Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP: Panduan Lengkap

Funwithaileen.com

Anda mungkin ingin menyembunyikan aplikasi di HP Anda karena berbagai alasan. Mungkin Anda ingin menjaga privasi Anda, menghindari orang lain mengakses aplikasi pribadi Anda, atau hanya ingin menjaga tampilan tata letak layar utama Anda tetap rapi. Apapun alasannya, di artikel blog ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Anda.

Pertama-tama, mari kita bahas apa itu penyembunyian aplikasi di HP. Penyembunyian aplikasi adalah proses menyembunyikan ikon aplikasi dari layar utama perangkat Anda. Ini berarti meskipun aplikasi masih ada di perangkat Anda, mereka tidak akan terlihat oleh mata orang lain yang menggunakan HP Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk menjaga privasi Anda dan mengontrol akses ke aplikasi Anda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP dengan Fitur Bawaan

1. Buka Pengaturan HP Anda

Langkah pertama dalam menyembunyikan aplikasi di HP Anda adalah membuka pengaturan perangkat Anda. Caranya bervariasi tergantung pada merek dan model HP Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan ikon pengaturan di layar utama atau di laci aplikasi.

2. Cari Opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Tersembunyi”

Ketika Anda membuka pengaturan, cari opsi yang berkaitan dengan aplikasi di HP Anda. Beberapa HP mungkin memiliki opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Tersembunyi”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Sembunyikan

Setelah Anda masuk ke opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Tersembunyi”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan mencentang kotak di sebelah nama aplikasi tersebut.

4. Selesai

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, klik tombol “Selesai” atau “Terapkan”. Aplikasi yang Anda pilih akan disembunyikan dari layar utama HP Anda. Anda masih dapat mengakses aplikasi tersebut melalui pengaturan atau dengan mencari nama aplikasi di laci aplikasi.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP

Jika HP Anda tidak memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store yang dirancang khusus untuk menyembunyikan aplikasi di HP. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga:

1. Buka Play Store atau App Store

Buka toko aplikasi di perangkat Anda, yaitu Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

2. Cari Aplikasi Penyembunyian Aplikasi

Cari aplikasi yang dirancang untuk menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Beberapa aplikasi populer termasuk “App Hider”, “Hide App”, atau “AppLock”. Baca ulasan dan peringkat pengguna untuk memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Unduh dan Pasang Aplikasi

Setelah Anda menemukan aplikasi yang sesuai, klik tombol “Unduh” atau “Pasang” untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di HP Anda. Tunggu hingga proses pengunduhan dan pemasangan selesai.

4. Buka Aplikasi Penyembunyian Aplikasi

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi penyembunyian aplikasi tersebut di HP Anda.

5. Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Sembunyikan

Di dalam aplikasi penyembunyian aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan mencentang kotak di sebelah nama aplikasi tersebut.

6. Selesai

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, klik tombol “Selesai” atau “Terapkan”. Aplikasi yang Anda pilih akan disembunyikan dari layar utama HP Anda. Anda masih dapat mengakses aplikasi tersebut melalui aplikasi penyembunyian aplikasi yang Anda pasang.

Mengatur Kunci atau Sandi pada Aplikasi yang Ingin Anda Sembunyikan

Jika Anda hanya ingin melindungi akses ke aplikasi tertentu, Anda dapat mengatur kunci atau sandi pada aplikasi tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengatur kunci atau sandi pada aplikasi di HP Anda:

1. Buka Pengaturan HP Anda

Buka pengaturan pada HP Anda seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Cari Opsi “Keamanan” atau “Privasi”

Cari opsi yang berkaitan dengan keamanan atau privasi di pengaturan HP Anda. Beberapa HP mungkin memiliki opsi “Keamanan” atau “Privasi”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

3. Pilih Opsi “Kunci Aplikasi” atau “Sandi Aplikasi”

Setelah masuk ke opsi keamanan atau privasi, Anda mungkin akan melihat opsi “Kunci Aplikasi” atau “Sandi Aplikasi”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

4. Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Kunci atau Sandikan

Di dalam opsi “Kunci Aplikasi” atau “Sandi Aplikasi”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci atau sandikan dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi “Aktif” dan mengatur kunci atau sandi yang diinginkan.

5. Selesai

Setelah Anda mengatur kunci atau sandi pada aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, klik tombol “Selesai” atau “Terapkan”. Aplikasi tersebut akan meminta kunci atau sandi yang Anda tetapkan setiap kali seseorang mencoba membukanya.

Menggunakan Folder Tersembunyi untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP

Banyak peluncur pihak ketiga memungkinkan Anda untuk membuat folder tersembunyi di layar utama HP Anda. Anda dapat menempatkan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di dalam folder ini dan mengatur folder tersebut agar tidak terlihat secara langsung. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan folder tersembunyi:

1. Buka Layar Utama HP Anda

Buka layar utama HP Anda dengan menekan tombol “Home” atau dengan menggeser layar ke atas atau ke bawah, tergantung pada jenis HP Anda.

Lihat Juga:  Cara Menggunakan Kamera HP untuk Zoom di Laptop

2. Tahan Ikon Aplikasi dan Seret ke Ikon Lain

Tahan ikon aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan seret ikon tersebut ke ikon aplikasi lain yang sudah ada di layar utama HP Anda. Ini akan membuat folder baru dengan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan aplikasi lain yang sudah ada.

3. Beri Nama Folder

Setelah Anda membuat folder tersembunyi, beri nama folder tersebut dengan nama yang tidak mencurigakan atau yang tidak akan menarik perhatian orang lain. Misalnya, Anda dapat memberi nama folder tersebut “Utilities” atau “System”.

4. Atur Folder agar Tidak Terlihat

Beberapa peluncur pihak ketiga memungkinkan Anda untuk mengatur folder agar tidak terlihat secara langsung di layar utama HP Anda. Cari opsi pengaturan folder atau tata letak di peluncur Anda dan pilih op

4. Atur Folder agar Tidak Terlihat (lanjutan)

Beberapa peluncur pihak ketiga memungkinkan Anda untuk mengatur folder agar tidak terlihat secara langsung di layar utama HP Anda. Cari opsi pengaturan folder atau tata letak di peluncur Anda dan pilih opsi untuk menyembunyikan folder. Ini akan membuat folder tersembunyi tidak terlihat kecuali jika Anda secara spesifik mencarinya atau mengaksesnya melalui pengaturan peluncur.

5. Selesai

Setelah Anda mengatur folder tersembunyi dengan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, selesai. Aplikasi tersebut akan tetap ada di HP Anda, tetapi tidak akan terlihat secara langsung di layar utama.

Mengubah Nama Aplikasi untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP

Jika Anda ingin mengelabui orang lain, Anda dapat mengubah nama aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengubah nama aplikasi:

1. Buka Layar Utama HP Anda

Buka layar utama HP Anda dengan menekan tombol “Home” atau dengan menggeser layar ke atas atau ke bawah, tergantung pada jenis HP Anda.

2. Tahan Ikon Aplikasi yang Ingin Anda Ubah Nama

Tahan ikon aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan ubah namanya.

3. Pilih Opsi “Ubah Nama”

Setelah Anda menahan ikon aplikasi, Anda akan melihat opsi “Ubah Nama” muncul di layar. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

4. Ubah Nama Aplikasi

Ketik nama baru yang tidak mencurigakan atau yang tidak akan menarik perhatian orang lain. Misalnya, jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi chatting, Anda dapat mengubah namanya menjadi “Kalkulator” atau “Catatan”.

5. Selesai

Setelah Anda mengubah nama aplikasi, selesai. Aplikasi tersebut akan tetap ada di HP Anda dengan nama baru yang Anda tetapkan. Orang lain mungkin tidak menyadari bahwa itu adalah aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Menyembunyikan Aplikasi di Drawer Aplikasi

Jika HP Anda memiliki drawer aplikasi, Anda dapat menyembunyikan aplikasi di dalamnya. Drawer aplikasi adalah tempat di mana semua ikon aplikasi Anda terkumpul dan biasanya dapat diakses dengan menggeser layar ke atas atau ke bawah. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menyembunyikan aplikasi di drawer aplikasi:

1. Buka Drawer Aplikasi

Untuk membuka drawer aplikasi, geser layar utama HP Anda ke atas atau ke bawah, tergantung pada jenis HP Anda. Ini akan membuka drawer aplikasi dengan semua ikon aplikasi yang terlihat.

2. Geser Aplikasi yang Ingin Anda Sembunyikan ke Bawah

Geser aplikasi yang ingin Anda sembunyikan ke bawah drawer aplikasi. Anda dapat meletakkannya di bagian paling bawah drawer sehingga aplikasi tersebut tidak terlihat secara langsung di layar utama.

3. Selesai

Setelah Anda menempatkan aplikasi di bagian bawah drawer aplikasi, selesai. Aplikasi tersebut masih ada di HP Anda, tetapi tidak akan terlihat secara langsung di layar utama. Anda masih dapat mengaksesnya dengan membuka drawer aplikasi.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi bawaan pada HP Anda dan ingin menyembunyikannya, Anda dapat menonaktifkannya. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menonaktifkan aplikasi bawaan:

1. Buka Pengaturan HP Anda

Buka pengaturan pada HP Anda seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Cari Opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”

Cari opsi yang berkaitan dengan aplikasi di pengaturan HP Anda. Beberapa HP mungkin memiliki opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

3. Pilih Aplikasi Bawaan yang Ingin Anda Nonaktifkan

Di dalam opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Anda, termasuk aplikasi bawaan. Pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda nonaktifkan dengan mengklik ikon aplikasi tersebut.

4. Nonaktifkan Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi bawaan yang ingin Anda nonaktifkan, Anda akan melihat opsi untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

5. Selesai

Setelah Anda menonaktifkan aplikasi bawaan, selesai. Aplikasi tersebut tidak akan muncul di layar utama HP Anda atau di laci aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi bawaan mungkin penting untuk fungsi HP Anda, jadi pastikan untuk menonaktifkan hanya aplikasi yang tidak Anda perlukan.

Menggunakan Mode Pengunjung untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP

Jika HP Anda memiliki fitur mode pengunjung, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan aplikasi. Mode pengunjung memungkinkan Anda membuat profil terpisah di HP Anda, lengkap dengan aplikasi, gambar, dan pengaturan yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan mode pengunjung:

1. Buka Pengaturan HP Anda

Buka pengaturan pada HP Anda seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Cari Opsi “Pengguna” atau “Pengaturan Pengguna”

Cari opsi yang berkaitan dengan pengguna atau pengaturan pengguna di pengaturan HP Anda. Beberapa HP mungkin memiliki opsi “Pengguna” atau “Pengaturan Pengguna”. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

3. Buat Profil Pengunjung Baru

Setelah masuk ke opsi “Pengguna” atau “Pengaturan Pengguna”, cari opsi untuk membuat profil pengunjung baru. Klik opsi ini untuk melanjutkan.

4. Konfigurasi Profil Pengunjung

Setelah Anda membuat profil pengunjung baru, Anda dapat mengkonfigurasinya dengan aplikasi, gambar, dan pengaturan yang ingin Anda sembunyikan. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan mencentang kotak di sebelah nama aplikasi tersebut. Anda juga dapat mengatur pengaturan keamanan untuk profil pengunjung, seperti mengatur kunci atau sandi.

Lihat Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Mic HP Tidak Berfungsi

5. Aktifkan Mode Pengunjung

Setelah Anda mengkonfigurasi profil pengunjung, aktifkan mode pengunjung dengan mengklik opsi yang sesuai. Mode pengunjung akan menutup profil pengguna utama Anda dan beralih ke profil pengunjung dengan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

6. Selesai

Setelah Anda mengaktifkan mode pengunjung, selesai. Aplikasi yang ingin Anda sembunyikan akan tersembunyi di profil pengunjung, dan profil pengguna utama Anda akan kembali dengan aplikasi yang terlihat seperti biasa.

Menggunakan Aplikasi Klona untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi tetapi tetap ingin mengaksesnya, Anda dapat menggunakan aplikasi klona. Aplikasi klona memungkinkan Anda membuat salinan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan menyembunyikan salinan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi klona:

1.

Menggunakan Aplikasi Klona untuk Menyembunyikan Aplikasi di HP (lanjutan)

1. Buka Play Store atau App Store

Buka toko aplikasi di perangkat Anda, yaitu Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

2. Cari Aplikasi Klona

Cari aplikasi klona yang kompatibel dengan HP Anda di Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi klona populer termasuk “Parallel Space” dan “Dual Space”.

3. Unduh dan Pasang Aplikasi Klona

Setelah Anda menemukan aplikasi klona yang cocok, klik tombol “Unduh” atau “Pasang” untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di HP Anda. Tunggu hingga proses pengunduhan dan pemasangan selesai.

4. Buka Aplikasi Klona

Setelah aplikasi klona terpasang, buka aplikasi tersebut di HP Anda.

5. Tambahkan Aplikasi yang Ingin Anda Sembunyikan

Di dalam aplikasi klona, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di HP Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan tambahkan ke dalam aplikasi klona dengan mengklik tombol tambah (+).

6. Buka Aplikasi Melalui Aplikasi Klona

Setelah Anda menambahkan aplikasi ke dalam aplikasi klona, Anda dapat membuka aplikasi tersebut melalui aplikasi klona. Aplikasi yang Anda sembunyikan akan terlihat di dalam aplikasi klona, tetapi tidak akan terlihat di layar utama HP Anda.

7. Selesai

Setelah Anda menambahkan aplikasi ke dalam aplikasi klona, selesai. Aplikasi tersebut akan tetap ada di HP Anda, tetapi tidak akan terlihat secara langsung di layar utama. Anda masih dapat mengaksesnya melalui aplikasi klona yang Anda pasang.

Menggunakan Aplikasi Pengunci Galeri untuk Menyembunyikan Aplikasi Galeri di HP

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi galeri foto atau video di HP Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pengunci galeri. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyembunyikan foto atau video yang ingin Anda sembunyikan dengan mengunci dan menyembunyikannya dalam aplikasi tersebut. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pengunci galeri:

1. Buka Play Store atau App Store

Buka toko aplikasi di perangkat Anda, yaitu Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

2. Cari Aplikasi Pengunci Galeri

Cari aplikasi pengunci galeri yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi pengunci galeri populer termasuk “Gallery Lock” dan “Keepsafe”.

3. Unduh dan Pasang Aplikasi Pengunci Galeri

Setelah Anda menemukan aplikasi pengunci galeri yang sesuai, klik tombol “Unduh” atau “Pasang” untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di HP Anda. Tunggu hingga proses pengunduhan dan pemasangan selesai.

4. Buka Aplikasi Pengunci Galeri

Setelah aplikasi pengunci galeri terpasang, buka aplikasi tersebut di HP Anda.

5. Tambahkan Foto atau Video yang Ingin Anda Sembunyikan

Di dalam aplikasi pengunci galeri, Anda akan melihat opsi untuk menambahkan foto atau video yang ingin Anda sembunyikan. Pilih foto atau video yang ingin Anda sembunyikan dari galeri HP Anda dan tambahkan ke dalam aplikasi pengunci galeri.

6. Kunci dan Sembunyikan Foto atau Video

Setelah Anda menambahkan foto atau video ke dalam aplikasi pengunci galeri, kunci dan sembunyikan mereka dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Anda kemungkinan akan diminta untuk mengatur kunci atau sandi untuk mengakses foto atau video yang tersembunyi.

7. Selesai

Setelah Anda mengunci dan menyembunyikan foto atau video dalam aplikasi pengunci galeri, selesai. Foto atau video tersebut tidak akan muncul di galeri HP Anda atau di aplikasi galeri bawaan, tetapi hanya dapat diakses melalui aplikasi pengunci galeri yang Anda pasang.

Kesimpulan

Menyembunyikan aplikasi di HP adalah cara yang efektif untuk menjaga privasi Anda dan mengontrol akses ke aplikasi pribadi Anda. Dalam artikel blog ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Anda. Mulai dari menggunakan fitur bawaan HP hingga mengunduh aplikasi pihak ketiga, ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Penafian

Perlu diingat bahwa menyembunyikan aplikasi di HP dapat melanggar kebijakan atau hukum penggunaan HP Anda, terutama jika Anda menggunakan metode yang melibatkan pengubahan sistem atau perangkat lunak. Pastikan untuk memahami dan mengikuti kebijakan penggunaan HP Anda dan bertindak sesuai dengan hukum yang berlaku di wilayah Anda. Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi dan tidak bertanggung jawab atas penggunaan yang salah dari informasi yang diberikan.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar