Fungsi Today di MS Excel: Cara Menggunakan dan Manfaatnya

Funwithaileen.com

MS Excel telah menjadi salah satu perangkat lunak spreadsheet yang paling populer dan sering digunakan di berbagai bidang, termasuk bisnis, keuangan, akuntansi, dan banyak lagi. Dalam Excel, terdapat berbagai macam fungsi yang membantu pengguna dalam melakukan berbagai perhitungan dan analisis data. Salah satu fungsi yang sangat berguna dalam Excel adalah fungsi TODAY.

Fungsi TODAY digunakan untuk mengembalikan tanggal hari ini secara otomatis. Ketika fungsi TODAY digunakan dalam sebuah sel, maka sel tersebut akan selalu menampilkan tanggal hari ini. Fungsi ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti membuat jadwal harian yang otomatis terupdate, menghitung umur, melakukan pelacakan waktu, menghitung durasi proyek, dan masih banyak lagi.

Penggunaan Fungsi TODAY di MS Excel

Penggunaan fungsi TODAY dalam MS Excel sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengetikkan “=TODAY()” (tanpa tanda kutip) dalam sel yang ingin Anda gunakan untuk menampilkan tanggal hari ini. Setelah Anda mengetikkan rumus tersebut, tekan tombol Enter dan Excel akan secara otomatis menampilkan tanggal hari ini dalam sel tersebut. Berikut adalah beberapa penggunaan yang lebih spesifik dari fungsi TODAY di Excel:

Membuat Jadwal Harian

Dengan menggunakan fungsi TODAY, Anda dapat membuat jadwal harian yang otomatis terupdate setiap hari. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY untuk membuat kolom tanggal dalam jadwal harian Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah melihat tanggal hari ini dan melacak kegiatan yang perlu dilakukan. Dengan adanya tanggal hari ini yang otomatis terupdate, Anda tidak perlu lagi memperbarui jadwal secara manual setiap harinya.

Menghitung Umur

Jika Anda perlu menghitung umur seseorang berdasarkan tanggal lahirnya, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY. Dengan menggunakan fungsi TODAY, Anda dapat mengurangi tanggal lahir seseorang dengan tanggal hari ini untuk mendapatkan umur yang akurat. Misalnya, jika Anda ingin menghitung umur seseorang yang lahir pada tanggal 1 Januari 1990, Anda dapat menggunakan rumus “=TODAY() – DATE(1990, 1, 1)” untuk mendapatkan umur yang tepat. Fungsi TODAY sangat berguna bagi lembaga keuangan dan asuransi yang memerlukan informasi umur untuk tujuan penghitungan premi atau estimasi masa depan.

Pelacakan Waktu

Fungsi TODAY juga dapat digunakan untuk melakukan pelacakan waktu. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY untuk membuat kolom tanggal dalam daftar tugas Anda, sehingga Anda dapat melihat dengan mudah kapan tugas tersebut harus selesai. Dengan adanya tanggal hari ini yang otomatis terupdate, Anda dapat dengan mudah melihat tugas-tugas yang harus diselesaikan pada hari ini atau dalam waktu dekat. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan menghindari keterlambatan dalam menyelesaikan tugas.

Lihat Juga:  Artikel Tentang "Nama ML Keren" untuk Tujuan SEO

Menghitung Jatuh Tempo

Jika Anda memiliki daftar tagihan atau jatuh tempo yang perlu diingat, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY untuk menghitung berapa banyak hari yang tersisa sebelum jatuh tempo. Misalnya, jika Anda memiliki tagihan yang jatuh tempo pada tanggal 15 Maret 2022, Anda dapat menggunakan rumus “=DATE(2022, 3, 15) – TODAY()” untuk menghitung berapa banyak hari yang tersisa. Dengan adanya fungsi TODAY, Anda dapat dengan mudah melacak tanggal jatuh tempo dan menghindari keterlambatan dalam pembayaran tagihan atau penyelesaian tugas-tugas penting lainnya.

Menyaring Data Berdasarkan Tanggal

Dengan menggunakan fungsi TODAY, Anda dapat dengan mudah menyaring data berdasarkan tanggal. Misalnya, jika Anda memiliki data penjualan yang mencakup beberapa bulan, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY untuk menyaring data penjualan hanya untuk bulan ini. Dengan adanya fitur penapisan berdasarkan tanggal yang diberikan oleh fungsi TODAY, Anda dapat dengan mudah menganalisis data yang relevan dan membuat laporan yang lebih terfokus pada periode waktu tertentu.

Membuat Grafik Dinamis

Anda juga dapat menggunakan fungsi TODAY untuk membuat grafik dinamis yang otomatis terupdate setiap hari. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY dalam rumus data dalam grafik Anda, sehingga grafik akan otomatis menampilkan data terbaru setiap hari. Dengan adanya grafik dinamis yang diperbarui secara otomatis, Anda dapat dengan mudah melihat tren atau perubahan dalam data Anda seiring berjalannya waktu. Hal ini sangat berguna dalam membuat laporan yang dinamis dan memantau perkembangan proyek atau kinerja bisnis secara real-time.

Menghitung Durasi Proyek

Jika Anda sedang melakukan proyek dan perlu menghitung berapa lama proyek tersebut berlangsung, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY. Dengan menggunakan fungsi TODAY, Anda dapat mengurangi tanggal mulai proyek dengan tanggal hari ini untuk mendapatkan durasi proyek yang akurat. Misalnya, jika Anda memulai proyek pada tanggal 1 Januari 2022, Anda dapat menggunakan rumus “=TODAY() – DATE(2022, 1, 1)” untuk menghitung berapa lama proyek tersebut telah berjalan. Dengan adanya fungsi TODAY, Anda dapat dengan mudah melacak kemajuan proyek dan memastikan bahwa proyek selesai tepat waktu.

Menghitung Berapa Banyak Hari Kerja

Fungsi TODAY juga dapat digunakan untuk menghitung berapa banyak hari kerja yang tersisa dalam bulan atau tahun tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menghitung berapa banyak hari kerja yang tersisa dalam bulan ini, Anda dapat menggunakan rumus “=NETWORKDAYS(TODAY(), EOMONTH(TODAY(), 0))”. Dengan menggunakan fungsi TODAY, Anda dapat dengan mudah menghitung berapa banyak hari kerja yang tersedia untuk menyelesaikan tugas atau proyek dalam periode waktu tertentu. Hal ini membantu Anda dalam perencanaan waktu dan pengaturan prioritas tugas-tugas yang harus diselesaikan.

Lihat Juga:  Rumus COUNTIF Excel: Cara Menghitung Data dengan Mudah

Membuat Pengingat Tugas

Anda juga dapat menggunakan fungsi TODAY untuk membuat pengingat tugas yang otomatis terupdate setiap hari. Misalnya, jika Anda memiliki daftar tugas yang perlu dilakukan setiap hari, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY untuk menandai tugas yang harus dilakukan pada tanggal hari ini. Dengan adanya pengingat tugas yang otomatis terupdate, Anda tidak akan melewatkan tugas-tugas penting dan dapat mengatur jadwal harian Anda dengan lebih efisien.

Menghitung Lama Investasi

Jika Anda memiliki investasi dan perlu menghitung berapa lama investasi tersebut berlangsung, Anda dapat menggunakan fungsi TODAY. Dengan menggunakan fungsi TODAY, Anda dapat mengurangi tanggal mulai investasi dengan tanggal hari ini untuk mendapatkan lama investasi yang akurat. Misalnya, jika Anda memulai investasi pada tanggal 1 Januari 2020, Anda dapat menggunakan rumus “=TODAY() – DATE(2020, 1, 1)” untuk menghitung berapa lama investasi tersebut telah berjalan. Dengan adanya fungsi TODAY, Anda dapat dengan mudah melacak kinerja investasi Anda dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang terkini.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya bertujuan untuk tujuan informasi umum. Meskipun kami berusaha untuk menjaga informasi tetap terkini dan akurat, kami tidak memberikan jaminan apa pun, baik secara tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan artikel ini atau informasi, produk, layanan, atau grafik terkait yang terdapat dalam artikel ini untuk tujuan apa pun. Ketergantungan Anda terhadap informasi dalam artikel ini sepenuhnya menjadi risiko Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul karena penggunaan artikel ini.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Funwithaileen.com

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi kurang lebih 4 tahun.

Tinggalkan komentar