Cara Screenshot Windows 11: Panduan Lengkap dan Mudah

oleh Admin Funwithaileen.com

Windows 11 telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna komputer. Dengan tampilan yang segar dan fitur-fitur baru yang menarik, tidak heran jika banyak yang ingin segera mencobanya. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah fitur screenshot. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot Windows 11 dengan mudah.

Screenshot merupakan metode yang sangat berguna untuk merekam tampilan layar komputer Anda. Anda dapat menggunakan screenshot untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, berbagi informasi, atau menyimpan momen-momen penting. Dalam Windows 11, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot, dan kami akan membahasnya secara detail di artikel ini.

Panduan Lengkap: Cara Screenshot Windows 11

Sebelum memulai panduan tentang cara screenshot Windows 11, penting untuk memahami bahwa terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah beberapa metode yang akan kami bahas:

1. Screenshot Layar Penuh

Screenshot layar penuh adalah metode yang paling sederhana dan cepat untuk merekam tampilan keseluruhan layar komputer Anda. Anda dapat menggunakan tombol khusus pada keyboard atau menggunakan kombinasi tombol tertentu untuk melakukan screenshot layar penuh.

Untuk mengambil screenshot layar penuh menggunakan tombol pada keyboard, Anda dapat menekan tombol “Print Screen” atau “PrtScn”. Tombol ini biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard, di antara tombol “F12” dan “Scroll Lock”. Setelah menekan tombol tersebut, screenshot akan disimpan di clipboard komputer Anda. Anda dapat membuka aplikasi pengolah gambar, seperti Paint atau Adobe Photoshop, dan menekan tombol “Ctrl + V” untuk menempelkan screenshot tersebut.

Jika Anda ingin mengambil screenshot layar penuh tanpa menggunakan tombol pada keyboard, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Windows + Print Screen”. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, layar Anda akan menjadi gelap sejenak, dan screenshot akan disimpan secara otomatis di folder “Gambar” > “Tangkapan Layar” di dalam folder “Dokumen” Anda. Anda juga dapat membuka aplikasi “Foto” bawaan Windows 11 dan mencari screenshot tersebut di dalam folder “Tangkapan Layar” pada aplikasi tersebut.

2. Screenshot Jendela Aktif

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aplikasi atau program tertentu, metode screenshot jendela aktif adalah pilihan yang tepat. Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot hanya dari jendela yang aktif, tanpa merekam seluruh layar komputer.

Untuk mengambil screenshot jendela aktif menggunakan tombol pada keyboard, Anda dapat menekan tombol “Alt + Print Screen” secara bersamaan. Tombol “Print Screen” biasanya terletak di sebelah kanan atas keyboard, di antara tombol “F12” dan “Scroll Lock”. Setelah menekan tombol tersebut, screenshot dari jendela aktif akan disimpan di clipboard komputer Anda. Anda dapat membuka aplikasi pengolah gambar, seperti Paint atau Adobe Photoshop, dan menekan tombol “Ctrl + V” untuk menempelkan screenshot tersebut.

Jika Anda ingin mengambil screenshot jendela aktif tanpa menggunakan tombol pada keyboard, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Alt + Windows + Print Screen”. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, layar Anda akan menjadi gelap sejenak, dan screenshot dari jendela aktif akan disimpan secara otomatis di folder “Gambar” > “Tangkapan Layar” di dalam folder “Dokumen” Anda. Anda juga dapat membuka aplikasi “Foto” bawaan Windows 11 dan mencari screenshot tersebut di dalam folder “Tangkapan Layar” pada aplikasi tersebut.

3. Screenshot dengan Snipping Tool

Snipping Tool adalah alat bantu yang disediakan oleh Windows 11 untuk mengambil screenshot dengan lebih fleksibel. Anda dapat memilih area tertentu pada layar untuk diambil screenshot, termasuk area kustom yang dapat Anda tentukan sendiri.

Untuk menggunakan Snipping Tool, Anda dapat mencarinya melalui menu “Start” atau menggunakan kotak pencarian di taskbar Windows 11. Setelah menemukan aplikasi Snipping Tool, klik untuk membukanya. Pada jendela Snipping Tool, Anda akan melihat beberapa pilihan, seperti “New”, “Mode”, dan “Delay”. Klik pada pilihan “New” untuk memulai pengambilan screenshot.

Setelah memilih “New”, kursor Anda akan berubah menjadi penanda seleksi. Anda dapat menyeret penanda seleksi untuk memilih area yang ingin Anda screenshot. Setelah memilih area yang diinginkan, lepaskan penanda seleksi. Snipping Tool akan menampilkan hasil screenshot Anda dan memberikan opsi untuk menyimpannya atau melakukan modifikasi lebih lanjut. Anda dapat mengedit screenshot tersebut dengan menggunakan alat-alat yang disediakan, seperti pena atau penyorot teks. Setelah selesai, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan screenshot di folder yang Anda pilih.

4. Screenshot dengan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen (PrtScn) pada keyboard dapat digunakan untuk mengambil screenshot layar penuh. Namun, dalam Windows 11, Anda juga dapat menggunakan tombol Print Screen untuk mengambil screenshot jendela aktif atau mengganti metode pengambilan screenshot lainnya.

Untuk mengambil screenshot layar penuh menggunakan tombol Print Screen, cukup tekan tombol tersebut. Screenshot akan disimpan di clipboard komputer Anda, dan Anda dapat menempelkannya ke aplikasi pengolah gambar, seperti Paint atau Adobe Photoshop, dengan menekan tombol “Ctrl + V”. Jika Anda ingin mengambil screenshot jendela aktif, Anda dapat menggunakan tombol “Alt + Print Screen” secara bersamaan. Setelah menekan tombol tersebut, screenshot dari jendela aktif akan disimpan di clipboard komputer Anda, dan Anda dapat menempelkannya ke aplikasi pengolah gambar dengan menekan tombol “Ctrl + V”.

Jika Anda ingin mengubah metode pengambilan screenshot menggunakan tombol Print Screen, Anda dapat membuka aplikasi “Pengaturan” di Windows 11. Pada menu “Pengaturan”, pilih opsi “Sistem” dan klik pada kategori “Tangkapan Layar”. Di dalam kategori “Tangkapan Layar”, Anda akan melihat opsi “Pilihan Print Screen” yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memilih apakah tombol Print Screen akan mengambil screenshot layar penuh, jendela aktif, atau menggunakan fitur Snipping Tool.

Lihat Juga:  Perbedaan CMYK dan RGB: Panduan Lengkap untuk Memahami Keduanya

5. Screenshot dengan Kombinasi Tombol Windows + Shift + S

Windows 11 menyediakan metode screenshot cepat menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Dengan kombinasi tombol ini, Anda dapat memilih area tertentu pada layar untuk diambil screenshot dengan cepat dan mudah.

Untuk menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S, cukup tekan kombinasi tombol tersebut. Setelah menekan tombol, layar Anda akan menjadi sedikit gelap, dan kursor Anda akan berubah menjadi penanda seleksi. Anda dapat menyeret penanda seleksi untuk memilih area yang ingin Anda screenshot. Setelah memilih area yang diinginkan, lepaskan penanda seleksi. Windows 11 akan menampilkan hasil screenshot Anda dan memberikan opsi untuk menyimpannya atau melakukan modifikasi lebih lanjut. Anda dapat mengedit screenshot tersebut dengan menggunakan alat-alat yang disediakan, seperti pena atau penyorot teks. Setelah selesai, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan screenshot di folder yang Anda pilih.

6. Screenshot dengan Fitur Screenshot pada Action Center

Action Center adalah pusat kontrol yang menyediakan berbagai fitur dan opsi penting pada Windows 11. Salah satu fitur yang disediakan adalah fitur screenshot. Anda dapat dengan mudah mengakses fitur screenshot melalui Action Center dan mengambil screenshot dengan beberapa pilihan yang tersedia.

Untuk mengambil screenshot menggunakan fitur screenshot pada Action Center, Anda dapat membuka Action Center dengan mengklik ikon “Action Center” di pojok kanan bawah taskbar Windows 11 atau menggunakan kombinasi tombol “Windows + A”. Setelah Action Centerterbuka, cari opsi “Screenshot” di menu yang ditampilkan. Klik pada opsi tersebut untuk memulai pengambilan screenshot.

Windows 11 akan menampilkan beberapa opsi screenshot, seperti “Screenshot Layar Penuh”, “Screenshot Jendela Aktif”, dan “Snip & Sketch”. Anda dapat memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengambil screenshot layar penuh, klik pada opsi “Screenshot Layar Penuh”. Jika Anda ingin mengambil screenshot jendela aktif, klik pada opsi “Screenshot Jendela Aktif”. Jika Anda ingin menggunakan fitur Snip & Sketch untuk mengambil screenshot dengan lebih fleksibel, klik pada opsi “Snip & Sketch”.

Jika Anda memilih opsi “Screenshot Layar Penuh” atau “Screenshot Jendela Aktif”, Windows 11 akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di folder “Gambar” > “Tangkapan Layar” di dalam folder “Dokumen” Anda. Setelah screenshot disimpan, Windows 11 juga akan memberikan notifikasi dan tautan langsung ke folder Tangkapan Layar untuk kemudahan akses.

Jika Anda memilih opsi “Snip & Sketch”, Anda akan dibawa ke aplikasi Snip & Sketch yang intuitif. Di dalam aplikasi ini, Anda dapat memilih area tertentu di layar untuk diambil screenshot dengan menggunakan alat seleksi yang disediakan. Setelah memilih area, Anda dapat melakukan anotasi dan modifikasi lainnya sebelum menyimpan screenshot tersebut.

7. Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda membutuhkan fitur screenshot yang lebih canggih atau lebih banyak pilihan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disediakan secara gratis atau berbayar. Beberapa aplikasi pihak ketiga populer untuk mengambil screenshot adalah Snagit, Greenshot, dan Lightshot.

Aplikasi Snagit merupakan salah satu aplikasi screenshot yang populer dan lengkap. Dengan Snagit, Anda dapat mengambil screenshot layar penuh, jendela aktif, atau area kustom dengan mudah. Selain itu, Snagit juga menyediakan berbagai alat untuk mengedit dan memberikan anotasi pada screenshot Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk merekam video dari layar komputer Anda.

Greenshot adalah aplikasi screenshot open-source yang juga sangat populer. Dengan Greenshot, Anda dapat mengambil screenshot layar penuh, jendela aktif, atau area kustom dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa pilihan tambahan, seperti mengunggah screenshot ke layanan cloud atau mengirimnya melalui email.

Lightshot adalah aplikasi screenshot yang sederhana namun cukup powerful. Dengan Lightshot, Anda dapat mengambil screenshot layar penuh, jendela aktif, atau area kustom dengan cepat. Aplikasi ini juga menyediakan alat-alat dasar untuk memberikan anotasi pada screenshot Anda.

8. Screenshot dengan Game Bar

Bagi para pengguna yang sering bermain game di Windows 11, Game Bar adalah fitur yang sangat berguna. Selain merekam video game, Game Bar juga dapat digunakan untuk mengambil screenshot dengan mudah. Anda dapat mengakses Game Bar dengan kombinasi tombol Windows + G.

Saat Anda bermain game, tekan kombinasi tombol Windows + G untuk membuka Game Bar. Di dalam Game Bar, Anda akan melihat opsi “Screenshot” yang dapat Anda klik untuk mengambil screenshot layar penuh. Setelah itu, Windows 11 akan menyimpan screenshot tersebut di folder “Gambar” > “Tangkapan Layar” di dalam folder “Dokumen” Anda.

9. Screenshot dengan Keyboard Khusus Screenshot

Beberapa keyboard khusus juga dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengambil screenshot. Jika Anda menggunakan keyboard khusus, periksa apakah terdapat tombol screenshot yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat.

Keyboard khusus screenshot seringkali memiliki tombol dengan ikon kamera atau logo screenshot. Untuk mengambil screenshot, cukup tekan tombol tersebut. Setelah itu, screenshot akan disimpan di folder “Gambar” > “Tangkapan Layar” di dalam folder “Dokumen” Anda. Jika Anda menggunakan keyboard khusus dengan perangkat lunak pendukung, Anda juga dapat mengatur pengaturan dan preferensi screenshot melalui aplikasi yang disediakan oleh produsen keyboard tersebut.

10. Screenshot dengan Aplikasi Web

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan atau menggunakan metode lainnya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi web untuk mengambil screenshot. Beberapa aplikasi web yang populer untuk mengambil screenshot adalah Lightshot, Screenshot Guru, dan Awesome Screenshot.

Aplikasi web Lightshot memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot layar penuh, jendela aktif, atau area kustom dengan cepat. Anda dapat mengunjungi situs web Lightshot, klik tombol “Instal” untuk menginstal ekstensi Lightshot pada browser Anda, dan mulai mengambil screenshot dengan mudah melalui ekstensi tersebut.

Lihat Juga:  Cara Beli UC PUBG: Panduan Lengkap untuk Membeli UC di PUBG

Screenshot Guru adalah aplikasi web yang mudah digunakan dan menyediakan berbagai pilihan screenshot. Anda dapat mengunjungi situs web Screenshot Guru, menyalin URL halaman web yang ingin Anda screenshot, dan aplikasi ini akan secara otomatis menghasilkan screenshot untuk Anda.

Awesome Screenshot adalah aplikasi web yang menyediakan alat screenshot lengkap. Anda dapat mengunjungi situs web Awesome Screenshot, menyalin URL halaman web yang ingin Anda screenshot, dan menggunakan alat-alat yang disediakan untuk mengambil screenshot dengan berbagai pilihan, seperti tangkapan layar penuh, jendela aktif, atau area kustom.

Keuntungan Menggunakan Fitur Screenshot di Windows 11

Fitur screenshot di Windows 11 memiliki banyak keuntungan. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah merekam tampilan layar komputer Anda untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan fitur screenshot di Windows 11:

Membuat Tutorial

Dengan fitur screenshot, Anda dapat dengan mudah membuat tutorial atau panduan langkah demi langkah. Anda dapat mengambil screenshot dari setiap langkah yang ingin Anda jelaskan dan menyusunnya menjadi tutorial yang jelas dan terstruktur. Tutorial ini dapat digunakan untuk berbagi pengetahuan atau membantu orang lain dalam memahami suatu konsep atau proses.

Berbagi Informasi

Screenshot juga berguna untuk berbagi informasi dengan orang lain. Misalnya, jika Anda menemukan gambar atau teks yang menarik di halaman web, Anda dapat mengambil screenshot dan membagikannya kepada teman-teman Anda melalui pesan atau media sosial. Screenshot juga berguna untuk berbagi informasi yang sulit atau tidak mungkin untuk disalin atau dibagikan dalam bentuk lain.

Menyimpan Momen Penting

Screenshot dapat digunakan untuk menyimpan momen-momen penting dalam kehidupan Anda. Misalnya, jika Anda menerima pesan atau email penting, Anda dapat mengambil screenshot sebagai bukti atau untuk referensi di masa mendatang. Anda juga dapat mengambil screenshot dari pencapaian dalam permainan atau momen lucu dalam video untuk diabadikan.

Memecahkan Masalah

Screenshot juga berguna dalam memecahkan masalah atau mendapatkan bantuan teknis. Misalnya, jika Anda mengalami masalah dengan perangkat lunak atau tampilan layar, Anda dapat mengambil screenshot dan mengirimkannya kepada tim dukungan pelanggan atau komunitas pengguna untuk mendapatkan bantuan. Screenshot memberikan gambaran yang jelas tentang masalah yang Anda hadapi dan memudahkan orang lain untuk membantu Anda dengan cepat dan efektif.

Memperindah Presentasi atau Dokumen

Screenshot dapat digunakan untuk memperindah presentasi atau dokumen. Anda dapat mengambil screenshot dari grafik, tabel, atau bagian penting lainnya dalam presentasi atau dokumen, dan menyisipkannya di tempat yang tepat untuk meningkatkan pemahaman dan visualisasi informasi. Screenshot juga dapat digunakan untuk menunjukkan hasil dari analisis data atau perbandingan visual.

Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan umum. Meskipun kami telah melakukan penelitian yang cermat, kamitidak dapat menjamin keakuratan atau kelengkapan informasi yang disediakan. Penggunaan informasi dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi dalam artikel ini. Sebelum mengambil tindakan apa pun, disarankan untuk selalu memeriksa panduan resmi dan sumber-sumber terpercaya lainnya.

Windows 11 menyediakan berbagai metode yang mudah dan fleksibel untuk mengambil screenshot. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari metode sederhana dengan menggunakan tombol pada keyboard hingga metode yang lebih canggih dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam artikel ini, kami telah membahas sepuluh metode yang dapat Anda gunakan, termasuk screenshot layar penuh, screenshot jendela aktif, penggunaan Snipping Tool, dan banyak lagi.

Dalam mengambil screenshot, perlu diingat bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa metode mungkin lebih cepat dan mudah digunakan, sementara metode lainnya menyediakan lebih banyak pilihan dan fitur pengeditan. Penting untuk mencoba dan eksperimen dengan berbagai metode untuk menemukan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Dalam kegiatan sehari-hari, penggunaan fitur screenshot dapat sangat berguna dan efektif. Anda dapat menggunakannya untuk membuat tutorial, berbagi informasi, menyimpan momen penting, memecahkan masalah, atau memperindah presentasi atau dokumen Anda. Dengan menguasai cara mengambil screenshot di Windows 11, Anda akan memiliki kemampuan yang berharga untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda dalam menggunakan komputer.

Namun, penting juga untuk diingat bahwa penggunaan fitur screenshot harus dilakukan dengan bijak dan menghormati privasi orang lain. Pastikan Anda memiliki izin sebelum mengambil screenshot dari konten yang bukan milik Anda atau dari percakapan pribadi. Selalu lakukan tindakan dengan menghormati hak privasi dan kebijakan penggunaan yang berlaku.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara screenshot di Windows 11. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam menguasai fitur screenshot dan memanfaatkannya dengan optimal. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin berbagi pengalaman Anda dalam menggunakan fitur screenshot, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Selamat mengambil screenshot dengan Windows 11!

Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan umum. Meskipun kami telah melakukan penelitian yang cermat, kami tidak dapat menjamin keakuratan atau kelengkapan informasi yang disediakan. Penggunaan informasi dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi dalam artikel ini. Sebelum mengambil tindakan apa pun, disarankan untuk selalu memeriksa panduan resmi dan sumber-sumber terpercaya lainnya.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *