Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus: Panduan Lengkap

Funwithaileen.com

Apakah Anda pernah menghapus pesan teks penting di ponsel Anda tanpa sengaja? Jangan khawatir, ada cara untuk mengembalikan SMS yang terhapus. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan pesan teks yang sudah terhapus dari ponsel Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memulihkan pesan-pesan yang hilang tersebut. Jadi, simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mengembalikan SMS yang terhapus.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa setiap ponsel memiliki cara yang berbeda dalam mengembalikan pesan yang terhapus. Namun, kami akan mencakup beberapa metode umum yang dapat Anda coba pada berbagai jenis ponsel, termasuk ponsel Android dan iPhone.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus pada Ponsel Android

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengembalikan pesan teks yang terhapus. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Dr.Fone – Recovery & Transfer Tool. Ini adalah aplikasi yang dapat mengembalikan berbagai jenis data yang terhapus, termasuk pesan teks, kontak, foto, dan banyak lagi.

1. Menggunakan Aplikasi Dr.Fone – Recovery & Transfer Tool

Dr.Fone adalah salah satu aplikasi pemulihan data pihak ketiga yang populer. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store. Setelah diinstal, buka aplikasi Dr.Fone dan ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka aplikasi Dr.Fone dan pilih opsi “Recovery” di layar utama.

– Sambungkan ponsel Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

– Aktifkan opsi “USB Debugging” pada ponsel Anda. Jika Anda tidak menemukan opsi ini, Anda perlu mengaktifkan “Developer Options” terlebih dahulu.

– Setelah ponsel terdeteksi oleh aplikasi, pilih jenis data yang ingin Anda pulihkan, yaitu pesan teks (SMS).

Lihat Juga:  Cara Membuat Barcode Lokasi: Panduan Lengkap untuk Keperluan SEO

– Klik “Start” untuk memulai proses pemulihan.

– Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan Anda akan melihat daftar pesan teks yang dapat dipulihkan.

Jika Anda tidak berhasil menggunakan Dr.Fone atau mencari alternatif lain, Anda dapat mencoba aplikasi pemulihan data lainnya seperti DiskDigger atau FoneLab Android Data Recovery. Namun, pastikan Anda selalu mendownload aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus pada iPhone

Jika Anda menggunakan iPhone, berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan SMS yang terhapus:

1. Menggunakan Fitur iCloud

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur iCloud dan melakukan pencadangan rutin pada iPhone Anda, Anda dapat memulihkan pesan teks yang terhapus dengan mudah.

– Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur iCloud pada iPhone Anda dengan masuk ke “Pengaturan” dan memilih akun Anda di bagian atas layar. Pastikan opsi “iCloud Drive” dan “Pesan” diaktifkan.

– Jika Anda belum membuat pencadangan terakhir, pastikan Anda membuat pencadangan baru sebelum memulihkan SMS yang terhapus. Buka “Pengaturan” dan ketuk nama Anda di bagian atas layar. Pilih “iCloud” dan pilih “Cadmium” lalu ketuk “Buat Cadangan Sekarang”.

– Jika Anda sudah memiliki pencadangan terbaru di iCloud, mulailah dengan mengatur ulang iPhone Anda. Buka “Pengaturan”, pilih “Umum”, gulir ke bawah, dan ketuk “Atur Ulang”. Pilih opsi “Hapus Konten dan Pengaturan” untuk menghapus semua data dan pengaturan di iPhone Anda.

– Setelah iPhone selesai diatur ulang, ikuti petunjuk untuk mengatur ulang iPhone Anda. Pada layar “Apps & Data”, pilih opsi “Pulihkan dari Cadangan iCloud”. Masuk ke akun iCloud Anda dengan ID Apple dan kata sandi Anda.

– Pilih pencadangan yang berisi pesan teks yang ingin Anda pulihkan. Tunggu proses pemulihan selesai dan iPhone Anda akan memulihkan pesan teks yang terhapus.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data iPhone

Jika Anda tidak memiliki pencadangan di iCloud atau ingin mencoba metode lain, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga seperti PhoneRescue atau Tenorshare UltData.

Lihat Juga:  Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop: Panduan Lengkap

– Unduh dan instal salah satu aplikasi pemulihan data iPhone pihak ketiga yang terpercaya di komputer Anda.

– Sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB.

– Buka aplikasi pemulihan data iPhone dan ikuti petunjuk untuk memulai pemulihan.

– Pilih opsi untuk memulihkan pesan teks (SMS) dari iPhone Anda.

– Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan Anda akan melihat daftar pesan teks yang dapat dipulihkan.

Pastikan untuk memilih aplikasi pemulihan data iPhone yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Selalu ingat untuk melakukan pencadangan rutin pada iPhone Anda untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dipulihkan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mengembalikan SMS yang terhapus pada ponsel Android dan iPhone. Meskipun setiap ponsel memiliki metode yang berbeda, ada beberapa aplikasi pemulihan data pihak ketiga yang dapat membantu Anda memulihkan pesan yang hilang. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi pemulihan data. Jika pesan teks yang hilang sangat penting, sebaiknya segera hentikan penggunaan ponsel Anda dan mencoba metode pemulihan secepat mungkin.

Penyangkalan

Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi tentang cara mengembalikan pesan teks yang terhapus. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data yang mungkin terjadi selama proses pemulihan. Selalu lakukan pencadangan data secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dipulihkan. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, disarankan untuk menghubungi teknisi profesional atau layanan dukungan ponsel Anda.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar