Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp: Panduan Lengkap

oleh Admin Funwithaileen.com

WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Jutaan orang menggunakan WhatsApp setiap hari untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Namun, terkadang ada situasi di mana Anda ingin menyembunyikan chat WhatsApp Anda agar tidak terlihat oleh orang lain. Mungkin Anda ingin menjaga privasi Anda atau menghindari konflik dengan seseorang. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan chat WhatsApp dengan mudah.

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan chat WhatsApp Anda. Mulai dari menggunakan fitur bawaan aplikasi hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba:

Daftar Isi Artikel sembunyikan

Menggunakan Fitur Bawaan WhatsApp: Arsip Chat

Fitur bawaan WhatsApp yang disebut “Arsip Chat” dapat digunakan untuk menyembunyikan chat tanpa menghapusnya. Ketika Anda mengarsipkan chat, mereka akan tetap ada di aplikasi WhatsApp Anda, tetapi tidak akan muncul di daftar chat utama. Anda masih bisa mengaksesnya kapan pun Anda mau.

Untuk mengarsipkan chat di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp Anda

Pertama, buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.

Langkah 2: Pilih chat yang ingin Anda arsipkan

Pilih chat yang ingin Anda arsipkan dengan menekan dan menahan chat tersebut.

Langkah 3: Pilih ikon arsip

Setelah memilih chat, pilih ikon arsip di bagian atas layar. Ikon ini biasanya berbentuk kotak dengan panah menghadap ke bawah.

Langkah 4: Selesai

Selamat, Anda telah berhasil mengarsipkan chat WhatsApp Anda. Chat tersebut tidak akan muncul di daftar chat utama, tetapi Anda masih bisa menemukannya di folder “Chat Terarsipkan”. Jika Anda ingin mengembalikan chat tersebut ke daftar chat utama, cukup ketuk dan tahan chat tersebut di folder “Chat Terarsipkan” dan pilih ikon “Buka”.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga: Locker for WhatsApp

Jika Anda ingin lebih banyak kontrol atas penyembunyian chat WhatsApp Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Locker for WhatsApp” yang dapat Anda temukan di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunci chat WhatsApp Anda dengan kata sandi atau pola, sehingga hanya Anda yang dapat mengaksesnya.

Locker for WhatsApp adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk menyembunyikan chat WhatsApp Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunci chat tertentu atau seluruh aplikasi WhatsApp dengan kata sandi atau pola yang Anda tentukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Locker for WhatsApp:

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi Locker for WhatsApp

Pertama, unduh dan instal aplikasi Locker for WhatsApp dari Play Store.

Langkah 2: Buka aplikasi Locker for WhatsApp

Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi Locker for WhatsApp di perangkat Anda.

Langkah 3: Atur kata sandi atau pola

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk mengatur kata sandi atau pola yang akan digunakan untuk mengunci chat WhatsApp Anda. Pilihlah kata sandi atau pola yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain.

Langkah 4: Pilih chat yang ingin Anda kunci

Setelah mengatur kata sandi atau pola, pilih chat yang ingin Anda kunci dengan menekan dan menahan chat tersebut.

Lihat Juga:  Headset Gaming Terbaik untuk Pengalaman Bermain yang Lebih Menarik

Langkah 5: Kunci chat

Setelah memilih chat, pilih opsi “Kunci” atau ikon gembok di bagian atas layar. Chat tersebut sekarang akan terkunci dan hanya dapat diakses dengan kata sandi atau pola yang Anda tentukan sebelumnya.

Menyembunyikan Chat dengan WhatsApp Plus

WhatsApp Plus adalah salah satu modifikasi WhatsApp yang populer dan menawarkan fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia di versi resmi WhatsApp. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Plus adalah “Hide Chat”, yang memungkinkan Anda menyembunyikan chat tertentu dari daftar chat utama.

Untuk menggunakan fitur “Hide Chat” di WhatsApp Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Unduh dan instal WhatsApp Plus

Pertama, unduh dan instal WhatsApp Plus di perangkat Anda. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya.

Langkah 2: Buka WhatsApp Plus

Setelah menginstal WhatsApp Plus, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Langkah 3: Pilih chat yang ingin Anda sembunyikan

Pilih chat yang ingin Anda sembunyikan dengan menekan dan menahan chat tersebut.

Langkah 4: Pilih opsi “Hide Chat”

Setelah memilih chat, pilih opsi “Hide Chat” dari menu yang muncul. Chat tersebut sekarang akan disembunyikan dari daftar chat utama.

Langkah 5: Mengakses chat yang disembunyikan

Untuk mengakses chat yang disembunyikan, masuk ke menu “Settings” di WhatsApp Plus dan pilih opsi “Hidden Chats”. Di sini, Anda akan menemukan semua chat yang Anda sembunyikan dan dapat membukanya kembali dengan mengklik chat tersebut.

Menyembunyikan Folder WhatsApp dengan ES File Explorer

ES File Explorer adalah salah satu aplikasi pengelola file terbaik yang tersedia di Play Store. Selain dapat mengelola file dan folder di perangkat Anda, ES File Explorer juga dapat digunakan untuk menyembunyikan folder WhatsApp sehingga chat WhatsApp Anda tidak terlihat oleh orang lain.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan folder WhatsApp dengan ES File Explorer:

Langkah 1: Unduh dan instal ES File Explorer

Pertama, unduh dan instal ES File Explorer dari Play Store.

Langkah 2: Buka ES File Explorer

Setelah menginstal ES File Explorer, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Langkah 3: Cari folder WhatsApp

Cari folder WhatsApp di dalam penyimpanan internal perangkat Anda. Folder WhatsApp biasanya terletak di direktori “sdcard” atau “internal storage”.

Langkah 4: Pilih folder WhatsApp

Saat Anda menemukan folder WhatsApp, tekan dan tahan folder tersebut untuk memilihnya.

Langkah 5: Pilih opsi “Hide”

Setelah memilih folder WhatsApp, pilih opsi “Hide” dari menu yang muncul. Folder WhatsApp sekarang akan disembunyikan dari aplikasi pengelola file dan tidak akan terlihat oleh orang lain.

Membuat Salinan Aplikasi WhatsApp dengan Parallel Space

Jika Anda ingin menyembunyikan chat tertentu secara ekstrem, Anda dapat menggunakan aplikasi clone seperti “Parallel Space” untuk membuat salinan aplikasi WhatsApp Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memiliki dua aplikasi WhatsApp yang berbeda di perangkat Anda, satu untuk chat biasa dan satu untuk chat rahasia.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat salinan aplikasi WhatsApp menggunakan Parallel Space:

Langkah 1: Unduh dan instal Parallel Space

Pertama, unduh dan instal aplikasi Parallel Space dari Play Store.

Langkah 2: Buka Parallel Space

Setelah menginstal Parallel Space, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Langkah 3: Pilih aplikasi WhatsApp

Pada layar utama Parallel Space, pilih aplikasi WhatsApp untuk membuat salinannya

Langkah 4: Buat salinan aplikasi WhatsApp

Setelah memilih aplikasi WhatsApp, Parallel Space akan membuat salinan aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Langkah 5: Konfigurasi salinan aplikasi WhatsApp

Setelah salinan aplikasi WhatsApp berhasil dibuat, Parallel Space akan meminta Anda untuk mengonfigurasi akun WhatsApp pada salinan tersebut. Masukkan nomor telepon dan verifikasi seperti yang Anda lakukan saat mengatur akun WhatsApp pertama kali.

Langkah 6: Selesai

Selamat, Anda telah berhasil membuat salinan aplikasi WhatsApp menggunakan Parallel Space. Anda sekarang memiliki dua aplikasi WhatsApp yang berbeda di perangkat Anda, satu untuk chat biasa dan satu untuk chat rahasia.

Pengaturan Privasi di WhatsApp

WhatsApp memiliki pengaturan privasi yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan informasi pribadi Anda dari orang lain. Dengan pengaturan privasi ini, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat tanda baca biru, status terakhir, foto profil, dan informasi pribadi lainnya.

Untuk mengatur privasi Anda di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.

Langkah 2: Buka pengaturan

Di layar utama WhatsApp, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.

Langkah 3: Pilih opsi “Pengaturan”

Dalam menu pengaturan, pilih opsi “Pengaturan” untuk masuk ke pengaturan WhatsApp.

Langkah 4: Buka pengaturan privasi

Di dalam pengaturan WhatsApp, pilih opsi “Akun” dan kemudian pilih opsi “Privasi”.

Lihat Juga:  Fungsi OR pada Excel: Pengertian, Cara Penggunaan, dan Contoh

Langkah 5: Sesuaikan pengaturan privasi

Di dalam pengaturan privasi, Anda akan menemukan berbagai opsi yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Beberapa opsi umum yang tersedia termasuk:

Tandai sebagai Tidak Terbaca

Jika Anda ingin menyembunyikan chat sebentar, Anda dapat menggunakan fitur “Tandai sebagai Tidak Terbaca” di WhatsApp. Dengan cara ini, chat tersebut akan tetap ada di daftar chat utama, tetapi akan ditandai sebagai belum terbaca dan tidak akan muncul di bagian atas daftar.

Nonaktifkan Notifikasi

Jika Anda ingin menyembunyikan chat tanpa mengarsipkannya, Anda dapat mematikan notifikasi untuk chat tertentu. Dengan cara ini, Anda tidak akan menerima pemberitahuan baru untuk chat tersebut, sehingga mereka tidak akan terlihat oleh orang lain saat ponsel Anda aktif.

Blokir Kontak

Jika Anda ingin sepenuhnya menyembunyikan chat dari seseorang, Anda dapat memilih untuk memblokir kontak tersebut di WhatsApp. Dengan cara ini, Anda tidak akan menerima pesan atau panggilan dari kontak tersebut, dan chat tersebut akan sepenuhnya disembunyikan.

Pribadi

Anda juga dapat mengatur privasi foto profil, status, dan informasi pribadi lainnya dengan memilih opsi “Pribadi”. Di sini, Anda dapat memilih siapa yang dapat melihat informasi pribadi Anda, termasuk semua kontak Anda, hanya kontak tertentu, atau tidak ada kontak sama sekali.

Sesuaikan pengaturan privasi WhatsApp Anda sesuai preferensi dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan dampak pengaturan privasi Anda terhadap komunikasi dan interaksi dengan orang lain.

Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan AppLock

Jika Anda ingin menyembunyikan chat WhatsApp secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan aplikasi pengunci seperti “AppLock” yang dapat Anda temukan di Play Store. Dengan cara ini, Anda perlu memasukkan kata sandi atau pola setiap kali ingin membuka aplikasi WhatsApp, sehingga chat Anda tetap aman dan tersembunyi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunci aplikasi WhatsApp menggunakan AppLock:

Langkah 1: Unduh dan instal AppLock

Pertama, unduh dan instal aplikasi AppLock dari Play Store.

Langkah 2: Buka AppLock

Setelah menginstal AppLock, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Langkah 3: Buat kata sandi atau pola

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk membuat kata sandi atau pola yang akan digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp. Pilihlah kata sandi atau pola yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain.

Langkah 4: Pilih aplikasi WhatsApp

Setelah membuat kata sandi atau pola, pilih aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang muncul di AppLock.

Langkah 5: Aktifkan penguncian

Aktifkan penguncian untuk aplikasi WhatsApp dengan menggeser tombol penguncian di AppLock.

Langkah 6: Selesai

Selamat, Anda telah berhasil mengunci aplikasi WhatsApp menggunakan AppLock. Setiap kali Anda ingin membuka aplikasi WhatsApp, Anda perlu memasukkan kata sandi atau pola yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Menghapus Chat WhatsApp

Jika semua metode di atas tidak memenuhi kebutuhan Anda, Anda selalu dapat menghapus chat WhatsApp yang ingin Anda sembunyikan. Namun, ingatlah bahwa menghapus chat akan menghapusnya secara permanen dan tidak akan bisa dikembalikan.

Untuk menghapus chat di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.

Langkah 2: Pilih chat yang ingin Anda hapus

Pilih chat yang ingin Anda hapus dengan menekan dan menahan chat tersebut.

Langkah 3: Pilih ikon tong sampah

Setelah memilih chat, pilih ikon tong sampah di bagian atas layar. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi penghapusan chat tersebut.

Langkah 4: Konfirmasi penghapusan

Setelah mengonfirmasi penghapusan chat, chat tersebut akan dihapus secara permanen dari aplikasi WhatsApp Anda.

Sebelum menghapus chat WhatsApp, pastikan untuk mempertimbangkan dengan hati-hati apakah Anda benar-benar ingin menghapusnya. Pastikan untuk memindahkan atau menyimpan pesan penting atau file yang ada di dalam chat tersebut jika diperlukan.

Kesimpulan

Menyembunyikan chat WhatsApp dapat menjadi solusi yang berguna dalam beberapa situasi. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan chat dengan mudah. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Ingatlah untuk menggunakan metode ini dengan bijak dan menghormati privasi orang lain.

Penafian

Metode yang dijelaskan dalam artikel ini dimaksudkan untuk tujuan informasi saja. Penggunaan metode ini sepenuhnya tanggung jawab Anda sendiri. Harap diingat bahwa menyembunyikan chat WhatsApp dapat melanggar privasi orang lain atau melanggar kebijakan penggunaan WhatsApp. Pastikan untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah Anda saat menggunakan metode ini.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *