Cara Menghapus Windows Old: Panduan Lengkap

Apakah Anda baru saja meng-upgrade sistem operasi Windows Anda dan sekarang ingin menghapus folder “Windows old” yang tertinggal? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus Windows old dengan mudah dan aman.

Setelah meng-upgrade Windows, folder “Windows old” akan muncul di dalam drive sistem Anda. Folder ini berisi file-file dari instalasi Windows sebelumnya dan dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Namun, menghapus folder ini tidak semudah menghapus folder biasa. Anda perlu mengikuti beberapa langkah khusus untuk memastikan bahwa semua file yang tidak diperlukan dihapus dengan benar.

Panduan Menghapus Folder Windows Old

Sebelum Anda memulai proses penghapusan, penting untuk memahami bahwa menghapus folder “Windows old” akan menghapus semua file dan data yang terkait dengan instalasi Windows sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mem-backup semua data penting sebelum melanjutkan.

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama dalam menghapus folder “Windows old” adalah membuka pengaturan Windows. Untuk melakukannya, klik ikon “Start” di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih opsi “Pengaturan”. Pengaturan Windows akan terbuka di layar Anda.

2. Pilih “Sistem”

Setelah pengaturan terbuka, cari dan klik opsi “Sistem” dalam daftar opsi yang tersedia. Opsi “Sistem” akan membawa Anda ke pengaturan sistem Windows.

3. Pilih “Penyimpanan”

Di menu sebelah kiri pengaturan sistem Windows, Anda akan melihat beberapa opsi. Cari dan klik opsi “Penyimpanan”. Opsi ini akan membawa Anda ke pengaturan penyimpanan pada sistem Windows Anda.

Lihat Juga:  Cara Menggunakan Bandicam: Panduan Lengkap untuk Merekam Layar dengan Mudah

4. Klik “Disk Sistem”

Pada pengaturan penyimpanan, Anda akan melihat daftar drive yang terhubung ke komputer Anda. Cari dan klik pada drive sistem Anda, yang biasanya diberi nama “Disk Sistem” atau “C:/”.

5. Pilih “Pemulihan”

Setelah masuk ke drive sistem, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Cari dan klik opsi “Pemulihan”. Opsi ini akan membawa Anda ke pengaturan pemulihan pada sistem Windows Anda.

6. Klik “Hapus File yang Lebih Lama”

Pada pengaturan pemulihan, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Cari dan klik opsi “Hapus file yang lebih lama”. Opsi ini akan membuka jendela yang menampilkan pilihan penghapusan file Windows yang lebih lama.

7. Pilih “Hapus File Saya”

Setelah Anda mengklik opsi “Hapus file yang lebih lama”, Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan. Pilih opsi “Hapus file saya” untuk menghapus folder “Windows old” serta semua file yang terkait dengan instalasi Windows sebelumnya.

8. Konfirmasi Penghapusan

Sebelum penghapusan dimulai, Windows akan meminta konfirmasi dari Anda. Pastikan untuk membaca dan memahami konfirmasi ini sebelum melanjutkan. Jika Anda yakin ingin melanjutkan penghapusan, klik “Ya” atau “Lanjutkan”. Jika Anda tidak yakin, klik “Batal” dan ulangi langkah-langkah sebelumnya.

9. Tunggu Hingga Selesai

Proses penghapusan folder “Windows old” akan memakan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran folder tersebut dan kecepatan komputer Anda. Pastikan komputer Anda tetap terhubung ke sumber daya listrik dan tidak dimatikan selama proses ini berlangsung. Anda dapat melihat status proses penghapusan pada layar.

10. Periksa Hasilnya

Setelah proses penghapusan selesai, Anda dapat memeriksa apakah folder “Windows old” telah dihapus dengan benar. Buka Windows Explorer dan periksa apakah folder tersebut tidak lagi ada di drive sistem Anda. Jika folder “Windows old” tidak lagi terlihat, itu berarti penghapusan telah berhasil.

Lihat Juga:  Bahasa dan Istilah di Mobile Legends ML Lengkap: Panduan Terbaru

Kesimpulan

Menghapus folder “Windows old” adalah langkah penting untuk membebaskan ruang penyimpanan pada komputer Anda setelah meng-upgrade sistem operasi Windows. Namun, pastikan Anda telah melakukan backup data penting sebelum melanjutkan dengan proses ini. Dalam panduan ini, kami telah memberikan langkah-langkah yang jelas dan terperinci tentang cara menghapus folder “Windows old” dengan aman dan efektif. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah menghapus folder “Windows old” dan memulai menggunakan sistem operasi Windows yang baru tanpa membuang-buang ruang penyimpanan yang berharga.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasional. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian yang mungkin terjadi akibat penghapusan folder “Windows old” atau penggunaan informasi dalam artikel ini. Pastikan untuk selalu melakukan backup data penting dan berhati-hati saat melakukan perubahan pada sistem operasi Anda.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Alvian Ananta Bagaskara S.Kom

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi lebih dari 4 tahun.

Tinggalkan komentar