Fungsi Left Right pada Excel: Penggunaan, Contoh, dan Kegunaan

oleh Admin Funwithaileen.com

Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer digunakan di dunia. Dalam penggunaannya, terdapat berbagai macam fungsi yang dapat membantu pengguna dalam melakukan berbagai perhitungan dan manipulasi data. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah fungsi LEFT dan RIGHT.

Fungsi LEFT dan RIGHT pada Excel digunakan untuk mengekstrak sebagian teks dari suatu sel. Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter-karakter pertama dari suatu teks, sedangkan fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil karakter-karakter terakhir dari suatu teks. Dengan menggunakan kedua fungsi ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan pemisahan teks atau angka dalam satu sel menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang fungsi LEFT dan RIGHT pada Excel. Kami akan memberikan contoh penggunaan fungsi ini dan menjelaskan kegunaannya dalam berbagai situasi. Mari kita mulai dengan membahas penggunaan dan sintaksis dari masing-masing fungsi.

Penggunaan dan Sintaksis Fungsi LEFT

Fungsi LEFT pada Excel digunakan untuk mengambil sejumlah karakter pertama dari suatu teks dalam sebuah sel. Sintaksis umum dari fungsi LEFT adalah sebagai berikut:

=LEFT(teks, jumlah_karakter)

Dalam sintaksis di atas, teks adalah argumen yang berisi teks yang ingin kita ekstrak karakter-karakter pertamanya, dan jumlah_karakter adalah argumen yang menentukan berapa banyak karakter yang ingin kita ambil dari teks tersebut.

Sebagai contoh penggunaan fungsi LEFT, kita bisa menganggap kasus di mana kita memiliki kolom yang berisi kode pos. Kita ingin mengambil tiga karakter pertama dari setiap kode pos untuk mendapatkan kode wilayah. Misalnya, kita memiliki kode pos seperti “12345”, “54321”, dan “98765” dalam kolom A. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT untuk mengambil tiga karakter pertama sebagai berikut:

=LEFT(A1, 3)

Dalam contoh di atas, kita menggunakan fungsi LEFT dengan argumen teks A1 (sel pertama dalam kolom A) dan jumlah_karakter 3. Sebagai hasilnya, kita akan mendapatkan kode wilayah “123”, “543”, dan “987”. Dengan demikian, kita telah berhasil mengambil karakter-karakter pertama dari setiap kode pos.

Penggunaan dan Sintaksis Fungsi RIGHT

Fungsi RIGHT pada Excel digunakan untuk mengambil sejumlah karakter terakhir dari suatu teks dalam sebuah sel. Sintaksis umum dari fungsi RIGHT adalah sebagai berikut:

=RIGHT(teks, jumlah_karakter)

Di sini, teks adalah argumen yang berisi teks yang ingin kita ekstrak karakter-karakter terakhirnya, dan jumlah_karakter adalah argumen yang menentukan berapa banyak karakter yang ingin kita ambil dari teks tersebut.

Sebagai contoh penggunaan fungsi RIGHT, kita bisa menganggap kasus di mana kita memiliki kolom yang berisi nomor telepon. Kita ingin mengambil empat digit terakhir dari setiap nomor telepon untuk mendapatkan kode ekstensi. Misalnya, kita memiliki nomor telepon seperti “123-456-7890”, “987-654-3210”, dan “555-123-4567” dalam kolom A. Kita dapat menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil empat digit terakhir sebagai berikut:

=RIGHT(A1, 4)

Dalam contoh di atas, kita menggunakan fungsi RIGHT dengan argumen teks A1 (sel pertama dalam kolom A) dan jumlah_karakter 4. Sebagai hasilnya, kita akan mendapatkan kode ekstensi “7890”, “3210”, dan “4567”. Dengan demikian, kita telah berhasil mengambil karakter-karakter terakhir dari setiap nomor telepon.

Contoh Penggunaan Fungsi LEFT dan RIGHT

Mengambil Nama Depan dari Nama Lengkap

Salah satu contoh penggunaan fungsi LEFT pada Excel adalah untuk mengambil nama depan dari suatu nama lengkap yang terdapat dalam satu sel. Misalnya, kita memiliki nama lengkap “John Doe” dalam sel A1. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT untuk mengambil nama depan “John” sebagai berikut:

Lihat Juga:  Rumus Akar Kuadrat di Excel: Cara Mudah Menghitungnya

=LEFT(A1, FIND(” “,A1)-1)

Fungsi FIND digunakan untuk mencari posisi spasi pertama dalam teks, sehingga kita dapat menentukan jumlah karakter yang ingin kita ambil dari teks tersebut.

Sebagai contoh, kita memiliki nama lengkap “John Doe” dalam sel A1. Kita ingin mengambil nama depan “John” dari nama lengkap tersebut. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT dengan argumen A1 dan FIND(” “,A1)-1 untuk menentukan jumlah karakter yang ingin kita ambil. FIND(” “,A1) akan mencari posisi spasi pertama dalam teks, dan karena kita ingin mengambil karakter-karakter sebelum spasi tersebut, kita menggunakan FIND(” “,A1)-1. Dengan demikian, kita akan mendapatkan nama depan “John”.

Mengambil Tanggal dari Teks dengan Format Tertentu

Fungsi RIGHT juga dapat digunakan untuk mengambil sebagian teks dengan format tertentu. Misalnya, kita memiliki teks “Hari ini adalah tanggal 12 April 2022” dalam sel A1. Kita dapat menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil tanggal “12 April 2022” sebagai berikut:

=RIGHT(A1, LEN(A1)-FIND(“tanggal “,A1)-7)

Dalam contoh di atas, kita menggunakan fungsi LEN untuk menentukan panjang teks, dan FIND untuk mencari posisi kata “tanggal” dalam teks. Dengan menggunakan kedua fungsi tersebut, kita dapat menentukan jumlah karakter yang ingin kita ambil dari teks.

Sebagai contoh penggunaan fungsi RIGHT, kita memiliki teks “Hari ini adalah tanggal 12 April 2022” dalam sel A1. Kita ingin mengambil tanggal “12 April 2022” dari teks tersebut. Kita dapat menggunakan fungsi RIGHT dengan argumen A1, LEN(A1)-FIND(“tanggal “,A1)-7 untuk menentukan jumlah karakter yang ingin kita ambil. LEN(A1) akan menghitung panjang teks, FIND(“tanggal “,A1) akan mencari posisi kata “tanggal” dalam teks, dan karena kita ingin mengambil karakter-karakter sebelum kata “tanggal” tersebut, kita menggunakan LEN(A1)-FIND(“tanggal “,A1)-7. Dengan demikian, kita akan mendapatkan tanggal “12 April 2022”.

Memisahkan Nama File dan Ekstensinya

Selain itu, fungsi LEFT dan RIGHT juga dapat digunakan bersama-sama untuk memisahkan nama file dan ekstensinya. Misalnya, kita memiliki nama file “contoh.docx” dalam sel A1. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT dan RIGHT untuk memisahkan nama file dan ekstensinya sebagai berikut:

=LEFT(A1, FIND(“.”,A1)-1) (untuk mendapatkan nama file)

=RIGHT(A1, LEN(A1)-FIND(“.”,A1)) (untuk mendapatkan ekstensi file)

Dengan menggunakan kedua fungsi tersebut, kita dapat memisahkan nama file dan ekstensinya dengan mudah.

Sebagai contoh penggunaan fungsi LEFT dan RIGHT, kita memiliki nama file “contoh.docx” dalam sel A1. Kita ingin memisahkan nama file “contoh” dan ekstensi file “docx” dari nama file tersebut. Untuk mendapatkan nama file, kita dapat menggunakan fungsi LEFT dengan argumen A1 dan FIND(“.”,A1)-1. FIND(“.”,A1) akan mencari posisi titik dalam teks, dan karena kita ingin mengambil karakter-karakter sebelum titik tersebut, kita menggunakan FIND(“.”,A1)-1. Dengan demikian, kita akan mendapatkan nama file “contoh”. Untuk mendapatkan ekstensi file, kita dapat menggunakan fungsi RIGHT dengan argumen A1 dan LEN(A1)-FIND(“.”,A1). LEN(A1) akan menghitung panjang teks, FIND(“.”,A1) akan mencari posisi tit

Setelah kita memahami penggunaan dan sintaksis dari fungsi LEFT dan RIGHT pada Excel, mari kita bahas beberapa contoh penggunaan lainnya.

Menggabungkan Teks dengan Fungsi LEFT dan RIGHT

Selain untuk memisahkan teks, fungsi LEFT dan RIGHT juga dapat digunakan untuk menggabungkan teks. Misalnya, kita memiliki kolom yang berisi nomor telepon dengan format “123-456-7890”. Kita ingin menghapus tanda hubung dan menggabungkan semua angka menjadi satu teks tanpa tanda hubung. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT dan RIGHT untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah pertama adalah menggunakan fungsi LEFT untuk mengambil tiga angka pertama dari nomor telepon:

=LEFT(A1, 3)

Hasilnya akan menjadi “123”.

Langkah berikutnya adalah menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil angka-angka setelah tanda hubung:

=RIGHT(A1, 8)

Hasilnya akan menjadi “456-7890”.

Setelah itu, kita dapat menggabungkan kedua hasil tersebut dengan menggunakan operator “&”:

=LEFT(A1, 3) & RIGHT(A1, 8)

Hasilnya akan menjadi “123456-7890”. Dengan demikian, kita telah berhasil menggabungkan teks tanpa tanda hubung.

Lihat Juga:  Driver Canon G3010: Panduan Lengkap dan Terbaru

Menghapus Spasi di Awal atau Akhir Teks

Fungsi LEFT dan RIGHT juga dapat digunakan untuk menghapus spasi di awal atau akhir teks. Misalnya, kita memiliki kolom yang berisi nama-nama dengan beberapa spasi di awal atau akhir. Kita ingin menghapus spasi tersebut dan menyisakan hanya nama asli.

Untuk menghapus spasi di awal teks, kita dapat menggunakan fungsi LEFT bersama dengan fungsi TRIM:

=TRIM(LEFT(A1, LEN(A1)))

Fungsi LEN digunakan untuk menghitung panjang teks, dan fungsi TRIM digunakan untuk menghapus spasi di awal teks. Dengan demikian, kita akan mendapatkan nama asli tanpa spasi di awal.

Sedangkan untuk menghapus spasi di akhir teks, kita dapat menggunakan fungsi RIGHT bersama dengan fungsi TRIM:

=TRIM(RIGHT(A1, LEN(A1)))

Sama seperti sebelumnya, fungsi LEN digunakan untuk menghitung panjang teks, dan fungsi TRIM digunakan untuk menghapus spasi di akhir teks. Dengan demikian, kita akan mendapatkan nama asli tanpa spasi di akhir.

Mengganti Karakter Tertentu dalam Teks

Fungsi LEFT dan RIGHT juga dapat digunakan untuk mengganti karakter tertentu dalam teks dengan karakter lain. Misalnya, kita memiliki kolom yang berisi nomor telepon dengan format “123-456-7890”. Kita ingin mengganti tanda hubung dengan spasi. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT dan RIGHT untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah pertama adalah menggunakan fungsi LEFT untuk mengambil tiga angka pertama dari nomor telepon:

=LEFT(A1, 3)

Hasilnya akan menjadi “123”.

Langkah berikutnya adalah menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil angka-angka setelah tanda hubung:

=RIGHT(A1, 8)

Hasilnya akan menjadi “456-7890”.

Setelah itu, kita dapat menggabungkan kedua hasil tersebut dengan menggunakan operator “&” dan mengganti tanda hubung dengan spasi menggunakan fungsi SUBSTITUTE:

=LEFT(A1, 3) & SUBSTITUTE(RIGHT(A1, 8), “-“, ” “)

Hasilnya akan menjadi “123 456 7890”. Dengan demikian, kita telah berhasil mengganti tanda hubung dengan spasi.

Menggabungkan Fungsi LEFT dan RIGHT dengan Fungsi Lain

Fungsi LEFT dan RIGHT juga dapat digabungkan dengan fungsi lain untuk melakukan manipulasi teks yang lebih kompleks. Misalnya, kita memiliki kolom yang berisi tanggal dalam format “DD-MM-YYYY”. Kita ingin mengubah format tersebut menjadi “MM/DD/YYYY”. Kita dapat menggunakan fungsi LEFT dan RIGHT bersama dengan fungsi MID dan CONCATENATE untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah pertama adalah menggunakan fungsi RIGHT untuk mengambil empat digit terakhir sebagai tahun:

=RIGHT(A1, 4)

Hasilnya akan menjadi “YYYY”.

Langkah berikutnya adalah menggunakan fungsi LEFT dan MID untuk mengambil dua digit pertama sebagai bulan:

=LEFT(MID(A1, 4, 2), 2)

Fungsi MID digunakan untuk mengambil sebagian teks dari posisi yang ditentukan. Dalam hal ini, kita mengambil dua digit dari posisi keempat dalam teks. Setelah itu, kita menggunakan fungsi LEFT untuk mengambil dua digit pertama dari hasil MID. Hasilnya akan menjadi “MM”.

Terakhir, kita dapat menggabungkan ketiga hasil tersebut dengan menggunakan fungsi CONCATENATE:

=CONCATENATE(LEFT(MID(A1, 4, 2), 2), “/”, RIGHT(A1, 4))

Hasilnya akan menjadi “MM/YYYY”. Dengan demikian, kita telah berhasil mengubah format tanggal menjadi “MM/YYYY”.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai fungsi LEFT dan RIGHT pada Excel. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi ini dalam keadaan atau tujuan apapun. Penggunaan fungsi Excel harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tanggung jawab pengguna. Sebaiknya selalu lakukan uji coba dan verifikasi sebelum mengandalkan hasil dari fungsi ini. Setiap risiko yang timbul akibat penggunaan informasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *