Rumus Round, Roundup, dan Rounddown Excel: Panduan Lengkap dan Praktis

oleh Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data dan melakukan perhitungan? Jika ya, Anda pasti tidak asing dengan fungsi-fungsi matematika yang ada di dalamnya, termasuk rumus round, roundup, dan rounddown. Fungsi-fungsi ini sangat berguna untuk membulatkan angka sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang rumus round, roundup, dan rounddown di Excel. Kami akan menjelaskan secara detail cara penggunaan masing-masing rumus, serta memberikan contoh-contoh yang mudah dipahami. Dengan membaca artikel ini, Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana menggunakan rumus-rumus tersebut dalam pekerjaan sehari-hari Anda.

Pengertian dan Perbedaan Rumus Round, Roundup, dan Rounddown

Sebelum kita mulai, mari kita bahas secara singkat apa itu rumus round, roundup, dan rounddown. Ketiga rumus ini digunakan untuk membulatkan angka dalam Excel, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda.

Rumus round digunakan untuk membulatkan angka ke bilangan bulat terdekat. Misalnya, jika Anda memiliki angka 3.4, dengan menggunakan rumus round, angka tersebut akan dibulatkan menjadi 3. Jika angka desimalnya 5 atau lebih besar, maka angka akan dibulatkan ke bilangan bulat yang lebih besar. Contohnya, angka 3.6 akan dibulatkan menjadi 4.

Rumus roundup juga digunakan untuk membulatkan angka ke bilangan bulat terdekat, tetapi bedanya dengan rumus round adalah angka desimal 5 akan selalu dibulatkan ke bilangan bulat yang lebih besar. Misalnya, jika Anda memiliki angka 3.5, dengan menggunakan rumus roundup, angka tersebut akan dibulatkan menjadi 4.

Rumus rounddown digunakan untuk membulatkan angka ke bilangan bulat terdekat, tetapi bedanya dengan rumus round adalah angka desimal 5 akan selalu dibulatkan ke bilangan bulat yang lebih kecil. Misalnya, jika Anda memiliki angka 3.5, dengan menggunakan rumus rounddown, angka tersebut akan dibulatkan menjadi 3.

Cara Menggunakan Rumus Round dalam Excel

Untuk menggunakan rumus round dalam Excel, Anda perlu mengetikkan rumusnya di dalam sel yang ingin Anda bulatkan. Rumus round memiliki dua argumen, yaitu angka yang ingin Anda bulatkan dan jumlah digit desimal yang diinginkan.

Langkah-langkah Penggunaan Rumus Round:

  1. Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hasil bulatan.
  2. Ketikkan tanda samadengan (=) di awal sel.
  3. Ketikkan kata “ROUND” diikuti dengan tanda kurung buka “(“.
  4. Ketikkan angka yang ingin Anda bulatkan diikuti dengan tanda koma (,).
  5. Ketikkan jumlah digit desimal yang diinginkan.
  6. Ketikkan tanda kurung tutup (“).
  7. Tekan Enter untuk menampilkan hasil bulatan.

Contoh penggunaan rumus round:

Contoh 1: Bulatkan Angka ke Satuan Terdekat

Anda memiliki angka 3.4 dan ingin membulatkannya ke bilangan bulat terdekat. Anda juga ingin memperoleh hasil tanpa digit desimal. Caranya adalah dengan menggunakan rumus round dengan jumlah digit desimal 0.

Lihat Juga:  Apa Itu APN Indosat? Panduan Lengkap dan Cara Mengatasi Masalah APN Indosat

Masukkan rumus berikut di dalam sel:

=ROUND(3.4,0)

Hasilnya akan menjadi:

3

Contoh 2: Bulatkan Angka dengan Satu Digit Desimal

Anda memiliki angka 3.75 dan ingin membulatkannya ke satu digit desimal. Caranya adalah dengan menggunakan rumus round dengan jumlah digit desimal 1.

Masukkan rumus berikut di dalam sel:

=ROUND(3.75,1)

Hasilnya akan menjadi:

3.8

Cara Menggunakan Rumus Roundup dalam Excel

Untuk menggunakan rumus roundup dalam Excel, Anda juga perlu mengetikkan rumusnya di dalam sel yang ingin Anda bulatkan. Rumus roundup hanya memiliki satu argumen, yaitu angka yang ingin Anda bulatkan.

Langkah-langkah Penggunaan Rumus Roundup:

  1. Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hasil bulatan.
  2. Ketikkan tanda samadengan (=) di awal sel.
  3. Ketikkan kata “ROUNDUP” diikuti dengan tanda kurung buka “(“.
  4. Ketikkan angka yang ingin Anda bulatkan.
  5. Ketikkan tanda kurung tutup (“).
  6. Tekan Enter untuk menampilkan hasil bulatan.

Contoh penggunaan rumus roundup:

Contoh 1: Bulatkan Angka ke Satuan Terdekat

Anda memiliki angka 3.4 dan ingin membulatkannya ke bilangan bulat terdekat. Caranya adalah dengan menggunakan rumus roundup.

Masukkan rumus berikut di dalam sel:

=ROUNDUP(3.4)

Hasilnya akan menjadi:

4

Contoh 2: Bulatkan Angka dengan Satu Digit Desimal

Anda memiliki angka 3.75 dan ingin membulatkannya ke satu digit desimal. Caranya adalah dengan menggunakan rumus roundup.

Masukkan rumus berikut di dalam sel:

=ROUNDUP(3.75,1)

Hasilnya akan menjadi:

3.8

Cara Menggunakan Rumus Rounddown dalam Excel

Untuk menggunakan rumus rounddown dalam Excel, langkah-langkahnya hampir sama dengan rumus round dan roundup. Anda perlu mengetikkan rumusnya di dalam sel yang ingin Anda bulatkan dan menentukan jumlah digit desimal yang diinginkan.

Langkah-langkah Penggunaan Rumus Rounddown:

  1. Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hasil bulatan.
  2. Ketikkan tanda samadengan (=) di awal sel.
  3. Ketikkan kata “ROUNDDOWN” diikuti dengan tanda kurung buka “(“.
  4. Ketikkan angka yang ingin Anda bulatkan diikuti dengan tanda koma (,).
  5. Ketikkan jumlah digit desimal yang diinginkan.
  6. Ketikkan tanda kurung tutup (“).
  7. Tekan Enter untuk menampilkan hasil bulatan.

Contoh penggunaan rumus rounddown:

Contoh 1: Bulatkan Angka ke Satuan Terdekat

Anda memiliki angka 3.4 dan ingin membulatkannya ke bilangan bulat terdekat. Caranya adalah dengan menggunakan rumus rounddown dengan jumlah digit desimal 0.

Masukkan rumus berikut di dalam sel:

=ROUNDDOWN(3.4,0)

Hasilnya akan menjadi:

3

Contoh 2: Bulatkan Angka dengan Satu Digit Desimal

Anda memiliki angka 3.75 dan ingin membulatkannya ke satu digit desimal. Caranya adalah dengan menggunakan rumus rounddown dengan jumlah digit desimal 1.

Masukkan rumus berikut di dalam sel:

=ROUNDDOWN(3.75,1)

Hasilnya akan menjadi:

3.7

Tips dan Trik dalam Menggunakan Rumus Round, Roundup, dan Rounddown

Setelah Anda mempelajari cara penggunaan rumus round, roundup, dan rounddown, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda menggunakanrumus-rumus ini dengan lebih efektif:

1. Membulatkan Angka ke Banyak Digit Desimal

Jika Anda ingin membulatkan angka ke banyak digit desimal, Anda dapat menggunakan rumus round, roundup, atau rounddown dengan jumlah digit desimal yang sesuai. Misalnya, jika Anda ingin membulatkan angka 3.45678 menjadi dua digit desimal, Anda dapat menggunakan rumus round(3.45678, 2) untuk mendapatkan hasil 3.46, rumus roundup(3.45678, 2) untuk mendapatkan hasil 3.46, atau rumus rounddown(3.45678, 2) untuk mendapatkan hasil 3.45.

2. Menggabungkan Rumus dengan Fungsi Lain

Anda juga dapat menggabungkan rumus round, roundup, atau rounddown dengan fungsi-fungsi lain dalam Excel untuk melakukan perhitungan yang lebih kompleks. Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus round untuk membulatkan hasil perkalian atau pembagian angka dengan faktor tertentu. Anda juga dapat menggunakan rumus roundup atau rounddown untuk membulatkan hasil penjumlahan atau pengurangan angka.

Lihat Juga:  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus: Panduan Lengkap

3. Membulatkan Angka Negatif

Jika Anda memiliki angka negatif dan ingin membulatkannya, Anda dapat menggunakan rumus round, roundup, atau rounddown dengan jumlah digit desimal yang negatif. Misalnya, jika Anda ingin membulatkan angka -3.4 menjadi bilangan bulat terdekat, Anda dapat menggunakan rumus round(-3.4, 0) untuk mendapatkan hasil -3, rumus roundup(-3.4, 0) untuk mendapatkan hasil -3, atau rumus rounddown(-3.4, 0) untuk mendapatkan hasil -4.

4. Memahami Pengaruh Angka Desimal 5

Salah satu hal yang penting untuk dipahami dalam penggunaan rumus round, roundup, dan rounddown adalah pengaruh angka desimal 5. Ketika angka desimal adalah 5, hasil bulatan akan tergantung pada rumus yang Anda gunakan. Rumus round akan membulatkan angka desimal 5 menjadi bilangan bulat terdekat, sedangkan rumus roundup akan membulatkannya ke bilangan bulat yang lebih besar, dan rumus rounddown akan membulatkannya ke bilangan bulat yang lebih kecil.

Kesalahan Umum dalam Penggunaan Rumus Round, Roundup, dan Rounddown

Seperti halnya penggunaan rumus-rumus lain dalam Excel, terkadang kita dapat membuat kesalahan dalam penggunaan rumus round, roundup, dan rounddown. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari:

1. Salah Mengetikkan Nama Rumus

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah salah mengetikkan nama rumus. Pastikan Anda mengetikkan nama rumus dengan benar, yaitu “ROUND”, “ROUNDUP”, atau “ROUNDDOWN”. Jika Anda salah mengetikkan nama rumus, Excel tidak akan mengenali rumus tersebut dan akan menghasilkan kesalahan.

2. Salah Menentukan Argumen

Argumen dalam rumus round, roundup, dan rounddown harus ditentukan dengan benar. Pastikan Anda mengetikkan argumen dengan urutan yang sesuai dan menggunakan tanda kurung buka dan tutup dengan benar. Jika Anda salah menentukan argumen, hasil bulatan yang dihasilkan mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3. Menggunakan Jumlah Digit Desimal yang Salah

Pemilihan jumlah digit desimal yang salah juga dapat menghasilkan kesalahan dalam penggunaan rumus round, roundup, dan rounddown. Pastikan Anda memahami dengan jelas berapa digit desimal yang Anda inginkan untuk hasil bulatan dan gunakan jumlah digit desimal yang sesuai dalam rumus yang Anda gunakan.

4. Tidak Memperhatikan Pengaruh Angka Desimal 5

Angka desimal 5 memiliki pengaruh yang berbeda tergantung pada rumus yang Anda gunakan. Jika Anda tidak memperhatikan pengaruh angka desimal 5, hasil bulatan yang Anda peroleh mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pastikan Anda memahami pengaruh angka desimal 5 dalam rumus round, roundup, dan rounddown, dan sesuaikan penggunaan rumus dengan kebutuhan Anda.

Disclaimer

Informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan pendidikan. Meskipun kami berusaha memberikan informasi yang akurat dan terkini, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun tentang kelengkapan, keandalan, atau keakuratan informasi ini. Segala tindakan yang Anda ambil berdasarkan informasi dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *