Rumus Terbilang Excel: Cara Mudah Mengubah Angka Menjadi Teks

Funwithaileen.com

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data atau membuat laporan? Jika ya, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam mengubah angka menjadi teks. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai rumus terbilang Excel, sebuah fitur yang sangat berguna untuk mengkonversi angka menjadi teks dengan cepat dan mudah.

Menggunakan rumus terbilang Excel sangat penting terutama jika Anda sering bekerja dengan data yang membutuhkan penulisan angka dalam format teks, misalnya saat membuat invoice, surat resmi, atau laporan keuangan. Dengan menguasai rumus terbilang Excel, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengubah angka menjadi teks secara manual.

Apa itu Rumus Terbilang Excel?

Rumus Terbilang Excel merupakan sebuah rumus yang digunakan untuk mengonversi angka menjadi teks dalam bahasa Indonesia. Rumus ini akan mengubah angka yang Anda masukkan ke dalam sel Excel menjadi teks yang menggambarkan angka tersebut secara terbilang. Misalnya, jika Anda memasukkan angka 123, rumus terbilang Excel akan mengubahnya menjadi “seratus dua puluh tiga”.

1. Cara Menggunakan Rumus Terbilang Excel

Sebelum kita membahas cara menggunakan rumus terbilang Excel, Anda perlu mengetahui bahwa rumus ini tidak tersedia secara default di dalam Excel. Anda perlu menambahkannya terlebih dahulu sebagai Add-In. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Excel dan masuk ke menu “File”. Kemudian, pilih “Options” atau “Opsi” (tergantung versi Excel yang Anda gunakan).

Selanjutnya, di jendela “Excel Options” atau “Opsi Excel”, pilih “Add-Ins” atau “Tambahkan Ins” di panel sebelah kiri.

Pada bagian bawah jendela, Anda akan melihat kotak “Manage” atau “Kelola”. Klik kotak ini dan pilih “Excel Add-Ins” atau “Tambahkan Ins Excel” dari menu dropdown.

Klik tombol “Go” atau “Jalankan” di sebelah kanan kotak “Manage” atau “Kelola”.

Akan muncul jendela “Add-Ins” atau “Tambahkan Ins”. Di sini, Anda akan melihat daftar Add-Ins yang tersedia. Carilah “Analysis ToolPak” dan centang kotak di sampingnya.

Klik tombol “OK” untuk menambahkan Analysis ToolPak sebagai Add-In di Excel Anda. Setelah Anda menekan tombol “OK”, Anda akan kembali ke spreadsheet Excel Anda.

Sekarang, Anda telah berhasil menambahkan rumus terbilang Excel sebagai Add-In di Excel Anda. Anda dapat menggunakannya kapan saja untuk mengonversi angka menjadi teks dengan mudah.

2. Menggunakan Rumus Terbilang Excel

Setelah Anda berhasil menambahkan rumus terbilang Excel sebagai Add-In, Anda dapat langsung menggunakannya di dalam spreadsheet Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka spreadsheet Excel Anda dan pilih sel di mana Anda ingin mengonversi angka menjadi teks.

Ketikkan rumus terbilang Excel berikut ini di dalam sel tersebut: =TERBILANG(123)

Ganti angka 123 dengan angka yang ingin Anda konversi menjadi teks. Misalnya, jika Anda ingin mengkonversi angka 456 menjadi teks, maka rumusnya akan menjadi: =TERBILANG(456)

Tekan tombol “Enter” pada keyboard Anda. Hasilnya akan muncul di dalam sel yang Anda pilih dan angka tersebut akan dikonversi menjadi teks secara terbilang.

Anda juga dapat mengonversi angka yang ada di dalam sel lain. Misalnya, jika angka yang ingin Anda konversi berada di dalam sel A1, maka rumusnya akan menjadi: =TERBILANG(A1)

Setelah Anda mengetikkan rumus terbilang Excel dan menekan tombol “Enter”, hasilnya akan muncul di dalam sel yang Anda pilih.

3. Memformat Hasil Rumus Terbilang Excel

Secara default, rumus terbilang Excel akan menghasilkan teks dalam huruf kecil dan tidak ada tanda baca. Namun, Anda dapat dengan mudah memformat hasilnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa contoh pemformatan yang dapat Anda lakukan:

Lihat Juga:  Cara Cek RAM HP: Panduan Lengkap dan Mudah untuk Mengecek RAM di Ponsel Anda

Untuk mengubah hasil rumus terbilang Excel menjadi huruf kapital, Anda dapat menggunakan fungsi UPPER. Misalnya, jika rumus terbilang Excel Anda adalah =TERBILANG(123) dan hasilnya adalah “seratus dua puluh tiga”, Anda dapat mengubahnya menjadi huruf kapital dengan rumus berikut: =UPPER(TERBILANG(123))

Hasilnya akan menjadi “SERATUS DUA PULUH TIGA”.

Anda juga dapat menambahkan tanda baca seperti koma atau titik di antara ribuan, jutaan, atau miliaran. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan tanda koma di antara ribuan, Anda dapat menggunakan fungsi REPLACE. Berikut adalah contoh rumusnya: =REPLACE(TERBILANG(123),LEN(TERBILANG(123))-2,0,”.”)

Hasilnya akan menjadi “seratus dua puluh tiga.”

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kata penghubung seperti “dan” di antara puluhan dan satuan. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan kata “dan” di antara angka 23 dan angka 4 dalam hasil rumus terbilang Excel, Anda dapat menggunakan fungsi CONCATENATE. Berikut adalah contoh rumusnya: =CONCATENATE(TERBILANG(23),” dan “,TERBILANG(4))

Hasilnya akan menjadi “dua puluh tiga dan empat”.

4. Menggunakan Rumus Terbilang Excel pada Seluruh Lembar Kerja

Jika Anda ingin menggunakan rumus terbilang Excel pada seluruh lembar kerja Anda, Anda tidak perlu mengulangi langkah-langkah di atas untuk setiap sheet. Anda dapat menambahkan rumus terbilang Excel ke dalam Personal Macro Workbook sehingga Anda dapat menggunakan rumus tersebut di semua file Excel yang Anda buka.

Personal Macro Workbook adalah file Excel tersembunyi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makro pribadi. Dengan menyimpan rumus terbilang Excel di Personal Macro Workbook, Anda dapat mengaksesnya kapan saja tanpa harus menambahkannya sebagai Add-In di setiap file Excel.

Untuk menambahkan rumus terbilang Excel ke dalam Personal Macro Workbook, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka Excel dan buatlah file baru.

Di menu “View” atau “Tampilan”, pilih “Macros” atau “Makro” (tergantung versi Excel yang Anda gunakan).

Akan muncul jendela “Macro”. Pilih “Personal Macro Workbook” atau “Buku Kerja Makro Pribadi” dan klik tombol “OK”.

Personal Macro Workbook akan terbuka di latar belakang dan Anda dapat melihatnya di tab “Personal” atau “Pribadi” di panel “Project” atau “Proyek”.

Sekarang, buatlah modul baru di dalam Personal Macro Workbook. Klik kanan pada Personal Macro Workbook dan pilih “Insert” atau “Sisipkan” di menu dropdown.

Pilih “Module” atau “Modul” dan klik tombol “OK”.

Modul kosong akan muncul di dalam Personal Macro Workbook. Di sini, Anda dapat mengetikkan rumus terbilang Excel yang ingin Anda tambahkan.

Setelah Anda mengetikkan rumus terbilang Excel, simpan Personal Macro Workbook dengan menekan tombol “Save” atau “Simpan”. Personal Macro Workbook akan disimpan sebagai file tersembunyi dengan nama “PERSONAL.XLSB”.

Sekarang, setiap kali Anda membuka file Excel baru, rumus terbilang Excel akan tersedia di dalam Personal Macro Workbook dan Anda dapat menggunakannya di selurur lembar kerja tanpa perlu menambahkannya sebagai Add-In lagi.

5. Rumus Terbilang Excel untuk Mata Uang

Selain mengkonversi angka menjadi teks, rumus terbilang Excel juga dapat digunakan untuk mengonversi angka menjadi teks dalam format mata uang. Misalnya, jika Anda ingin mengubah angka 100.000 menjadi “seratus ribu rupiah”, Anda dapat menggunakan rumus terbilang Excel dengan sedikit penyesuaian.

Untuk mengonversi angka menjadi teks dalam format mata uang, Anda perlu menambahkan rumus terbilang Excel ke dalam rumus lain yang menggabungkan angka dengan teks mata uang. Berikut adalah contoh rumusnya:

=TERBILANG(100000) & ” rupiah”

Dalam contoh tersebut, rumus terbilang Excel akan mengonversi angka 100.000 menjadi “seratus ribu”, sedangkan “&” digunakan untuk menggabungkan teks dengan angka 100.000, dan “rupiah” adalah teks mata uang yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menyesuaikan format mata uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan simbol mata uang (misalnya Rp) di depan angka, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

“Rp” & TERBILANG(100000)

Hasilnya akan menjadi “Rp seratus ribu”.

6. Rumus Terbilang Excel untuk Pecahan

Jika Anda perlu mengonversi angka pecahan menjadi teks, rumus terbilang Excel juga dapat membantu Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengubah angka 1/2 menjadi “satu per dua”, Anda dapat menggunakan rumus terbilang Excel dengan sedikit modifikasi.

Lihat Juga:  Merk Flashdisk Terbaik: Pilihan Terbaik untuk Penyimpanan Data Anda

Untuk mengonversi angka pecahan menjadi teks, Anda perlu menggunakan rumus terbilang Excel di dalam rumus lain yang menggabungkan angka pecahan dengan teks “per”. Berikut adalah contoh rumusnya:

=TERBILANG(1) & ” per ” & TERBILANG(2)

Dalam contoh tersebut, rumus terbilang Excel akan mengonversi angka 1 menjadi “satu”, sedangkan angka 2 akan menjadi “dua”. “&” digunakan untuk menggabungkan teks dengan angka pecahan, dan “per” adalah teks yang menunjukkan pecahan.

Anda juga dapat menyesuaikan format pecahan sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan teks “dalam” sebagai pengganti “per”, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

=TERBILANG(1) & ” dalam ” & TERBILANG(2)

Hasilnya akan menjadi “satu dalam dua”.

7. Menggunakan Rumus Terbilang Excel pada Laporan Keuangan

Rumus terbilang Excel sangat berguna dalam pembuatan laporan keuangan. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat mengubah angka-angka yang mewakili jumlah uang dalam laporan keuangan menjadi teks yang lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki laporan keuangan yang mencantumkan jumlah penjualan sebesar 500.000.000, Anda dapat menggunakan rumus terbilang Excel untuk mengonversi angka tersebut menjadi teks “lima ratus juta rupiah”. Dengan begitu, pembaca laporan keuangan dapat dengan mudah memahami jumlah yang tercantum.

Anda dapat menambahkan rumus terbilang Excel ke sel yang berhubungan dengan jumlah uang dalam laporan keuangan. Dengan demikian, setiap kali jumlah berubah, rumus terbilang Excel akan otomatis mengonversinya menjadi teks yang sesuai.

8. Rumus Terbilang Excel untuk Tanggal

Selain angka, rumus terbilang Excel juga dapat mengonversi tanggal menjadi teks. Misalnya, jika Anda ingin mengubah tanggal 1/1/2023 menjadi “satu Januari dua ribu dua puluh tiga”, Anda dapat menggunakan rumus terbilang Excel dengan sedikit penyesuaian.

Untuk mengonversi tanggal menjadi teks, Anda perlu menggunakan rumus terbilang Excel di dalam rumus lain yang menggabungkan angka tanggal, bulan, dan tahun dengan teks yang sesuai. Berikut adalah contoh rumusnya:

=TERBILANG(DAY(A1)) & ” ” & TEXT(A1,”mmmm”) & ” ” & TERBILANG(YEAR(A1))

Dalam contoh tersebut, rumus terbilang Excel akan mengonversi angka tanggal (day), bulan (month), dan tahun (year) menjadi teks yang sesuai. “&” digunakan untuk menggabungkan teks dengan angka, dan “mmm” dan “mmmm” adalah kode format untuk bulan dalam format teks.

Anda dapat menyesuaikan format tanggal sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan format tanggal dalam bahasa Indonesia, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

=TERBILANG(HARI(A1)) & ” ” & TEXT(A1,”mmmm”) & ” ” & TERBILANG(TAHUN(A1))

Hasilnya akan menjadi “satu Januari dua ribu dua puluh tiga”.

9. Menggunakan Rumus Terbilang Excel pada Surat Resmi

Terakhir, rumus terbilang Excel dapat digunakan dalam penulisan surat resmi. Jika Anda perlu menuliskan jumlah uang dalam bentuk teks di surat resmi Anda, rumus terbilang Excel dapat menjadi solusi yang efisien dan akurat.

Dalam surat resmi, seringkali diperlukan penulisan jumlah uang dalam format teks untuk kejelasan dan keakuratan. Dengan menggunakan rumus terbilang Excel, Anda dapat dengan mudah mengubah angka menjadi teks yang sesuai dengan aturan penulisan jumlah uang dalam bahasa Indonesia.

Anda dapat menambahkan rumus terbilang Excel ke bagian surat yang berhubungan dengan jumlah uang. Misalnya, jika Anda perlu menuliskan jumlah uang sebesar 1.500.000 dalam surat resmi Anda, Anda dapat menggunakan rumus terbilang Excel untuk mengonversinya menjadi teks “satu juta lima ratus ribu rupiah”.

Dengan menggunakan rumus terbilang Excel, Anda dapat memastikan bahwa penulisan jumlah uang dalam surat resmi Anda sesuai dengan aturan dan mudah dipahami oleh penerima surat.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar