Fungsi Mid pada Excel: Penjelasan Lengkap dan Detail

oleh Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data? Jika ya, maka pasti Anda tidak asing dengan berbagai fungsi yang ada di dalamnya. Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam Excel adalah fungsi MID. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang fungsi MID pada Excel, mulai dari pengertian, cara penggunaan, hingga contoh-contoh penerapannya.

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu fungsi MID pada Excel. Fungsi MID merupakan salah satu fungsi teks yang digunakan untuk mengambil sebagian teks dari sebuah sel berdasarkan posisi awal dan jumlah karakter yang diinginkan. Fungsi ini sangat berguna ketika Anda ingin mengambil sebagian teks dari suatu sel, misalnya mengambil nama depan dari sebuah kolom yang berisi nama lengkap.

Penggunaan Fungsi MID pada Excel

Fungsi MID pada Excel digunakan dengan cara yang cukup sederhana. Anda perlu menyertakan tiga argumen dalam fungsi ini, yaitu teks, posisi awal, dan jumlah karakter. Teks merupakan sel atau rangkaian karakter yang ingin Anda ambil sebagiannya. Posisi awal menunjukkan letak karakter pertama yang ingin diambil, sedangkan jumlah karakter menunjukkan berapa banyak karakter yang ingin diambil.

Mengambil Sebagian Teks dari Satu Sel

Salah satu penerapan fungsi MID yang paling umum adalah untuk mengambil sebagian teks dari satu sel. Misalnya, Anda memiliki daftar email yang panjang dan ingin mengambil domain dari setiap alamat email. Dengan menggunakan fungsi MID, Anda dapat dengan mudah mengambil bagian yang Anda inginkan. Misalkan Anda memiliki alamat email “john.doe@example.com” dan ingin mengambil bagian domain “example.com”. Anda dapat menggunakan fungsi MID dengan posisi awal 11 (karena karakter “@” berada pada posisi ke-11) dan jumlah karakter 11 (karena panjang domain “example.com” adalah 11 karakter).

Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =MID(A1,11,11) di mana A1 merupakan sel yang berisi alamat email. Hasilnya akan mengembalikan teks “example.com”. Dengan menggunakan fungsi MID, Anda dapat dengan mudah mengambil sebagian teks dari sel yang lebih kompleks, seperti alamat email, URL, atau ID pelanggan.

Menggabungkan Fungsi MID dengan Fungsi Lain

Fungsi MID juga dapat digunakan bersama dengan fungsi lain dalam Excel untuk melakukan pengolahan data yang lebih kompleks. Misalnya, Anda dapat menggabungkan fungsi MID dengan fungsi LEFT atau RIGHT untuk mengambil sebagian teks dari sebelah kiri atau kanan sebuah sel. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin hanya ingin mengambil sebagian teks dari awal atau akhir sebuah sel.

Sebagai contoh, Anda memiliki daftar nomor telepon yang panjang dan ingin mengambil kode negara dari setiap nomor telepon. Dengan menggunakan fungsi MID dan LEFT, Anda dapat mencapai hal tersebut. Misalkan Anda memiliki nomor telepon “+62-123456789” dan ingin mengambil kode negara “+62”. Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =LEFT(A1,3), di mana A1 adalah sel yang berisi nomor telepon. Hasilnya akan mengembalikan teks “+62”. Dengan menggunakan fungsi MID dan LEFT, Anda dapat dengan mudah mengambil sebagian teks dari awal sebuah sel.

Menggunakan Fungsi MID dalam Formula IF

Anda juga dapat menggunakan fungsi MID dalam formula IF untuk membuat keputusan berdasarkan sebagian teks dari suatu sel. Misalnya, Anda dapat membuat formula IF yang menghasilkan nilai “Lulus” jika sebagian teks dari sel memenuhi kondisi tertentu, dan “Tidak Lulus” jika tidak memenuhi kondisi tersebut. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin memberikan kondisi atau kriteria tertentu pada sebagian teks dalam sebuah sel.

Sebagai contoh, Anda memiliki daftar nilai siswa dan ingin menentukan apakah nilai tersebut lulus atau tidak berdasarkan sebagian teks. Misalkan Anda memiliki nilai “85” dalam sel A1 dan ingin menentukan apakah nilai tersebut lulus atau tidak berdasarkan nilai ambang batas 60. Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =IF(MID(A1,1,2)>=60,"Lulus","Tidak Lulus"). Rumus ini akan menguji sebagian teks pertama (dua karakter pertama) dalam sel A1 dan menghasilkan “Lulus” jika nilai tersebut lebih besar atau sama dengan 60, dan “Tidak Lulus” jika nilai tersebut kurang dari 60. Dengan menggunakan fungsi MID dalam formula IF, Anda dapat dengan mudah membuat keputusan berdasarkan sebagian teks dari suatu sel.

Lihat Juga:  Cara dan Syarat Swafoto CPNS 2023 yang Benar SSCASN

Menggabungkan Fungsi MID dengan Fungsi FIND

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menggabungkan fungsi MID dengan fungsi lain dalam satu formula. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi MID bersama dengan fungsi FIND untuk mengambil sebagian teks berdasarkan posisi karakter tertentu. Fungsi FIND digunakan untuk mencari posisi karakter tertentu dalam sebuah teks. Misalkan Anda memiliki teks “Hari ini adalah hari yang cerah” dan ingin mengambil kata “hari” yang pertama kali muncul dalam teks tersebut.

Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =MID(A1,FIND("hari",A1),4), di mana A1 adalah sel yang berisi teks. Rumus ini akan mencari posisi karakter pertama “hari” dalam teks dan mengambil sebagian teks berikutnya sepanjang 4 karakter, yaitu “hari”. Dengan menggabungkan fungsi MID dengan fungsi FIND, Anda dapat dengan mudah mengambil sebagian teks berdasarkan posisi karakter tertentu dalam sebuah teks.

Menggunakan Fungsi MID dalam PivotTable

Fungsi MID juga dapat digunakan dalam PivotTable untuk melakukan analisis data yang lebih mendalam. PivotTable adalah alat yang kuat dalam Excel yang memungkinkan Anda untuk menggali informasi dari data Anda dengan cara yang lebih terorganisir dan mudah dimengerti. Dalam PivotTable, Anda dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil sebagian teks dari suatu kolom, dan kemudian menganalisis data berdasarkan teks yang diambil tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki data penjualan produk yang mencakup kode produk. Kode produk terdiri dari beberapa karakter yang memberikan informasi tentang jenis produk, seperti “P001” untuk produk kategori A, “P002” untuk produk kategori B, dan seterusnya. Dengan menggunakan fungsi MID, Anda dapat mengambil sebagian teks dari kolom kode produk untuk menganalisis penjualan berdasarkan kategori produk. Misalnya, Anda dapat mengambil karakter pertama dari kode produk untuk menganalisis penjualan berdasarkan kategori produk. Dengan menggabungkan fungsi MID dengan PivotTable, Anda dapat dengan mudah menganalisis data lebih lanjut berdasarkan sebagian teks dari suatu kolom.

Menggunakan Fungsi MID dalam VBA

Jika Anda menguasai VBA (Visual Basic for Applications), Anda juga dapat menggunakan fungsi MID dalam kode VBA. VBA adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam Excel untuk mengotomatisasi tugas dan membuat makro yang kompleks. Dalam VBA, fungsi MID digunakan dengan sintaks yang sama dengan fungsi MID dalam Excel. Anda dapat menggunakannya dalam program VBA yang Anda buat untuk melakukan manipulasi teks yang lebih kompleks.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan fungsi MID dalam VBA untuk mengambil sebagian teks dari sel berdasarkan kondisi tertentu dan melakukan manipulasi lebih lanjut. Misalnya, Anda memiliki daftar nama lengkap dalam satu kolom dan ingin mengambil nama depan dari setiap nama lengkap. Anda dapat menggunakan VBA untuk mengulangi setiap sel dalam kolom, menggunakan fungsi MID untuk mengambil nama depan dari setiap nama lengkap, dan menulis hasilnya ke kolom lain. Dengan menggunakan fungsi MID dalam VBA, Anda dapat melakukanmanipulasi teks yang lebih kompleks dan mengotomatisasi proses pengambilan sebagian teks dari sel.

Menggunakan Fungsi MID dengan Fungsi SEARCH

Anda juga dapat menggunakan fungsi MID dengan fungsi SEARCH untuk mengambil sebagian teks berdasarkan pola pencarian tertentu. Fungsi SEARCH digunakan untuk mencari posisi karakter tertentu dalam sebuah teks, tanpa memperhatikan huruf besar atau kecil. Misalkan Anda memiliki teks “Hari ini adalah hari yang cerah” dan ingin mengambil teks yang berada di antara kata “ini” dan “hari”.

Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =MID(A1,SEARCH("ini",A1)+3,SEARCH("hari",A1)-SEARCH("ini",A1)-3), di mana A1 adalah sel yang berisi teks. Rumus ini akan mencari posisi karakter pertama “ini” dalam teks, menambahkan 3 untuk melewati kata “ini”, mencari posisi karakter pertama “hari” dalam teks, dan mengurangi posisi “ini” dari posisi “hari” untuk mendapatkan jumlah karakter yang ingin diambil. Dengan menggunakan fungsi MID dengan fungsi SEARCH, Anda dapat dengan mudah mengambil sebagian teks berdasarkan pola pencarian tertentu dalam sebuah teks.

Menggunakan Fungsi MID dengan Fungsi REPLACE

Fungsi MID juga dapat digunakan bersama dengan fungsi REPLACE untuk mengganti sebagian teks dalam sebuah sel. Fungsi REPLACE digunakan untuk mengganti sebagian teks dengan teks baru dalam sebuah teks. Misalkan Anda memiliki teks “Hari ini adalah hari yang cerah” dan ingin mengganti kata “cerah” dengan kata “hujan”.

Lihat Juga:  Cara Upload Video ke YouTube: Panduan Lengkap

Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =REPLACE(A1,SEARCH("cerah",A1),LEN("cerah"),"hujan"), di mana A1 adalah sel yang berisi teks. Rumus ini akan mencari posisi karakter pertama “cerah” dalam teks, menghitung panjang kata “cerah”, dan menggantinya dengan kata “hujan”. Hasilnya akan menjadi “Hari ini adalah hari yang hujan”. Dengan menggunakan fungsi MID dengan fungsi REPLACE, Anda dapat dengan mudah mengganti sebagian teks dalam sebuah sel dengan teks baru.

Menggunakan Fungsi MID dalam Format Tanggal

Anda juga dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil sebagian teks dalam format tanggal. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil bulan atau tahun dari sebuah tanggal, dan kemudian melakukan analisis data berdasarkan bulan atau tahun tersebut. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menganalisis data berdasarkan bulan atau tahun dalam format tanggal.

Sebagai contoh, Anda memiliki data penjualan yang mencakup tanggal penjualan dalam format “dd/mm/yyyy”. Anda ingin menganalisis penjualan berdasarkan bulan atau tahun. Dengan menggunakan fungsi MID, Anda dapat mengambil sebagian teks bulan atau tahun dari setiap tanggal penjualan. Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =MID(A1,4,2) untuk mengambil bulan dari tanggal penjualan. Rumus ini akan mengambil karakter ke-4 dan ke-5 dari teks tanggal, yang mewakili bulan dalam format “dd/mm/yyyy”. Dengan menggunakan fungsi MID dalam format tanggal, Anda dapat dengan mudah menganalisis data berdasarkan bulan atau tahun dalam format tanggal.

Menggunakan Fungsi MID untuk Parsing Teks

Terakhir, fungsi MID dapat digunakan untuk melakukan parsing teks. Parsing teks adalah proses mengambil sebagian teks yang spesifik dari teks yang lebih kompleks berdasarkan pola tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki teks yang mengandung informasi terstruktur, Anda dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil sebagian teks yang spesifik dari teks tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki teks “Kode Produk: ABC123 – Nama Produk: Sepatu Sneakers – Harga: 500000”. Anda ingin mengambil kode produk, nama produk, dan harga dari teks tersebut. Dengan menggunakan fungsi MID, Anda dapat mengambil sebagian teks yang spesifik berdasarkan pola yang ada. Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus berikut dalam sel yang kosong: =MID(A1,FIND("Kode Produk:",A1)+13,FIND(" - ",A1)-FIND("Kode Produk:",A1)-13) untuk mengambil kode produk dari teks. Rumus ini akan mencari posisi karakter pertama “Kode Produk:” dalam teks, menambahkan 13 untuk melewati kata “Kode Produk:”, mencari posisi karakter pertama ” – ” dalam teks, dan mengurangi posisi “Kode Produk:” dari posisi ” – ” untuk mendapatkan jumlah karakter yang ingin diambil. Dengan menggunakan fungsi MID untuk parsing teks, Anda dapat dengan mudah mengambil sebagian teks yang spesifik dari teks yang lebih kompleks.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara lengkap dan detail tentang fungsi MID pada Excel. Fungsi MID sangat berguna dalam mengambil sebagian teks dari sebuah sel berdasarkan posisi awal dan jumlah karakter yang diinginkan. Kami telah menjelaskan cara penggunaan fungsi MID, serta memberikan contoh-contoh penerapannya dalam berbagai situasi. Dengan pengetahuan yang Anda peroleh dari artikel ini, Anda dapat dengan lebih efektif menggunakan fungsi MID dalam pengolahan data di Excel.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi saja. Meskipun kami berusaha keras untuk memberikan informasi yang akurat, kami tidak bertanggung jawab atas keakuratan atau kelengkapan informasi yang disediakan dalam artikel ini. Penggunaan informasi dari artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Sebelum mengambil keputusan berdasarkan informasi yang disediakan dalam artikel ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli atau profesional terkait.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *