah 24 jam seperti cerita biasa. Dengan membuat Highlight yang menarik, Anda dapat memberikan pengunjung profil Anda gambaran yang lebih baik tentang diri Anda, minat Anda, dan konten yang ingin Anda bagikan.

Apakah Anda ingin tahu cara membuat Highlight Instagram yang menarik dan efektif? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat Highlight Instagram dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Kami akan menguraikan setiap langkah secara detail, sehingga Anda dapat memulai dan meningkatkan tampilan profil Instagram Anda segera.

Persiapan Awal

Sebelum kita mulai, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum membuat Highlight Instagram. Ini termasuk memastikan bahwa aplikasi Instagram Anda telah diperbarui ke versi terbaru, dan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Pastikan juga Anda memiliki foto atau video yang ingin Anda tambahkan ke Highlight, serta tema atau topik yang ingin Anda sampaikan melalui Highlight Anda. Dengan persiapan yang tepat, Anda akan dapat membuat Highlight yang menarik dan sesuai dengan kepribadian dan minat Anda.

Langkah 1: Membuat Highlight Baru

Langkah pertama untuk membuat Highlight Instagram adalah dengan membuat Highlight baru. Buka aplikasi Instagram dan kunjungi profil Anda dengan mengetuk ikon profil di pojok kanan bawah layar Anda. Di bawah bio Anda, Anda akan menemukan tombol “Tambahkan Highlight Baru”. Ketuk tombol ini untuk melanjutkan.

Setelah Anda menekan tombol “Tambahkan Highlight Baru”, Anda akan melihat daftar cerita yang telah Anda unggah sebelumnya. Ini termasuk cerita yang Anda unggah di feed Anda atau cerita yang Anda bagikan dengan teman-teman Anda. Pilih cerita yang ingin Anda tambahkan ke Highlight baru Anda dengan mengetuk kotak kecil di sebelah cerita tersebut. Anda juga dapat memilih beberapa cerita sekaligus dengan mengetuk setiap kotak kecil yang ingin Anda tambahkan.

Jika Anda ingin membuat Highlight tanpa harus memilih cerita dari yang telah Anda unggah sebelumnya, Anda juga dapat membuat Highlight kosong. Untuk melakukan ini, ketuk tombol “Tambahkan Highlight Baru”, lalu ketuk “Tambahkan Tanpa Cerita”. Anda dapat mengisi Highlight tersebut dengan cerita baru nanti.

Langkah 2: Menyusun Urutan Cerita

Setelah Anda memilih cerita-cerita yang ingin ditambahkan ke Highlight, langkah berikutnya adalah menyusun urutan cerita. Urutan cerita sangat penting karena akan mempengaruhi bagaimana pengunjung profil Anda melihat konten Anda. Untuk menyusun urutan cerita, ketuk dan tahan cerita yang ingin Anda geser ke atas atau bawah. Geser cerita ke posisi yang diinginkan, kemudian lepaskan untuk menempatkannya di urutan yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menambahkan cerita baru ke dalam urutan Highlight yang sudah ada. Buka Highlight yang ingin Anda edit dengan mengetuknya di profil Anda, lalu ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih “Edit Highlight”, lalu ketuk “Tambahkan” untuk memilih cerita baru yang ingin Anda tambahkan ke Highlight tersebut.

Langkah 3: Memberi Nama Highlight

Setelah Anda menyusun urutan cerita, langkah selanjutnya adalah memberi nama pada Highlight Anda. Nama Highlight akan menjadi judul dari koleksi cerita yang Anda simpan di profil Anda. Nama Highlight yang menarik dan relevan akan membantu pengunjung profil Anda memahami tema atau konten cerita yang ada dalam Highlight tersebut. Untuk memberi nama pada Highlight, ketuk tombol “Nama Highlight” yang terletak di bagian atas layar. Ketikkan nama yang Anda inginkan, kemudian ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan.

Lihat Juga:  Nama IG Aesthetic Keren Lucu Bagus untuk Cowok dan Cewek

Anda juga dapat mengedit atau mengubah nama Highlight yang sudah ada. Buka Highlight yang ingin Anda edit dengan mengetuknya di profil Anda, lalu ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas layar. Pilih “Edit Highlight”, lalu ketuk tombol “Nama Highlight” untuk mengubah nama Highlight tersebut.

Langkah 4: Mengubah Cover Highlight

Cover Highlight adalah gambar yang mewakili Highlight Anda. Instagram secara otomatis memilih cover dari cerita pertama yang Anda tambahkan ke Highlight. Namun, Anda dapat mengubah cover ini sesuai keinginan Anda, dengan menggunakan gambar atau video yang sudah Anda unggah sebelumnya atau dengan menggunakan foto baru. Mengubah cover Highlight akan membantu menarik perhatian pengunjung profil Anda dan mencerminkan isi dari Highlight tersebut.

Untuk mengubah cover Highlight, buka profil Anda dan ketuk Highlight yang ingin Anda edit. Ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu pilih “Edit Highlight”. Ketuk tombol “Sampul Highlight” di bagian atas layar, kemudian pilih opsi “Ubah Sampul” atau “Pilih dari Galeri” untuk memilih gambar atau video yang ingin Anda gunakan sebagai cover Highlight. Setelah Anda memilih gambar atau video yang diinginkan, ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 5: Menyembunyikan Highlight dari Pengikut Tertentu

Jika Anda ingin menyembunyikan Highlight tertentu dari pengikut tertentu, Instagram menyediakan fitur “Sembunyikan dari”. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat memilih pengikut yang tidak ingin melihat Highlight tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki Highlight tentang perjalanan liburan yang ingin Anda sembunyikan dari teman kerja Anda, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyembunyikannya dari mereka.

Untuk menggunakan fitur “Sembunyikan dari”, buka profil Anda dan ketuk Highlight yang ingin Anda atur privasi. Ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu pilih “Sembunyikan dari”. Pilih pengikut yang ingin Anda sembunyikan dari Highlight tersebut, kemudian ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan. Pengikut yang Anda pilih tidak akan dapat melihat Highlight tersebut saat mereka mengunjungi profil Anda.

Langkah 6: Menghapus Cerita dari Highlight

Jika Anda ingin menghapus cerita tertentu dari Highlight, Instagram menyediakan fitur “Hapus”. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menghapus cerita yang tidak ingin Anda tampilkan dalam Highlight tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki cerita dalam Highlight yang sudah usang atau tidak relevan lagi, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menghapusnya dari Highlight Anda.

Untuk menghapus cerita dari Highlight, buka profil Anda dan ketuk Highlight yang ingin Anda edit. Ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas layar, lalu pilih “Edit Highlight”. Pilih cerita yang ingin Anda hapus dengan mengetuk kotak kecil di sebelah cerita tersebut, kemudian ketuk “Hapus” untuk menghapus cerita tersebut dari Highlight. Cerita yang Anda hapus tidak akan lagi ditampilkan saat seseorang mengunjungi Highlight tersebut di profil Anda.

Langkah 7: Membuat Highlight Baru dengan Arka Plan Khusus

Jika Anda ingin membuat Highlight dengan tampilan yang lebih menarik dan konsisten, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Canva atau Unfold. Aplikasi ini menyediakan berbagai template dan desain yang dapat Anda gunakan untuk membuat arka plan khusus untuk Highlight Anda. Dengan menggunakan arka plan khusus, Highlight Anda akan terlihat lebih profesional dan menarik bagi pengunjung profil Anda.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, unduh aplikasi yang Anda pilih melalui App Store atau Google Play Store. Buka aplikasi tersebut, pilih template atau desain yang Anda sukai, dan ses

Setelah Anda memilih template atau desain yang Anda sukai, Anda dapat mengeditnya sesuai keinginan Anda. Anda dapat mengganti warna latar belakang, menambahkan teks, mengatur ukuran dan jenis font, serta menambahkan elemen dekoratif lainnya. Setelah Anda puas dengan tampilan Highlight yang Anda buat, simpan gambar atau video tersebut ke galeri ponsel Anda.

Setelah Anda menyimpan gambar atau video dengan arka plan khusus ke galeri ponsel Anda, buka aplikasi Instagram dan ikuti langkah-langkah sebelumnya untuk membuat Highlight baru. Ketika Anda sampai pada langkah untuk mengubah cover Highlight, ketuk tombol “Sampul Highlight” dan pilih “Pilih dari Galeri” atau “Pilih Video” tergantung pada jenis media yang ingin Anda gunakan. Pilih gambar atau video dengan arka plan khusus yang telah Anda buat, dan ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan.

Lihat Juga:  Rumus SUMIF Excel: Menghitung Data dengan Kondisi Tertentu

Langkah 8: Menampilkan Highlight di Bio

Salah satu fitur yang menarik dari Highlight Instagram adalah Anda dapat menampilkan Highlight tertentu di bio profil Anda. Dengan menampilkan Highlight di bio, pengunjung profil Anda dapat dengan mudah mengakses dan melihat cerita yang Anda simpan dalam Highlight tersebut. Ini merupakan cara yang efektif untuk menarik perhatian pengunjung dan memberikan gambaran yang lebih baik tentang diri Anda atau konten yang ingin Anda bagikan.

Untuk menampilkan Highlight di bio, buka profil Anda dan ketuk tombol “Edit Profil” yang terletak di bagian atas layar. Di bawah foto profil Anda, Anda akan melihat bagian “Highlight”. Ketuk “Edit Highlight” untuk melihat daftar Highlight yang Anda miliki. Pilih Highlight yang ingin Anda tampilkan di bio dengan mengetuk kotak kecil di sebelah Highlight tersebut. Anda dapat memilih satu atau beberapa Highlight sekaligus. Setelah Anda memilih Highlight yang diinginkan, ketuk “Selesai” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 9: Mengatur Highlight dengan Alur Cerita

Untuk membuat profil Instagram Anda terlihat lebih teratur dan mudah dipahami, Anda dapat mengatur Highlight dengan alur cerita tertentu. Misalnya, Anda dapat mengelompokkan Highlight berdasarkan topik atau acara tertentu. Dengan mengatur Highlight dengan alur cerita yang logis, pengunjung profil Anda akan melihat konten Anda dengan lebih terstruktur dan mudah dipahami.

Anda dapat mengatur urutan Highlight dengan mengubah posisi mereka di profil Anda. Buka profil Anda dan ketuk tombol “Edit Profil”, lalu ketuk “Edit Highlight”. Anda akan melihat daftar Highlight yang Anda miliki, serta simbol tiga garis horisontal di sebelah kanan setiap Highlight. Ketuk dan tahan simbol ini, lalu geser Highlight ke posisi yang diinginkan. Jika Anda ingin mengganti urutan Highlight dengan cerita lain, Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya untuk mengubah cerita yang ada dalam Highlight tersebut.

Dengan mengatur Highlight dengan alur cerita, pengunjung profil Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang minat dan kepribadian Anda, serta konten yang ingin Anda bagikan. Hal ini akan membantu meningkatkan kesan yang diberikan oleh profil Instagram Anda dan membuat pengunjung ingin mengeksplorasi lebih lanjut.

Penutup

Membuat Highlight Instagram adalah cara yang efektif untuk meningkatkan tampilan dan kesan profil Anda. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuat Highlight Instagram dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Dari memilih cerita, menyusun urutan, memberi nama, mengubah cover, hingga menyembunyikan dan menghapus cerita, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk membuat Highlight yang menarik dan teratur.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan tema dan konten yang ingin Anda sampaikan melalui Highlight Anda. Gunakan arka plan khusus untuk membuat Highlight terlihat lebih menarik, dan jangan lupa untuk mengatur urutan Highlight dengan alur cerita yang logis. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menciptakan profil Instagram yang menarik, teratur, dan mencerminkan kepribadian serta minat Anda.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Pembaca harus menggunakan kebijaksanaan mereka sendiri saat mengikuti panduan ini. Penulis dan penerbit tidak bertanggung jawab atas hasil yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *