Cara Mengatasi Preparing Automatic Repair Windows 10

oleh Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda mengalami masalah dengan komputer Windows 10 Anda yang terus-menerus masuk ke mode “Preparing Automatic Repair”? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Windows 10 telah melaporkan masalah ini dan mencari solusinya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasi masalah “Preparing Automatic Repair” di Windows 10.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah yang akan dibahas di sini adalah untuk pengguna yang memiliki pengetahuan dasar tentang sistem operasi Windows. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin, disarankan untuk meminta bantuan dari seorang profesional IT. Selain itu, pastikan Anda melakukan backup data penting Anda sebelum memulai proses ini, untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Persiapan Sebelum Mengatasi Preparing Automatic Repair

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum mencoba mengatasi masalah “Preparing Automatic Repair” di Windows 10. Ini akan membantu memastikan bahwa Anda memiliki semua yang Anda butuhkan dan bahwa Anda siap menghadapi masalah ini dengan efektif.

Memeriksa Koneksi Hardware

Pertama-tama, pastikan bahwa semua koneksi hardware pada komputer Anda terhubung dengan baik. Kadang-kadang, masalah ini bisa disebabkan oleh koneksi yang longgar atau tidak terpasang dengan benar. Periksa kabel-kabel yang terhubung ke komputer Anda, seperti kabel power, kabel monitor, dan kabel keyboard. Pastikan semuanya terpasang dengan kuat dan aman.

Jika setelah memeriksa koneksi hardware Anda masih mengalami masalah “Preparing Automatic Repair”, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada perangkat eksternal yang terhubung ke komputer Anda.

Memeriksa Perangkat Eksternal

Jika Anda memiliki perangkat eksternal yang terhubung ke komputer Anda, seperti printer, scanner, atau perangkat USB lainnya, coba lepas perangkat-perangkat ini sementara dan nyalakan komputer Anda. Terkadang, masalah ini bisa disebabkan oleh konflik dengan perangkat eksternal tertentu. Jika masalahnya hilang setelah melepaskan perangkat eksternal, Anda dapat mencoba menghubungkannya kembali satu per satu untuk menentukan perangkat mana yang menyebabkan masalah.

Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah “Preparing Automatic Repair” masih muncul, ada beberapa langkah tambahan yang dapat Anda coba.

Memeriksa Hard Drive

Masalah “Preparing Automatic Repair” juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada hard drive komputer Anda. Untuk memeriksa apakah ada masalah dengan hard drive Anda, Anda dapat menjalankan utilitas diagnostik hard drive yang disediakan oleh produsen hard drive. Setiap produsen biasanya menyediakan utilitas yang dapat Anda unduh dari situs web mereka. Jalankan utilitas ini dan periksa apakah ada masalah yang terdeteksi pada hard drive Anda.

Jika setelah memeriksa hard drive Anda masih mengalami masalah “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba menggunakan mode aman sebagai langkah selanjutnya.

Menggunakan Mode Aman

Jika Anda masih mengalami masalah “Preparing Automatic Repair” setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba memulai komputer Anda dalam mode aman. Mode aman memungkinkan Anda untuk memulai komputer dengan hanya menggunakan driver dan layanan esensial, yang dapat membantu Anda mengisolasi masalah yang mungkin terjadi. Untuk memulai komputer Anda dalam mode aman, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Restart komputer Anda.

2. Saat komputer mulai menyala, tekan tombol F8 secara berulang-ulang hingga Anda melihat layar “Advanced Boot Options”.

3. Pilih opsi “Safe Mode” menggunakan tombol panah di keyboard Anda.

Lihat Juga:  Cara Menggunakan Kamera HP untuk Zoom di Laptop

4. Tekan Enter untuk memulai komputer Anda dalam mode aman.

Setelah memulai komputer Anda dalam mode aman, Anda dapat mencoba beberapa langkah pemecahan masalah tambahan.

Memeriksa File Sistem

Jika masalah “Preparing Automatic Repair” masih muncul dalam mode aman, langkah selanjutnya adalah memeriksa integritas file sistem komputer Anda. File sistem yang rusak dapat menyebabkan masalah ini. Untuk memeriksa dan memperbaiki file sistem Anda, Anda dapat menggunakan utilitas Command Prompt yang disediakan oleh Windows 10.

Menggunakan Command Prompt untuk Memeriksa File Sistem

1. Setelah Anda memulai komputer Anda dalam mode aman, buka Command Prompt dengan hak administrator. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan tombol Start dan memilih “Command Prompt (Admin)”.

2. Ketik perintah berikut dan tekan Enter: sfc /scannow

Perintah ini akan memeriksa integritas file sistem Anda dan memperbaiki file yang rusak jika ditemukan. Biarkan proses ini berjalan sampai selesai.

Jika masalah “Preparing Automatic Repair” masih muncul setelah memeriksa file sistem, Anda dapat mencoba langkah pemecahan masalah lainnya.

Menggunakan System Restore

System Restore adalah fitur bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan komputer Anda ke kondisi sebelumnya. Jika masalah “Preparing Automatic Repair” baru-baru ini muncul setelah Anda menginstal program atau melakukan perubahan sistem lainnya, menggunakan System Restore dapat membantu mengatasi masalah ini.

Menggunakan System Restore untuk Mengembalikan Komputer

1. Mulai komputer Anda dalam mode aman seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Setelah masuk ke mode aman, buka Control Panel dengan mengklik tombol Start, kemudian pilih “Control Panel”.

3. Di Control Panel, pilih “Recovery”.

4. Di jendela Recovery, pilih opsi “Open System Restore”.

5. Ikuti petunjuk pada layar untuk memilih titik pemulihan yang diinginkan dan mengembalikan komputer Anda ke kondisi tersebut.

Jika menggunakan System Restore tidak berhasil mengatasi masalah “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba langkah berikutnya.

Menggunakan Startup Repair

Startup Repair adalah alat pemulihan bawaan Windows yang dirancang untuk memperbaiki masalah booting. Jika masalah “Preparing Automatic Repair” terjadi karena masalah booting, menggunakan Startup Repair dapat membantu memperbaikinya.

Menggunakan Startup Repair untuk Memperbaiki Booting

1. Mulai komputer Anda dalam mode aman seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Setelah masuk ke mode aman, buka Advanced Startup Options. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Start, kemudian pilih “Settings” dan “Update & Security”. Di sana, pilih “Recovery” dan klik tombol “Restart now” di bawah “Advanced startup”.

3. Setelah komputer Anda restart, pilih opsi “Troubleshoot”.

4. Di jendela Troubleshoot, pilih opsi “Advanced options”.

5. Di jendela Advanced options, pilih “Startup Repair”.

6. Ikuti petunjuk pada layar untuk memulai proses Startup Repair.

Jika menggunakan Startup Repair tidak berhasil memperbaiki masalah “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba langkah pemecahan masalah lainnya.

Menggunakan Command Prompt untuk Memperbaiki Boot Configuration

Jika masalah “Preparing Automatic Repair” terjadi karena konfigurasi boot yang rusak, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk memperbaikinya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Menggunakan Command Prompt untuk Memperbaiki Boot Configuration (lanjutan)

1. Mulai komputer Anda dalam mode aman seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Setelah masuk ke mode aman, buka Command Prompt dengan hak administrator. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan tombol Start dan memilih “Command Prompt (Admin)”.

3. Ketik perintah berikut dan tekan Enter: bootrec /fixmbr

Perintah ini akan memperbaiki Master Boot Record (MBR) yang mungkin rusak.

4. Setelah perintah sebelumnya selesai, ketik perintah berikut dan tekan Enter: bootrec /fixboot

Perintah ini akan memperbaiki boot sector yang mungkin rusak.

5. Terakhir, ketik perintah berikut dan tekan Enter: bootrec /rebuildbcd

Perintah ini akan memeriksa semua partisi yang terpasang pada komputer Anda dan membangun kembali database boot configuration.

Setelah menjalankan perintah-perintah di atas, restart komputer Anda dan periksa apakah masalah “Preparing Automatic Repair” sudah teratasi.

Menggunakan System File Checker

Jika masalah “Preparing Automatic Repair” terjadi karena adanya file sistem yang rusak, Anda dapat menggunakan System File Checker (SFC) untuk memperbaikinya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Lihat Juga:  Cara Privasi Status WA: Panduan Lengkap untuk Menjaga Privasi Anda

Menggunakan System File Checker untuk Memperbaiki File Sistem

1. Mulai komputer Anda dalam mode aman seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Setelah masuk ke mode aman, buka Command Prompt dengan hak administrator.

3. Ketik perintah berikut dan tekan Enter: sfc /scannow

Perintah ini akan memeriksa integritas semua file sistem Anda dan mengganti file yang rusak atau hilang dengan yang aslinya.

4. Biarkan proses ini berjalan sampai selesai. Ini mungkin memakan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran dan keadaan sistem Anda.

5. Setelah proses selesai, restart komputer Anda dan periksa apakah masalah “Preparing Automatic Repair” sudah teratasi.

Jika menggunakan System File Checker tidak berhasil memperbaiki masalah “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba langkah pemecahan masalah terakhir.

Menggunakan Reset PC atau Fresh Install

Jika semua langkah pemecahan masalah sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Reset PC atau melakukan fresh install Windows 10. Perhatikan bahwa ini akan menghapus semua file dan program yang ada di komputer Anda, jadi pastikan Anda telah mencadangkan data penting Anda sebelum melanjutkan.

Menggunakan Fitur Reset PC

1. Mulai komputer Anda dalam mode aman seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Setelah masuk ke mode aman, buka Settings dengan mengklik tombol Start dan memilih “Settings”.

3. Di Settings, pilih “Update & Security”.

4. Di jendela Update & Security, pilih “Recovery”.

5. Di jendela Recovery, pilih opsi “Get started” di bawah “Reset this PC”.

6. Ikuti petunjuk pada layar untuk memulai proses Reset PC. Anda dapat memilih untuk menghapus semua file atau hanya menghapus file sistem sambil mempertahankan data pribadi Anda.

Melakukan Fresh Install Windows 10

Jika menggunakan fitur Reset PC tidak berhasil memperbaiki masalah “Preparing Automatic Repair”, Anda dapat mencoba melakukan fresh install Windows 10. Langkah-langkah untuk melakukan fresh install bervariasi tergantung pada media instalasi yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah umum yang perlu Anda ikuti:

1. Siapkan media instalasi Windows 10 (DVD atau USB bootable).

2. Mulai komputer Anda dari media instalasi tersebut. Anda mungkin perlu mengubah pengaturan boot order di BIOS komputer Anda agar dapat mem-boot dari media instalasi.

3. Ikuti petunjuk pada layar untuk menginstal Windows 10. Pilih opsi “Custom Install” dan hapus semua partisi yang ada di hard drive komputer Anda.

4. Setelah instalasi selesai, ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses konfigurasi awal.

Setelah melakukan fresh install Windows 10, Anda dapat memulihkan data Anda dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Kesimpulan

Memperbaiki masalah “Preparing Automatic Repair” di Windows 10 bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan sukses. Ingatlah untuk selalu mencadangkan data Anda sebelum melakukan perubahan pada komputer Anda, dan jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin, jangan ragu untuk meminta bantuan dari seorang profesional IT.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan umum untuk mengatasi masalah “Preparing Automatic Repair” di Windows 10. Setiap langkah yang diambil adalah tanggung jawab Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data yang mungkin terjadi sebagai hasil dari mengikuti panduan ini. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin, disarankan untuk meminta bantuan dari seorang profesional IT.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *