Cara Split Screen di Laptop: Panduan Lengkap dan Praktis

Funwithaileen.com

Apakah Anda sering merasa kesulitan dalam mengelola beberapa aplikasi atau jendela di laptop Anda? Mungkin Anda perlu mempelajari cara split screen di laptop untuk meningkatkan produktivitas Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara melakukan split screen di laptop Anda.

Split screen adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dua atau lebih aplikasi atau jendela secara bersamaan di layar laptop Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah bekerja pada beberapa tugas sekaligus, seperti menulis dokumen sambil menjelajahi internet atau mengedit gambar sambil melihat referensi lainnya.

Cara Split Screen di Laptop: Panduan Lengkap

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan split screen di laptop Anda:

1. Membuka Aplikasi atau Jendela yang Ingin Anda Bagi

Langkah pertama adalah membuka aplikasi atau jendela yang ingin Anda bagi ke dalam layar split. Anda dapat membuka aplikasi tersebut dengan mengklik ikonnya di desktop atau mencarinya melalui menu Start.

Anda juga dapat membuka aplikasi dengan menggunakan tombol pintas keyboard. Misalnya, jika Anda ingin membuka aplikasi Google Chrome, Anda dapat menekan tombol Windows + S, kemudian mengetik “Google Chrome” dan menekan Enter.

Jika Anda telah membuka beberapa aplikasi sebelumnya, Anda juga dapat memilih aplikasi yang ingin Anda bagi dengan mengklik ikon aplikasi di taskbar.

2. Menjelajah ke Aplikasi atau Jendela Lain

Setelah membuka aplikasi pertama, Anda perlu menjelajah ke aplikasi atau jendela lain yang ingin Anda bagikan di layar split. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon aplikasi tersebut di taskbar atau dengan menggunakan pintasan keyboard seperti Alt + Tab.

Alt + Tab adalah pintasan keyboard yang digunakan untuk beralih antara aplikasi yang sedang terbuka. Ketika Anda menekan tombol Alt + Tab, sebuah jendela akan muncul yang menampilkan thumbnail dari aplikasi yang sedang terbuka. Anda dapat menavigasi melalui thumbnail dengan menekan tombol Tab, dan ketika Anda menemukan aplikasi yang diinginkan, lepaskan tombol Alt untuk membuka aplikasi tersebut di layar split.

3. Menggunakan Fitur Snap

Fitur Snap adalah fitur bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur dan memperbesar jendela aplikasi di layar split. Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu menarik jendela aplikasi ke salah satu sisi layar hingga pointer mouse menyentuh tepi layar. Setelah itu, jendela tersebut akan terkunci di posisi tersebut.

Anda juga dapat menggunakan tombol pintas keyboard untuk menggunakan fitur Snap. Misalnya, jika Anda ingin membagi jendela ke sisi kiri layar, Anda dapat menekan tombol Windows + panah kiri. Jika Anda ingin membagi jendela ke sisi kanan layar, Anda dapat menekan tombol Windows + panah kanan.

4. Mengatur Ukuran Jendela

Jika Anda ingin mengatur ukuran jendela aplikasi yang dibagi di layar split, Anda dapat mengklik dan menahan tepi jendela tersebut, lalu menyeretnya ke arah yang diinginkan. Anda juga dapat mengatur ukuran jendela dengan menggunakan tombol maksimalkan, perkecil, atau tutup yang ada di pojok kanan atas jendela.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur Snap Assist untuk mengatur ukuran jendela dengan lebih mudah. Fitur Snap Assist akan menampilkan tampilan jendela lain yang tersedia untuk diatur di sisi lain layar split. Anda dapat memilih jendela tersebut dengan mengklik thumbnailnya atau menggunakan tombol panah di keyboard.

Lihat Juga:  Cara Mengganti Background Zoom: Panduan Lengkap dan Detail

5. Mengganti Jendela yang Ditampilkan di Layar Split

Jika Anda ingin mengganti jendela yang ditampilkan di layar split, Anda dapat mengklik jendela tersebut untuk memilihnya. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard seperti Windows + Tab untuk melihat tampilan semua jendela yang sedang terbuka.

Windows + Tab adalah pintasan keyboard yang digunakan untuk membuka Task View, yang menampilkan thumbnail dari semua aplikasi dan jendela yang sedang terbuka. Anda dapat menavigasi melalui thumbnail dengan menggunakan tombol Tab, dan ketika Anda menemukan jendela yang ingin Anda tampilkan di layar split, lepaskan tombol Windows untuk membukanya.

6. Mengatur Layout Layar Split

Jika Anda ingin mengatur layout layar split, Anda dapat mengklik dan menahan tepi jendela yang ingin Anda pindahkan, lalu menyeretnya ke posisi yang diinginkan. Anda juga dapat menggunakan tombol maksimalkan, perkecil, atau tutup di pojok kanan atas jendela untuk mengatur layout dengan cepat.

Jika Anda ingin mengatur ukuran jendela dengan presisi yang lebih tinggi, Anda dapat menggunakan fitur Snap Assist. Setelah Anda memilih jendela pertama untuk diatur di layar split, Snap Assist akan menampilkan thumbnail dari jendela lain yang tersedia untuk diatur di sisi lain layar. Anda dapat memilih jendela tersebut dengan mengklik thumbnailnya atau menggunakan tombol panah di keyboard.

7. Menutup Layar Split

Untuk menutup layar split, Anda hanya perlu mengklik tombol tutup pada salah satu jendela yang sedang ditampilkan di layar split. Setelah itu, jendela tersebut akan ditutup dan jendela lainnya akan kembali ke layar penuh.

Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard Alt + F4 untuk menutup jendela yang sedang aktif. Jika Anda ingin menutup semua jendela yang sedang terbuka, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard Windows + D untuk beralih ke desktop, kemudian menggunakan pintasan keyboard Alt + F4 untuk menutup semua jendela.

8. Menggunakan Pintasan Keyboard

Jika Anda ingin lebih efisien dalam menggunakan fitur split screen, Anda dapat memanfaatkan pintasan keyboard. Misalnya, Anda dapat menggunakan pintasan Windows + panah kiri atau kanan untuk membagi jendela ke sisi kiri atau kanan layar secara otomatis.

Berikut adalah beberapa pintasan keyboard yang berguna untuk mengatur dan mengelola jendela di layar split:

  • Windows + panah kiri: Memindahkan jendela aktif ke sisi kiri layar.
  • Windows + panah kanan: Memindahkan jendela aktif ke sisi kanan layar.
  • Windows + panah atas: Maksimalkan jendela aktif.
  • Windows + panah bawah: Perkecil jendela aktif.
  • Windows + D: Beralih ke desktop.
  • Windows + Tab: Membuka Task View untuk melihat thumbnail dari semua aplikasi dan jendela yang sedang terbuka.
  • Alt + F4: Menutup jendela aktif.

9. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda merasa fitur split screen bawaan Windows tidak memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti DisplayFusion, AquaSnap, atau Magnet. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur tambahan untuk mengatur dan mengelola jendela aplikasi di layar split dengan lebih fleksibel.

Setiap aplikasi pihak ketiga memiliki fitur-fitur yang berbeda, tetapi umumnya mereka menyediakan kemampuan untuk mengatur ukuran dan posisi jendela dengan presisi yang lebih tinggi, mengatur tata letak jendela dengan mudah, dan menyimpan pengaturan jendela untuk digunakan kembali di masa depan.

10. Mencoba Mode Tampilan Lainnya

Selain split screen, Windows juga menyediakan beberapa mode tampilan lainnya yang mungkinbisa berguna bagi Anda. Misalnya, mode tampilan samping-samping (side by side) yang memungkinkan Anda untuk membandingkan dua jendela atau aplikasi secara horizontal. Anda dapat mengakses mode tampilan ini melalui menu Window Snap atau menggunakan pintasan keyboard seperti Windows + panah atas atau bawah.

Lihat Juga:  Fungsi CHOOSE di Excel: Penjelasan Lengkap dan Penggunaannya

Mode tampilan samping-samping sangat berguna jika Anda ingin membandingkan konten dari dua aplikasi atau jendela yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menggunakan mode ini untuk membandingkan dua dokumen dalam Microsoft Word, membandingkan dua halaman web dalam browser, atau membandingkan gambar dalam aplikasi pengedit foto.

Untuk menggunakan mode tampilan samping-samping, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dua aplikasi atau jendela yang ingin Anda bandingkan.
  2. Pindahkan mouse ke salah satu jendela dan tahan tombol kiri mouse.
  3. Tarik jendela ke salah satu sisi layar hingga pointer mouse menyentuh tepi layar.
  4. Lepaskan tombol kiri mouse untuk mengunci jendela di posisi tersebut.
  5. Ulangi langkah 2-4 untuk jendela lainnya.

Setelah Anda mengatur dua jendela dalam mode tampilan samping-samping, Anda dapat menyesuaikan ukuran jendela dengan menyeret garis pembatas di antara keduanya. Anda juga dapat mengklik tombol maksimalkan di pojok kanan atas jendela untuk memperbesar jendela ke layar penuh atau menggunakan pintasan keyboard seperti Windows + panah kiri atau kanan untuk memindahkan jendela ke sisi lain layar.

Mode tampilan samping-samping sangat berguna dalam situasi seperti berikut:

  • Mengerjakan tugas produktivitas, seperti menulis dokumen sambil merujuk sumber yang lain, mengelola email sambil mengerjakan tugas lain, atau mengedit spreadsheet sambil membandingkan data dari dua sumber.
  • Mengedit foto atau video, di mana Anda dapat melihat hasil editan secara langsung di satu jendela sambil melihat referensi atau sumber gambar/video di jendela lain.
  • Melakukan presentasi atau video conference, di mana Anda dapat membagi layar Anda antara slide presentasi dan aplikasi video conference untuk melihat peserta atau mengakses catatan presentasi dengan mudah.
  • Melakukan penelitian online, di mana Anda dapat membuka beberapa halaman web dalam satu layar untuk membandingkan informasi atau mengambil catatan dengan mudah.

Kesimpulan

Menggunakan fitur split screen di laptop dapat meningkatkan produktivitas Anda dengan memungkinkan Anda untuk bekerja pada beberapa tugas sekaligus. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan split screen di laptop Anda. Dari membuka aplikasi hingga mengatur ukuran jendela, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk memanfaatkan fitur ini dengan baik.

Ingatlah untuk menggunakan pintasan keyboard dan fitur-fitur tambahan seperti Snap Assist atau aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan split screen. Teruslah berlatih dan eksplorasi cara terbaik untuk mengatur jendela aplikasi di layar split sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan panduan umum tentang cara split screen di laptop. Meskipun kami telah berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terkini, kami tidak dapat menjamin kesalahan atau ketidaktepatan dalam konten ini. Penggunaan informasi dari artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Sebaiknya selalu merujuk pada panduan resmi atau sumber terpercaya lainnya jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar