Incognito: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Funwithaileen.com

Di era digital saat ini, privasi online menjadi hal yang sangat penting. Setiap kali kita browsing di internet, jejak digital kita dapat tercatat dan informasi pribadi kita bisa dikumpulkan oleh berbagai pihak. Salah satu cara untuk menjaga privasi saat browsing adalah dengan menggunakan mode incognito. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail pengertian, fungsi, dan cara menggunakan mode incognito.

Pengertian Mode Incognito

Mode incognito, yang juga dikenal sebagai mode penyamaran atau mode pribadi, adalah fitur yang tersedia di sebagian besar browser web modern. Ketika Anda mengaktifkan mode incognito, browser tidak akan menyimpan riwayat penelusuran, cookie, atau data lainnya yang biasanya disimpan saat Anda browsing secara normal. Hal ini membantu menjaga privasi dengan mencegah orang lain melihat riwayat penelusuran Anda atau menyimpan informasi tentang situs web yang Anda kunjungi.

Pentingnya Privasi Online

Privasi online menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi. Setiap kali kita mengakses internet, data kita dapat tercatat oleh berbagai pihak seperti penyedia layanan internet (ISP), situs web yang kita kunjungi, atau pengiklan. Informasi pribadi kita seperti riwayat penelusuran, data formulir, atau preferensi kita dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk penargetan iklan, analisis statistik, atau bahkan penipuan identitas.

Dalam konteks ini, mode incognito menjadi fitur yang berguna untuk melindungi privasi online kita. Dengan menggunakan mode ini, kita dapat melakukan penjelajahan internet tanpa meninggalkan jejak digital yang dapat diakses oleh orang lain. Namun, penting untuk diingat bahwa mode incognito tidak memberikan keamanan yang lengkap, dan masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga privasi secara maksimal.

Fungsi Mode Incognito

Mode incognito pada dasarnya adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah internet tanpa meninggalkan jejak digital di perangkat mereka. Fitur ini tidak hanya berguna dalam menjaga privasi, tetapi juga memiliki beberapa fungsi yang membantu pengguna dalam berbagai situasi.

Mencegah Penyimpanan Riwayat Penelusuran

Salah satu fungsi utama dari mode incognito adalah mencegah penyimpanan riwayat penelusuran. Ketika mode incognito diaktifkan, browser tidak akan menyimpan riwayat penelusuran Anda. Ini bermanfaat jika Anda tidak ingin orang lain yang menggunakan perangkat yang sama melihat situs web yang Anda kunjungi atau mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah saran otomatis yang biasanya muncul berdasarkan riwayat penelusuran Anda.

Melindungi Informasi Pribadi

Mode incognito juga membantu melindungi informasi pribadi Anda. Ketika Anda menggunakan mode ini, browser tidak akan menyimpan informasi seperti nama pengguna, kata sandi, atau data formulir lainnya. Ini dapat mencegah orang lain mengakses informasi sensitif Anda jika mereka memiliki akses ke perangkat Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa mode incognito hanya melindungi informasi pada perangkat Anda sendiri, dan tidak menyembunyikannya dari situs web yang Anda kunjungi atau pihak ketiga yang dapat memonitor aktivitas Anda.

Lihat Juga:  Cara Print Excel Agar Full Kertas F4: Panduan Lengkap

Menghindari Iklan Berbasis Riwayat Penelusuran

Mode incognito juga dapat membantu menghindari iklan berbasis riwayat penelusuran. Ketika Anda browsing secara normal, browser akan menyimpan informasi tentang situs web yang Anda kunjungi dan menggunakan data ini untuk menampilkan iklan yang relevan. Dengan menggunakan mode incognito, Anda dapat menghindari iklan yang berdasarkan riwayat penelusuran Anda. Ini dapat berguna jika Anda ingin mendapatkan hasil pencarian yang lebih netral atau menghindari iklan yang tidak relevan.

Uji Situs Web Tanpa Masuk ke Akun Anda

Mode incognito juga berguna saat Anda ingin menguji situs web tanpa harus masuk ke akun Anda. Misalnya, jika Anda ingin melihat tampilan situs web Anda sebagai pengunjung biasa, tanpa melihat konten yang berhubungan dengan akun Anda, mode incognito dapat digunakan. Dalam mode ini, situs web tidak akan mengenali Anda sebagai pengguna yang telah masuk, sehingga Anda dapat melihat situs web dari perspektif yang berbeda.

Browsing Lebih Anonim

Mode incognito tidak membuat Anda sepenuhnya anonim saat browsing, tetapi dapat membantu mengurangi jejak digital Anda. Dalam mode ini, browser tidak akan menyimpan cookie, data formulir, atau data lainnya yang biasanya digunakan untuk melacak aktivitas online Anda. Namun, perlu diingat bahwa ISP (Internet Service Provider) Anda masih dapat melihat aktivitas online Anda. Jadi, sementara mode incognito dapat memberikan tingkat anonimitas yang lebih tinggi daripada browsing normal, tetaplah berhati-hati dan hindari berbagi informasi pribadi yang sensitif saat menggunakan mode ini.

Menghindari Pembagian Riwayat Penelusuran dengan Pengguna Lain

Jika Anda menggunakan komputer umum atau perangkat bersama dengan pengguna lain, mode incognito dapat mencegah riwayat penelusuran Anda dibagikan dengan pengguna lain. Ketika Anda keluar dari mode incognito, semua data penelusuran akan dihapus dan tidak akan mempengaruhi pengguna lain yang menggunakan perangkat tersebut. Ini membantu menjaga privasi Anda dan memastikan bahwa informasi pribadi Anda tidak dapat diakses oleh orang lain.

Mendapatkan Hasil Pencarian yang Lebih Netral

Mode incognito juga dapat membantu Anda mendapatkan hasil pencarian yang lebih netral. Karena browser tidak menyimpan riwayat penelusuran atau menggunakan data pribadi Anda, hasil pencarian tidak akan dipersonalisasi berdasarkan preferensi Anda sebelumnya. Ini dapat bermanfaat jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih objektif atau ingin mengeksplorasi topik baru tanpa dipengaruhi oleh preferensi pribadi Anda sebelumnya.

Mengakses Situs Web yang Diblokir

Ada beberapa situs web yang mungkin diblokir di perangkat Anda atau di jaringan tempat Anda terhubung. Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengakses situs web ini dengan menggunakan mode incognito. Mode ini tidak mengubah pembatasan jaringan, tetapi dapat membantu Anda mendapatkan akses ke situs web yang mungkin terbatas di browser normal Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa mode incognito tidak menyembunyikan alamat IP Anda, sehingga situs web yang menggunakan pemblokiran berdasarkan alamat IP mungkin tetap tidak dapat diakses.

Membeli Tiket atau Produk Tanpa Pengaruh Harga

Mode incognito juga dapat bermanfaat saat Anda ingin membeli tiket pesawat, produk, atau layanan lainnya tanpa adanya pengaruh harga. Beberapa situs web menggunakan data riwayat penelusuran untuk menaikkan harga atau menampilkan penawaran yang berbeda untuk pengguna yang sering mengunjungi situs tersebut. Dengan menggunakan mode incognito, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan harga yang netral dan tidak dipengaruhi oleh riwayat penelusuran Anda. Namun, perlu diingat bahwa harga dapat bervariasi tergantung pada faktor lain seperti lokasi geografis atau waktu pembelian.

Lihat Juga:  Pengertian, Tujuan, dan Contoh Prototype: Panduan Lengkap

Mencegah Penggunaan Akun Otomatis

Mode incognito juga berguna saat Anda ingin mencegah penggunaan otomatis akun Anda di berbagai situs web. Misalnya, jika Anda ingin masuk ke akun lain atau membuat akun baru tanpa masuk secara otomatis dengan akun yang telah Anda gunakan sebelumnya, mode incognito dapat membantu. Dalam mode ini, browser tidak akan menyimpan informasi otentikasi yang biasanya digunakan untuk masuk secara otomatis, sehingga Anda dapat melakukan tindakan yang diinginkan tanpa terkait dengan akun Anda yangtelah ada sebelumnya.

Cara Menggunakan Mode Incognito

Setiap browser web memiliki cara sendiri untuk mengaktifkan mode incognito. Berikut adalah panduan umum untuk mengaktifkan mode incognito di beberapa browser populer:

Google Chrome

Untuk mengaktifkan mode incognito di Google Chrome, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + N secara bersamaan. Anda juga dapat membuka menu di pojok kanan atas (ikon tiga titik vertikal) dan memilih “New Incognito Window”. Setelah jendela incognito terbuka, Anda dapat mulai menjelajah di mode incognito.

Mozilla Firefox

Untuk mengaktifkan mode incognito di Mozilla Firefox, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + P secara bersamaan. Anda juga dapat membuka menu di pojok kanan atas (ikon tiga garis horizontal) dan memilih “New Private Window”. Setelah jendela privat terbuka, Anda dapat mulai menjelajah di mode incognito.

Microsoft Edge

Untuk mengaktifkan mode incognito di Microsoft Edge, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan Ctrl + Shift + N secara bersamaan. Anda juga dapat membuka menu di pojok kanan atas (ikon tiga titik horizontal) dan memilih “New InPrivate Window”. Setelah jendela InPrivate terbuka, Anda dapat mulai menjelajah di mode incognito.

Safari

Untuk mengaktifkan mode incognito di Safari, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard dengan menekan Command + Shift + N secara bersamaan. Anda juga dapat membuka menu “File” di bagian atas layar dan memilih “New Private Window”. Setelah jendela privat terbuka, Anda dapat mulai menjelajah di mode incognito.

Kesimpulan

Mode incognito adalah fitur yang berguna untuk menjaga privasi saat browsing di internet. Dengan menggunakan mode ini, Anda dapat mencegah penyimpanan riwayat penelusuran, melindungi informasi pribadi, menghindari iklan berbasis riwayat penelusuran, dan melakukan banyak hal lainnya. Namun, perlu diingat bahwa mode incognito tidak memberikan keamanan yang lengkap, dan aktivitas online Anda masih dapat terlihat oleh ISP Anda. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat browsing dan jaga privasi Anda dengan bijak.

Disclaimer

Informasi dalam artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman umum tentang mode incognito. Meskipun kami berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terkini, kami tidak bertanggung jawab atas ketidaktepatan atau kekurangan informasi. Penggunaan mode incognito sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengguna. Sebaiknya selalu konsultasikan dengan sumber yang lebih terpercaya atau ahli sebelum mengambil keputusan yang berkaitan dengan privasi dan keamanan online Anda.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar