Cara Mematikan Update Windows 11: Panduan Lengkap

Funwithaileen.com

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan berbagai fitur baru dan peningkatan performa. Namun, tidak semua pengguna ingin meng-upgrade ke Windows 11 atau menghadapi masalah setelah meng-upgrade. Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna adalah update otomatis yang sering mengganggu aktivitas pengguna.

Jika Anda ingin mematikan update Windows 11, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukannya. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dengan detail, sehingga Anda dapat mengontrol kapan dan bagaimana update Windows 11 diinstal di komputer Anda.

Melakukan Pengaturan Awal

Sebelum mematikan update Windows 11, ada beberapa pengaturan awal yang perlu Anda lakukan untuk memberikan Anda lebih banyak kontrol atas sistem operasi Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Buka Pengaturan Windows 11

Langkah pertama adalah membuka pengaturan Windows 11. Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Start dan mengklik ikon Pengaturan, atau dengan menggunakan pintasan keyboard Windows + I. Setelah itu, Anda akan melihat jendela pengaturan Windows 11.

2. Pilih “Windows Update & Security”

Setelah masuk ke pengaturan Windows 11, cari opsi “Windows Update & Security” dan klik untuk membukanya. Opsi ini berada di bagian atas jendela pengaturan Windows 11.

Mematikan Update Windows 11

Setelah melakukan pengaturan awal, Anda dapat mematikan update Windows 11 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik “Advanced Options”

Di jendela “Windows Update & Security”, cari opsi “Advanced Options” dan klik untuk membukanya. Opsi ini akan memberikan Anda lebih banyak kontrol atas update Windows 11. Anda akan melihat beberapa pilihan di bawah opsi ini.

2. Mengaktifkan Opsi “Pause Updates”

Di dalam opsi “Advanced Options”, cari opsi “Pause Updates” dan klik untuk mengaktifkannya. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda dapat mematikan update Windows 11 sementara waktu. Ini akan menghentikan instalasi update otomatis pada komputer Anda.

Lihat Juga:  Cara Membuat Highlight Instagram: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Tampilan Profil Anda

3. Mengatur Jangka Waktu Penundaan Update

Setelah mengaktifkan opsi “Pause Updates”, Anda dapat mengatur jangka waktu penundaan update. Pilihlah waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya tiga hari atau seminggu, sehingga update tidak akan diinstal selama periode tersebut. Hal ini memberikan Anda waktu untuk meninjau pembaruan dan memutuskan kapan Anda ingin menginstalnya.

4. Menggunakan Opsi “Advanced Options” Tambahan

Di jendela “Advanced Options”, terdapat beberapa opsi tambahan yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol update Windows 11. Berikut adalah opsi-opsi tersebut:

a. Nonaktifkan “Automatic Updates”

Pada jendela “Advanced Options”, cari opsi “Automatic Updates” dan pastikan opsi ini dalam keadaan nonaktif. Dengan mematikan opsi ini, Anda dapat mengontrol kapan dan bagaimana update Windows 11 diinstal. Anda dapat memeriksa pembaruan secara manual dan menginstalnya hanya saat Anda merasa sudah siap.

b. Mengatur “Active Hours”

Di dalam opsi “Advanced Options”, Anda juga dapat mengatur “Active Hours”. Active Hours adalah periode waktu di mana komputer Anda aktif dan tidak ingin diganggu dengan instalasi pembaruan. Anda dapat mengatur jangka waktu ini sesuai dengan kebiasaan penggunaan komputer Anda sehingga update tidak mengganggu aktivitas Anda.

c. Mengatur “Delivery Optimization”

Opsi “Delivery Optimization” memungkinkan Anda mengatur bagaimana pembaruan diunduh dan diinstal di komputer Anda. Anda dapat memilih apakah pembaruan hanya diunduh dari Microsoft atau juga dari komputer lain di jaringan lokal Anda. Anda juga dapat membatasi penggunaan bandwidth agar pembaruan tidak mengganggu koneksi internet Anda.

Restart Komputer Anda

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, penting untuk merestart komputer Anda agar perubahan yang telah Anda lakukan dapat diterapkan. Restart komputer akan memastikan bahwa update Windows 11 tidak diinstal secara otomatis setelah komputer Anda dinyalakan kembali.

Periksa Pembaruan Secara Manual

Setelah Anda mematikan update otomatis, Anda perlu memeriksa pembaruan secara manual untuk memastikan bahwa komputer Anda tetap aman dan mendapatkan pembaruan keamanan terbaru. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa pembaruan secara manual:

1. Buka “Windows Update & Security”

Untuk memeriksa pembaruan, buka kembali opsi “Windows Update & Security”. Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Start, mengklik ikon Pengaturan, dan memilih opsi “Windows Update & Security”.

Lihat Juga:  0858 Kartu Apa? Panduan Lengkap tentang Nomor Telepon 0858

2. Klik Tombol “Check for Updates”

Di jendela “Windows Update & Security”, cari tombol “Check for updates” dan klik untuk memeriksa pembaruan. Windows 11 akan mencari pembaruan yang tersedia dan menampilkan daftar pembaruan yang mungkin perlu diinstal.

3. Instal Pembaruan yang Diperlukan

Setelah Windows 11 menampilkan daftar pembaruan yang tersedia, Anda dapat memilih pembaruan mana yang ingin Anda instal. Pilihlah pembaruan keamanan dan pembaruan sistem yang diperlukan agar komputer Anda tetap aman dan berfungsi dengan baik. Klik tombol “Install” untuk menginstal pembaruan yang dipilih.

Pertimbangkan Risiko Keamanan

Sebelum mematikan update Windows 11 sepenuhnya, penting untuk mempertimbangkan risiko keamanan yang mungkin timbul. Dalam artikel ini, kami memberikan panduan tentang cara mematikan update Windows 11 agar Anda dapat mengontrol pembaruan yang diinstal. Namun, dengan tidak menginstal pembaruan keamanan terbaru, komputer Anda mungkin rentan terhadap serangan malware atau masalah keamanan lainnya.

Pastikan Anda memiliki tindakan pengamanan yang memadai jika Anda memutuskan untuk mematikan update Windows 11 secara permanen. Pertimbangkan untuk menginstal perangkat lunak keamanan yang terpercaya, menjaga program dan aplikasi Anda tetap terbaru, dan menghindari tautan atau lampiran yang mencurigakan. Selalu berhati-hati dan waspada terhadap ancaman keamanan saat menggunakan komputer yang tidak memiliki pembaruan terbaru.

Disclaimer

Informasi dalam artikel ini hanya ditujukan untuk tujuan informasional. Pembaca bertanggung jawab penuh atas tindakan yang diambil setelah membaca artikel ini. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang mungkin timbul akibat mengikuti panduan ini. Kami sangat menyarankan untuk mempertimbangkan risiko keamanan sebelum mematikan update Windows 11 sepenuhnya.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar