Mengenal Bagian-bagian pada Desktop Windows 11: Panduan Lengkap

oleh Admin Funwithaileen.com

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan tampilan yang segar dan fitur-fitur baru yang menarik, Windows 11 menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih canggih. Bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan Windows 11, penting untuk mengenal dan memahami bagian-bagian utama pada desktop untuk dapat memaksimalkan penggunaan sistem operasi ini. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan secara rinci tentang setiap bagian pada desktop Windows 11, beserta fungsinya.

Taskbar

Taskbar adalah bagian terpenting pada desktop Windows 11. Taskbar berada di bagian bawah layar dan menyediakan akses cepat ke berbagai fitur dan aplikasi. Di Windows 11, taskbar mengalami perubahan desain yang signifikan. Sekarang, taskbar berisi tombol Start di tengah, yang memungkinkan Anda dengan mudah mencari dan mengakses aplikasi, file, dan fitur lainnya. Selain itu, taskbar juga menyediakan shortcut aplikasi di sebelah kiri, yang memudahkan Anda untuk membuka aplikasi yang sering digunakan dengan cepat.

Tombol Start

Tombol Start adalah tombol penting yang terletak di tengah taskbar pada desktop Windows 11. Dengan mengklik tombol Start, Anda akan membuka Menu Start, yang berisi daftar aplikasi, file terakhir, dan fitur pencarian. Menu Start pada Windows 11 memiliki tampilan yang lebih modern dengan tata letak yang lebih intuitif. Anda dapat menggunakan Menu Start untuk mencari dan membuka aplikasi, file, atau fitur lainnya dengan cepat.

Shortcut Aplikasi

Di sebelah kiri tombol Start, taskbar juga menyediakan shortcut aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengakses aplikasi yang sering digunakan. Anda dapat menambahkan atau menghapus shortcut aplikasi sesuai kebutuhan Anda. Shortcut aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka aplikasi favorit dengan cepat dan efisien.

Menu Start

Menu Start adalah pusat navigasi pada desktop Windows 11. Dalam Menu Start, Anda dapat menjelajahi dan mengakses berbagai aplikasi, file, dan fitur sistem. Menu Start pada Windows 11 memiliki tampilan yang lebih modern dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Berikut adalah beberapa fitur penting dalam Menu Start:

Daftar Aplikasi

Daftar Aplikasi adalah bagian dari Menu Start yang berisi daftar semua aplikasi yang terpasang di komputer Anda. Anda dapat menggulir melalui daftar ini untuk menemukan dan membuka aplikasi yang diinginkan. Di Windows 11, daftar aplikasi telah diperbarui dengan desain yang lebih modern dan penataan yang lebih intuitif.

File Terakhir

Di bagian bawah Menu Start, Anda akan menemukan daftar file terakhir yang telah Anda buka. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengakses file-file tersebut tanpa perlu mencarinya di folder yang sesuai. Anda dapat mengklik file yang terdaftar untuk membukanya langsung.

Pencarian

Pada bagian atas Menu Start, terdapat kotak pencarian. Anda dapat menggunakan kotak pencarian ini untuk mencari aplikasi, file, atau fitur lainnya di komputer Anda. Cukup ketikkan kata kunci yang relevan, dan Windows 11 akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai. Fitur pencarian ini memudahkan Anda untuk menemukan apa pun yang Anda butuhkan dengan cepat.

Jendela Aplikasi

Jendela aplikasi adalah tempat di mana Anda dapat melihat dan mengoperasikan aplikasi yang sedang dijalankan di desktop Windows 11. Setiap kali Anda membuka aplikasi, jendela aplikasi akan muncul di desktop. Jendela aplikasi dapat diubah ukurannya, dipindahkan, atau ditutup sesuai dengan kebutuhan Anda.

Maximize, Minimize, dan Close

Di sudut kanan atas setiap jendela aplikasi, terdapat tiga tombol penting: tombol maximize (maksimalkan), minimize (minimalkan), dan close (tutup). Tombol maximize memungkinkan Anda untuk memperbesar jendela aplikasi sehingga mengisi seluruh layar. Tombol minimize memindahkan jendela aplikasi ke taskbar, sedangkan tombol close menutup jendela aplikasi.

Pindah dan Ubah Ukuran Jendela

Anda dapat memindahkan jendela aplikasi dengan menyeretnya dari bagian atas atau dari batang judul. Selain itu, Anda juga dapat mengubah ukuran jendela aplikasi dengan menarik salah satu ujung atau tepi jendela. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur tata letak jendela aplikasi secara fleksibel sesuai dengan preferensi Anda.

Bilah Tugas

Bilah tugas adalah bagian pada desktop Windows 11 yang berisi notifikasi, jam, dan ikon sistem lainnya. Bilah tugas terletak di bagian bawah layar dan menyediakan akses cepat ke berbagai fitur dan pengaturan. Berikut adalah beberapa komponen penting dalam bilah tugas:

Notifikasi

Di sebelah kanan bilah tugas, terdapat ikon notifikasi yang menampilkan notifikasi yang masuk. Notifikasi ini dapat berasal dari aplikasi, sistem, atau pengaturan yang berbeda. Dengan mengklik ikon notifikasi, Anda dapat melihat daftar notifikasi yang belum Anda baca, serta mengakses pengaturan notifikasi untuk mengatur preferensi Anda.

Jam dan Tanggal

Bagian kanan bilah tugas juga menampilkan jam dan tanggal. Anda dapat melihat waktu dan tanggal saat ini dengan cepat. Selain itu, Anda juga dapat mengklik jam untuk membuka kalender dan mengakses pengaturan waktu dan tanggal.

Area Notifikasi Sistem

Di sebelah kanan jam dan tanggal, terdapat ikon-ikon sistem yang memberikan akses cepat ke fitur-fitur penting. Misalnya, Anda dapat mengklik ikon Wi-Fi untuk mengelola koneksi jaringan, ikon suara untuk mengatur volume suara, atau ikon baterai untuk melihat status baterai.

Lihat Juga:  Cara Keluar dari Zoom Meeting: Panduan Lengkap dan Mudah

Windows Explorer

Windows Explorer adalah aplikasi bawaan Windows yang digunakan untuk mengelola file dan folder di komputer Anda. Dengan menggunakan Windows Explorer, Anda dapat membuat, menghapus, memindahkan, dan menyalin file atau folder dengan mudah. Berikut adalah beberapa fitur penting dalam Windows Explorer:

Pencarian File

Windows Explorer menyediakan fitur pencarian yang memungkinkan Anda untuk mencari file atau folder berdasarkan nama, lokasi, atau kata kunci tertentu. Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengeklik kotak pencarian di sudut kanan atas jendela Windows Explorer. Cukup ketikkan kata kunci yang relevan, dan Windows 11 akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai.

Pengaturan Tampilan

Anda dapat mengatur tampilan Windows Explorer sesuai dengan preferensi Anda. Di bagian atas jendela Windows Explorer, terdapat ribbon yang berisi berbagai opsi pengaturan. Anda dapat mengubah tampilan, mengatur pengaturan folder, atau menyesuaikan tata letak jendela sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manajemen File dan Folder

Windows Explorer memungkinkan Anda untuk mengelola file dan folder dengan berbagai cara. Anda dapat membuat folder baru, menghapus file atau folder, menyalin atau memindahkan file, serta mengatur atribut file. Anda juga dapat menggunakan fitur drag-and-drop untuk memindahkan atau menyalin file dengan mudah.

Desktop

Desktop adalah area kerja utama pada Windows 11. Di desktop, Anda dapat menampilkan shortcut aplikasi, file, dan folder yang sering digunakan. Desktop juga memungkinkan Anda untuk mengatur wallpaper dan tema sesuai dengan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa fitur dan fungsionalitas desktop Windows 11:

Shortcut Aplikasi dan File

Desktop Windows 11 memungkinkan Anda untuk menampilkan shortcut aplikasi dan file yang sering digunakan. Anda dapat dengan mudah membuat shortcut untuk aplikasi atau file dengan mengklik kanan dan memilih opsi “Create shortcut”. Setelah shortcut dibuat, Anda dapat menempatkannya di desktop untuk mengaksesnya dengan cepat. Ini merupakan cara yang efisien untuk mengorganisir dan mengakses aplikasi dan file yang sering digunakan tanpa perlu mencari di folder yang tersembunyi.

Organisasi dan Pemindahan Ikon

Anda dapat dengan mudah mengatur tata letak ikon di desktop Windows 11. Anda dapat memindahkan ikon ke posisi yang diinginkan dengan menyeretnya. Ini memungkinkan Anda untuk membuat kelompok ikon berdasarkan kategori atau preferensi pribadi Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur zoom in dan zoom out untuk mengatur ukuran ikon agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Wallpaper dan Tema

Desktop Windows 11 memungkinkan Anda untuk mengubah wallpaper dan tema sesuai dengan selera Anda. Anda dapat memilih gambar atau foto dari koleksi pribadi Anda atau menggunakan gambar latar bawaan yang disediakan oleh Windows 11. Selain itu, Anda juga dapat mengubah tema desktop untuk memberikan tampilan yang lebih segar dan menyesuaikan suasana kerja Anda.

Konteks Menu

Konteks menu adalah menu yang muncul saat Anda mengklik kanan pada file, folder, atau area kosong di desktop Windows 11. Konteks menu menyediakan opsi-opsi yang bergantung pada objek yang Anda klik. Berikut adalah beberapa opsi umum yang dapat Anda temukan dalam konteks menu:

Open (Buka)

Op”Open” memungkinkan Anda untuk membuka file atau folder yang dipilih. Dengan mengklik opsi ini, Windows 11 akan menggunakan program bawaan yang sesuai untuk membuka file tersebut. Misalnya, jika Anda mengklik kanan pada file dokumen, Anda dapat memilih “Open” untuk membuka file dengan program pengolah kata bawaan.

Edit

Op”Edit” memungkinkan Anda untuk mengedit file yang dipilih. Ketika Anda mengklik opsi ini, Windows 11 akan membuka program pengedit yang sesuai dengan jenis file yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda mengklik kanan pada file gambar, Anda dapat memilih “Edit” untuk membuka file dengan program pengedit gambar bawaan.

Create Shortcut (Buat Pintasan)

Op”Create Shortcut” memungkinkan Anda untuk membuat pintasan atau shortcut untuk file atau folder yang dipilih. Dengan membuat pintasan, Anda dapat dengan mudah mengakses file atau folder tanpa perlu mencarinya dalam struktur folder yang panjang. Pintasan akan ditampilkan di desktop atau di folder tertentu yang Anda pilih.

Delete (Hapus)

Op”Delete” memungkinkan Anda untuk menghapus file atau folder yang dipilih. Ketika Anda mengklik opsi ini, Windows 11 akan menghapus file atau folder secara permanen, kecuali jika ada opsi pemulihan yang tersedia. Penting untuk berhati-hati saat menggunakan opsi ini, karena file yang dihapus tidak dapat dikembalikan.

Properties (Properti)

Op”Properties” memungkinkan Anda untuk melihat dan mengubah properti file atau folder yang dipilih. Dalam menu properti, Anda dapat melihat informasi seperti ukuran file, tanggal modifikasi, dan atribut lainnya. Anda juga dapat mengubah pengaturan dan izin file tertentu jika diperlukan.

Task View

Task View adalah fitur Windows 11 yang memungkinkan Anda melihat tampilan virtual dari semua jendela aplikasi yang sedang dijalankan. Dengan Task View, Anda dapat dengan mudah beralih antara aplikasi yang sedang dijalankan atau mengatur jendela aplikasi dengan lebih efisien. Berikut adalah beberapa fitur penting dalam Task View:

Tampilan Jendela Aplikasi

Dalam Task View, Anda dapat melihat tampilan mini dari semua jendela aplikasi yang sedang berjalan. Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat melihat dan memilih jendela aplikasi yang ingin Anda akses atau atur. Anda dapat dengan mudah memilih jendela yang diinginkan dengan mengklik pada tampilan mini yang sesuai.

Desktop Virtual

Task View juga memungkinkan Anda untuk membuat desktop virtual tambahan. Desktop virtual adalah desktop tambahan yang berisi jendela aplikasi yang berbeda. Dengan desktop virtual, Anda dapat mengatur jendela aplikasi sesuai dengan proyek atau tugas yang sedang Anda kerjakan, sehingga memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Lihat Juga:  Cara Restart HP Tanpa Tombol Power: Panduan Lengkap

Pindah Jendela dan Desktop

Dalam Task View, Anda dapat dengan mudah memindahkan jendela aplikasi antara desktop virtual yang berbeda. Anda juga dapat memindahkan jendela aplikasi dari desktop virtual ke desktop utama, atau sebaliknya. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur jendela aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, sehingga meningkatkan efisiensi kerja Anda.

Action Center

Action Center adalah tempat di mana Anda dapat melihat semua notifikasi yang masuk dan mengakses berbagai pengaturan penting seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan mode penerbangan. Action Center adalah pusat kontrol yang memungkinkan Anda mengelola berbagai pengaturan sistem dengan cepat dan mudah. Berikut adalah beberapa fitur penting dalam Action Center:

Notifikasi

Action Center menampilkan semua notifikasi yang masuk ke sistem Anda. Notifikasi ini dapat berasal dari aplikasi, sistem, atau pengaturan yang berbeda. Dengan mengklik ikon notifikasi di bilah tugas, Anda dapat membuka Action Center dan melihat daftar notifikasi yang belum Anda baca. Anda juga dapat mengklik pada notifikasi tertentu untuk membuka aplikasi terkait atau melakukan tindakan yang diperlukan.

Pengaturan Sistem

Action Center menyediakan akses cepat ke berbagai pengaturan sistem yang penting. Anda dapat mengklik ikon Wi-Fi untuk mengelola koneksi jaringan, ikon Bluetooth untuk menghubungkan perangkat Bluetooth, atau ikon mode penerbangan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penerbangan. Action Center memungkinkan Anda untuk mengatur pengaturan sistem secara efisien tanpa perlu membuka Pengaturan secara terpisah.

Mode Fokus

Action Center juga menyediakan fitur Mode Fokus yang memungkinkan Anda untuk mengatur notifikasi yang masuk ke sistem Anda. Dalam Mode Fokus, Anda dapat mengatur preferensi notifikasi agar tetap tenang atau mematikan notifikasi sementara saat Anda membutuhkan fokus penuh dalam pekerjaan atau aktivitas tertentu. Ini berguna untuk menghindari gangguan yang tidak perlu dan meningkatkan produktivitas Anda.

Pengaturan

Pengaturan adalah tempat di mana Anda dapat mengakses dan mengubah berbagai pengaturan sistem di Windows 11. Dalam Pengaturan, Anda dapat mengubah preferensi jaringan, suara, tampilan, privasi, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa menu dan pengaturan penting dalam Pengaturan:

Jaringan dan Internet

Pada menu Jaringan dan Internet, Anda dapat mengatur pengaturan jaringan seperti Wi-Fi, koneksi Ethernet, Bluetooth, dan VPN. Anda dapat menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, mengelola koneksi jaringan, atau mengatur preferensi jaringan lainnya. Juga, Anda dapat mengatur pengaturan Internet, seperti proxy, pengaturan koneksi VPN, atau mengatur penggunaan data yang terbatas.

Suara

Menu Suara memungkinkan Anda mengatur pengaturan suara dan perangkat audio pada Windows 11. Anda dapat mengatur volume suara, mengubah perangkat output dan input audio, atau mengatur preferensi suara lainnya. Juga, Anda dapat mengatur pemberitahuan suara, suara notifikasi, dan pengaturan suara aplikasi individu.

Tampilan

Pada menu Tampilan, Anda dapat mengubah pengaturan tampilan dan tema desktop Windows 11. Anda dapat mengubah wallpaper, mengatur tema warna, memilih gaya ikon, dan mengatur skema warna. Juga, Anda dapat mengatur pengaturan tampilan lainnya, seperti ukuran teks, resolusi layar, dan pengaturan tampilan ganda jika Anda menggunakan beberapa monitor.

Privasi

Menu Privasi memungkinkan Anda mengelola pengaturan privasi pada Windows 11. Anda dapat mengatur izin aplikasi, pengaturan kamera dan mikrofon, pengaturan lokasi, dan pengaturan privasi lainnya. Juga, Anda dapat mengelola pengaturan keamanan dan pengaturan akun pengguna untuk meningkatkan privasi dan keamanan data Anda.

Pembaruan dan Keamanan

Pada menu Pembaruan dan Keamanan, Anda dapat mengelola pembaruan sistem Windows 11 dan mengatur pengaturan keamanan komputer Anda. Anda dapat memeriksa dan menginstal pembaruan terbaru, mengatur jadwal pembaruan, atau mengatur pengaturan pembaruan otomatis. Juga, Anda dapat mengatur pengaturan keamanan, seperti pengaturan keamanan Windows, firewall, dan pengaturan keamanan perangkat.

Aksesibilitas

Menu Aksesibilitas memungkinkan Anda mengatur pengaturan aksesibilitas untuk meningkatkan pengalaman pengguna bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Anda dapat mengatur pengaturan tampilan, suara, pergerakan kursor, dan pengaturan aksesibilitas lainnya. Windows 11 menyediakan berbagai fitur aksesibilitas untuk memastikan bahwa semua pengguna dapat mengakses dan menggunakan sistem operasi dengan mudah.

Pengaturan Akun

Pada menu Pengaturan Akun, Anda dapat mengatur dan mengelola pengaturan akun pengguna pada Windows 11. Anda dapat mengelola pengaturan login, pengaturan keamanan akun, pengaturan privasi akun, dan pengaturan sinkronisasi akun. Juga, Anda dapat mengelola akun Microsoft Anda, mengatur preferensi penyimpanan cloud, dan mengatur pengaturan keluarga untuk penggunaan yang aman dan terkendali.

Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami dalam menggunakan Windows 11. Namun, perlu diingat bahwa pengalaman pengguna dapat bervariasi dan beberapa fitur mungkin berbeda tergantung pada versi Windows 11 yang digunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas perubahan atau pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft pada Windows 11. Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk ke dokumentasi resmi yang disediakan oleh Microsoft.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *