Cara Share Screen di Zoom: Panduan Lengkap dan Praktis

Funwithaileen.com

Apakah Anda sedang mencari cara untuk berbagi layar di Zoom? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail langkah-langkah untuk melakukan screen sharing di aplikasi Zoom. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat dengan mudah berbagi tampilan layar Anda dengan peserta rapat atau presentasi online.

Zoom telah menjadi platform komunikasi yang sangat populer, terutama selama masa pandemi ini. Dengan Zoom, Anda dapat mengadakan rapat, kelas online, atau presentasi dengan mudah melalui video conference. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Zoom adalah kemampuan untuk berbagi layar Anda dengan peserta lainnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan presentasi, tutorial, atau dokumen lainnya kepada orang lain secara real-time.

Panduan Lengkap: Cara Share Screen di Zoom

Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara melakukan screen sharing di Zoom:

Membuka Aplikasi Zoom

Langkah pertama dalam melakukan screen sharing di Zoom adalah membuka aplikasi Zoom di perangkat Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Zoom sebelumnya. Setelah berhasil membuka aplikasi Zoom, Anda akan masuk ke halaman awal Zoom yang menampilkan opsi untuk memulai rapat atau bergabung dengan rapat yang sudah ada.

Memulai atau Bergabung dalam Rapat

Setelah membuka aplikasi Zoom, Anda akan melihat opsi untuk memulai rapat baru atau bergabung dengan rapat yang sudah ada. Jika Anda ingin memulai rapat baru, klik tombol “New Meeting” di halaman awal Zoom. Setelah itu, Anda akan melihat jendela rapat baru dengan opsi untuk memulai rapat dengan atau tanpa video. Jika Anda ingin bergabung dengan rapat yang sudah ada, klik tombol “Join” di halaman awal Zoom dan masukkan ID rapat yang diberikan oleh host rapat.

Menemukan Opsi “Share Screen”

Setelah memulai atau bergabung dalam rapat, Anda akan melihat toolbar Zoom di bagian bawah jendela aplikasi. Di toolbar tersebut, cari dan klik tombol “Share Screen”. Tombol ini biasanya berada di sebelah kiri tombol “Chat” dan “Participants”. Jika Anda tidak melihat tombol “Share Screen” di toolbar, Anda dapat menemukannya di menu “More” yang berada di kanan bawah toolbar.

Lihat Juga:  Driver HP LaserJet 1020: Unduh, Instalasi, dan Pemecahan Masalah

Memilih Tampilan Layar yang Ingin Dibagikan

Setelah mengklik tombol “Share Screen”, Anda akan melihat beberapa pilihan tampilan layar yang dapat Anda bagikan. Pilihan ini mencakup seluruh layar komputer Anda, aplikasi tertentu, atau tampilan slide presentasi. Jika Anda ingin berbagi seluruh layar komputer Anda, pilih opsi “Desktop”. Jika Anda hanya ingin berbagi tampilan aplikasi tertentu, pilih aplikasi tersebut dari daftar pilihan. Jika Anda ingin berbagi slide presentasi, pilih aplikasi presentasi yang sedang Anda gunakan, seperti PowerPoint atau Keynote.

Mengatur Opsi Share Screen

Setelah memilih tampilan layar yang ingin dibagikan, Zoom akan menampilkan beberapa opsi tambahan. Anda dapat mengatur apakah Anda ingin mengaktifkan suara atau tidak saat melakukan screen sharing. Jika Anda ingin berbicara selama screen sharing, aktifkan opsi “Share computer sound”. Jika Anda ingin memperlihatkan video Anda selama screen sharing, aktifkan opsi “Optimize Screen Share for Video Clip”. Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin berbagi layar ganda atau hanya menunjukkan aplikasi tertentu dengan memilih opsi yang sesuai di jendela ini.

Memulai Share Screen

Setelah mengatur opsi share screen, klik tombol “Share” untuk memulai berbagi layar Anda dengan peserta rapat atau presentasi. Setelah Anda memulai share screen, layar Anda akan ditampilkan kepada peserta rapat atau presentasi Zoom. Anda juga dapat melihat toolbar baru di bagian atas layar yang memungkinkan Anda mengakses fitur-fitur tambahan seperti chat, anotasi, dan lainnya.

Menghentikan Share Screen

Untuk menghentikan screen sharing, cukup klik tombol “Stop Share” yang terletak di toolbar Zoom. Tombol ini biasanya berada di sebelah kanan atas layar. Setelah Anda menghentikan share screen, layar Anda tidak akan lagi ditampilkan kepada peserta rapat atau presentasi Zoom. Anda dapat kembali ke tampilan normal aplikasi Zoom dan melanjutkan rapat atau presentasi Anda seperti biasa.

Menggunakan Fitur Lainnya Selama Share Screen

Selama Anda sedang berbagi layar di Zoom, Anda juga dapat menggunakan fitur-fitur lain yang disediakan oleh Zoom. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah fitur chat, yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan teks kepada peserta rapat atau presentasi. Fitur chat ini berguna untuk berkomunikasi dengan peserta lainnya, mengajukan pertanyaan, atau berbagi informasi tambahan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur anotasi untuk menandai atau menyoroti bagian tertentu pada layar yang Anda bagikan. Fitur anotasi memudahkan Anda untuk menjelaskan atau menyoroti hal-hal penting kepada peserta rapat atau presentasi. Zoom juga menyediakan fitur polling, yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengadakan jajak pendapat langsung kepada peserta rapat atau presentasi. Fitur polling ini berguna untuk mendapatkan masukan atau pendapat dari peserta tentang suatu topik atau keputusan yang dibahas dalam rapat atau presentasi.

Lihat Juga:  Daftar HP Harga 2 Jutaan: Pilihan Terbaik untuk Anggaran Terbatas

Troubleshooting: Mengatasi Masalah Share Screen

Jika Anda mengalami masalah saat melakukan screen sharing di Zoom, ada beberapa langkah troubleshooting yang dapat Anda coba. Pertama, pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Koneksi internet yang tidak stabil dapat menyebabkan masalah dalam mengirimkan tampilan layar secara real-time kepada peserta rapat atau presentasi. Jika masalah terjadi, coba periksa koneksi internet Anda dan pastikan bahwa Anda terhubung ke jaringan yang stabil dan cepat. Selain itu, pastikan juga bahwa aplikasi Zoom di perangkat Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan aplikasi Zoom dapat memperbaiki bug atau masalah yang mungkin terjadi saat melakukan screen sharing. Terakhir, jika masalah masih berlanjut, coba restart perangkat Anda. Restart perangkat dapat membantu memperbaiki masalah umum pada sistem operasi atau aplikasi yang dapat mempengaruhi screen sharing di Zoom.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan panduan umum tentang cara berbagi layar di Zoom. Fitur-fitur dan antarmuka Zoom dapat berubah dari waktu ke waktu. Pastikan Anda selalu mengacu pada panduan resmi dan pembaruan terbaru dari Zoom untuk informasi yang paling akurat. Penulis artikel ini tidak bertanggung jawab atas penggunaan yang salah atau konsekuensi dari mengikuti instruksi dalam artikel ini. Harap gunakan panduan ini dengan bijak dan pertimbangkan kebutuhan dan situasi Anda sendiri saat menggunakan fitur berbagi layar di Zoom.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar