Cara Merekam Layar HP: Panduan Lengkap untuk Pemula

oleh Admin Funwithaileen.com

Jika Anda ingin tahu cara merekam layar HP Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Merekam layar HP adalah fitur yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, berbagi gameplay, atau mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara merekam layar HP Anda dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita mulai, penting untuk menyebutkan bahwa setiap merek HP mungkin memiliki cara yang sedikit berbeda untuk merekam layar. Namun, konsep dasar dan fungsi umum sering kali sama di semua perangkat. Kami akan mencakup metode yang paling umum digunakan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengikuti panduan ini, apa pun merek HP yang Anda gunakan.

Daftar Isi Artikel sembunyikan

Persiapan Sebelum Merekam Layar HP Anda

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah merekam layar HP Anda, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Persiapan ini akan memastikan bahwa Anda dapat merekam layar dengan baik dan menghasilkan rekaman yang berkualitas tinggi.

Pastikan Perangkat Anda Mendukung Merekam Layar

Langkah pertama adalah memastikan bahwa perangkat Anda mendukung fitur merekam layar. Sebagian besar HP modern, baik Android maupun iPhone, memiliki fitur bawaan untuk merekam layar. Namun, beberapa model yang lebih lama atau perangkat dengan versi perangkat lunak yang lebih lama mungkin tidak memiliki fitur ini. Periksa panduan pengguna HP Anda atau cari informasi online untuk memastikan bahwa perangkat Anda mendukung merekam layar.

Periksa Ruang Penyimpanan Tersedia

Merekam layar HP menghasilkan file video yang cukup besar. Sebelum Anda mulai merekam, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup pada perangkat Anda untuk menyimpan rekaman tersebut. Jika penyimpanan Anda hampir penuh, hapus beberapa file yang tidak diperlukan atau pindahkan file Anda ke penyimpanan eksternal, seperti kartu SD atau penyimpanan cloud, untuk membuat ruang yang cukup untuk rekaman Anda.

Pilih Orientasi dan Resolusi Layar

Sebelum merekam layar, pertimbangkan orientasi dan resolusi layar yang ingin Anda rekam. Apakah Anda ingin merekam dalam orientasi potret (vertikal) atau lanskap (horizontal)? Apakah Anda ingin merekam dalam resolusi penuh atau resolusi yang lebih rendah? Pilihan ini akan mempengaruhi tampilan rekaman Anda dan dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi atau kebutuhan konten Anda.

Persiapkan Konten yang Akan Direkam

Sebelum Anda mulai merekam layar HP Anda, persiapkan konten yang ingin Anda rekam. Jika Anda ingin merekam tutorial, pastikan Anda memiliki skrip atau daftar langkah-langkah yang ingin Anda sertakan dalam rekaman Anda. Jika Anda ingin merekam gameplay, pastikan Anda telah mengunduh atau menyimpan permainan yang ingin Anda mainkan. Persiapan konten ini akan membantu Anda merekam dengan lancar dan menghasilkan rekaman yang terorganisir dan informatif.

Cara Merekam Layar HP Menggunakan Tombol Fisik

Menggunakan tombol fisik pada HP Anda adalah metode yang paling umum digunakan untuk merekam layar. Metode ini berlaku untuk sebagian besar HP Android dan iPhone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tekan Tombol Daya dan Volume Secara Bersamaan

Langkah pertama adalah menemukan tombol kombinasi pada HP Anda yang digunakan untuk merekam layar. Pada sebagian besar HP Android, tombol kombinasi ini terdiri dari tombol daya dan tombol volume bawah. Pada iPhone, tombol kombinasi ini terdiri dari tombol daya dan tombol volume samping atau tombol home (untuk model yang lebih lama). Tekan dan tahan kedua tombol secara bersamaan untuk beberapa detik hingga layar berkedip atau Anda mendengar suara penangkapan layar.

Temukan Rekaman Layar Anda

Setelah Anda menekan tombol kombinasi, layar HP Anda akan berkedip sebentar atau muncul tanda penangkapan layar kecil di pojok layar. Ini menandakan bahwa rekaman layar Anda berhasil disimpan. Untuk menemukan rekaman layar Anda, buka aplikasi galeri atau file manager pada HP Anda. Di sana, Anda akan menemukan folder atau album yang berisi rekaman layar Anda. Biasanya, album ini disebut “Screenshots” atau “Tangkapan Layar”.

Menghentikan Rekaman Layar

Untuk menghentikan rekaman layar, Anda hanya perlu menekan tombol daya atau tombol volume lagi. Beberapa HP Android juga memiliki opsi untuk menghentikan rekaman langsung dari bilah notifikasi yang muncul setelah merekam layar. Setelah Anda menghentikan rekaman layar, Anda dapat menemukan rekaman tersebut di folder atau album tangkapan layar seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Pengaturan Tambahan untuk Merekam Layar

Beberapa HP Android memiliki pengaturan tambahan yang dapat Anda akses untuk mengontrol opsi merekam layar. Misalnya, Anda dapat mengatur resolusi layar, kualitas rekaman, atau mengaktifkan/mematikan suara saat merekam. Untuk mengakses pengaturan ini, buka aplikasi Pengaturan pada HP Anda dan cari opsi “Merekam Layar” atau “Tangkapan Layar”. Di sana, Anda akan menemukan pengaturan tambahan yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan preferensi Anda.

Cara Merekam Layar HP Menggunakan Fitur Bawaan

Jika HP Anda memiliki fitur bawaan untuk merekam layar, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk merekam layar dengan mudah. Fitur ini seringkali lebih canggih daripada menggunakan tombol fisik, karena dapat memberikan opsi tambahan dan kontrol yang lebih baik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cari Aplikasi Perekam Layar

Langkah pertama adalah mencari aplikasi perekam layar di HP Anda. Pada sebagian besar HP Android, aplikasi ini dapat ditemukan di folder sistem atau aplikasi bawaan dengan nama seperti “Perekam Layar”, “Perekam Video”, atau “Perekam Game”. Pada iPhone, aplikasi perekam layar biasanya disebut “Perekam Layar” dan dapat ditemukan di pusat kontrol atau pengaturan ponsel Anda.

Lihat Juga:  Cara Membuat Kop Surat di Word: Panduan Lengkap

Buka Aplikasi Perekam Layar

Setelah Anda menemukan aplikasi perekam layar, buka aplikasi tersebut. Anda akan melihat antarmuka aplikasi perekam layar yang berisi berbagai opsi dan kontrol untuk merekam layar HP Anda.

Pilih Opsi dan Pengaturan yang Dibutuhkan

Sebelum Anda mulai merekam layar, pilih opsi dan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih resolusi layar, kualitas rekaman, atau opsi merekam suara. Beberapa aplikasi perekam layar juga memiliki fitur tambahan seperti perekam wajah untuk merekam reaksi Anda saat merekam.

Mulai Merekam Layar

Setelah Anda mengatur opsi dan pengaturan yang diinginkan, Anda dapat mulai merekam layar dengan menekan tombol “Mulai Rekam” atau “Rekam” di aplikasi perekam layar. Beberapa aplikasi mungkin juga meminta izin atau konfirmasi tambahan sebelum merekam layar dimulai.

Hentikan dan Simpan Rekaman Layar

Untuk menghentikan rekaman layar, Anda bisa menekan tombol “Stop” atau “Selesai” di aplikasi perekam layar. Setelah Anda menghentikan rekaman, aplikasi akan menyimpan rekaman layar tersebut di galeri atau folder yang ditentukan. Anda dapat membuka galeri atau file manager pada HP Anda untuk menemukan rekaman layar tersebut.

Pengeditan dan Berbagi Rekaman Layar

Setelah Anda merekam layar HP Anda, Anda mungkin ingin mengeditnya sebelum membagikannya. Beberapa aplikasi perekam layar juga menyertakan fitur pengeditan dasar yang memungkinkan Anda memotong, menggabungkan, atau menambahkan efek pada rekaman layar Anda. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk meningkatkan kualitas dan kejelasan rekaman layar Anda.

Setelah Anda selesai mengedit rekaman layar, Anda dapat membagikannya dengan teman-teman atau mengunggahnya ke platform media sosial. Anda dapat menggunakan fitur berbagi di aplikasi perekam layar atau mengunggah rekaman layar tersebut ke akun media sosial Anda secara langsung.

Merekam Layar HP Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika HP Anda tidak memiliki fitur bawaan yang memadai atau Anda ingin lebih banyak kontrol dan fitur tambahan, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam layar HP Anda. Ada banyak aplikasi perekam layar yang tersedia di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone). Berikut adalah langkah-langkah umum yang perlu Anda ikuti:

Cari dan Unduh Aplikasi Perekam Layar

Langkah pertama adalah mencari aplikasi perekam layar di toko aplikasi HP Anda. Anda dapat menggunakan kata kunci seperti “perekam layar”, “rekam layar”, atau “perekam video” untuk mencari aplikasi yang sesuai. Pastikan untuk memeriksa ulasan dan rating pengguna sebelum mengunduh aplikasi.

Instal dan Buka Aplikasi

Setelah Anda menemukan aplikasi perekam layar yang diinginkan, unduh dan instal aplikasi tersebut pada HP Anda. Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi perekam layar.

Atur Opsi dan Pengaturan

Di dalam aplikasi perekam layar, Anda akan menemukan berbagai opsi dan pengaturan yang dapat Anda sesuaikan. Beberapa opsi umum termasuk resolusi layar, kualitas rekaman, pengaturan suara, atau pengaturan tombol pintas. Sesuaikan opsi dan pengaturan ini sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Mulai Merekam Layar

Setelah Anda mengatur opsi dan pengaturan yang diinginkan, Anda dapat mulai merekam layar dengan menekan tombol “Mulai Rekam” atau “Rekam” di aplikasi perekam layar. Beberapa aplikasi mungkin meminta izin tambahan atau memberi tahu Anda bahwa merekam layar sedang berlangsung.

Hentikan dan Simpan Rekaman Layar

Seperti pada metode sebelumnya, Anda dapat menghentikan rekaman layar dengan menekan tombol “Stop” atau “Selesai” di aplikasi perekam layar. Setelah Anda menghentikan rekaman, aplikasi akan menyimpan rekaman layar tersebut di galeri atau folder yang ditentukan. Anda dapat membuka galeri atau file manager pada HP Anda untuk menemukan rekaman layar tersebut.

Pengeditan dan Berbagi Rekaman Layar

Seperti pada metode sebelumnya, setelah Anda merekam layar HP Anda dengan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menggunakan fitur pengeditan di aplikasi tersebut untuk mengedit rekaman layar. Beberapa aplikasi mungkin memiliki fitur pengeditan yang lebih canggih, seperti pemotongan, penggabungan, atau penambahan efek visual. Sesuaikan pengeditan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda selesai mengedit rekaman layar, Anda dapat membagikannya dengan teman-teman atau mengunggahnya ke platform media sosial. Aplikasi perekam layar biasanya memiliki fitur berbagi yang memungkinkan Anda membagikan rekaman layar dengan mudah melalui pesan, email, atau platform media sosial.

Tips dan Trik untuk Merekam Layar HP dengan Baik

Untuk memastikan Anda mendapatkan hasil rekaman layar yang baik dan berkualitas tinggi, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan:

Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik akan membantu meningkatkan kualitas rekaman layar Anda. Pastikan Anda merekam di tempat yang terang atau menggunakan pencahayaan tambahan jika diperlukan. Hindari merekam di tempat yang terlalu gelap atau dengan pencahayaan yang buruk, karena ini dapat membuat rekaman layar menjadi tidak jelas atau buram.

Gunakan Mikrofon Eksternal (Jika Diperlukan)

Jika Anda ingin merekam suara selain tampilan layar, pertimbangkan untuk menggunakan mikrofon eksternal. Mikrofon bawaan pada HP mungkin tidak memberikan kualitas suara yang optimal, terutama jika Anda berada di ruangan berisik atau jauh dari HP Anda. Mikrofon eksternal akan membantu meningkatkan kualitas suara rekaman Anda.

Bersihkan Tampilan Layar Anda

Sebelum merekam layar, pastikan tampilan layar Anda bersih dari sidik jari, debu, atau kotoran lainnya. Hal ini akan membantu menjaga kualitas rekaman layar yang jernih dan menghindari gangguan visual yang tidak diinginkan.

Menggunakan Mode Airplane (Pesawat Terbang)

Jika Anda ingin merekam layar tanpa gangguan dari panggilan telepon, pesan, atau pemberitahuan lainnya, aktifkan mode Airplane (Pesawat Terbang) pada HP Anda. Mode ini akan mematikan semua konektivitas jaringan dan memastikan Anda tidak terganggu selama proses merekam layar.

Gunakan Penunjuk atau Marka pada Layar

Jika Anda ingin menyoroti atau menunjukkan area tertentu pada tampilan layar Anda saat merekam, gunakan penunjuk atau marka pada layar. Beberapa aplikasi perekam layar memiliki fitur ini yang memungkinkan Anda menambahkan penunjuk, panah, atau teks pada rekaman layar Anda. Ini akan membantu penonton Anda memahami dengan lebih baik apa yang sedang Anda tunjukkan dalam rekaman layar.

Merekam Layar HP Android dengan Sukses

Jika Anda menggunakan HP Android, ada beberapa hal khusus yang perlu Anda ketahui untuk merekam layar dengan sukses. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda merekam layar HP Android dengan baik:

Pastikan Versi Android Anda Mendukung Merekam Layar

Fitur merekam layar tidak tersedia di semua versi Android. Pastikan Anda menggunakan versi Android yang mendukung fitur merekam layar. Jika Anda menggunakan versi Android yang lebih lama, Anda mungkin perlu mengunduh aplikasi perekam layar dari Google Play Store.

Gunakan Opsi Merekam Layar di Pengaturan Cepat

Pada sebagian besar HP Android, Anda dapat mengakses opsi merekam layar melalui panel pengaturan cepat. Tarik ke bawah pada layar utama HP Anda untuk membuka panel pengaturan cepat, dan cari ikon merekam layar. Ketuk ikon ini untuk memulai merekam layar HP Anda dengan cepat dan mudah.

Gunakan Aplikasi Perekam Layar yang Kompatibel

Jika HP Android Anda tidak memiliki fitur bawaan yang memadai, Anda dapat mengunduh aplikasi perekam layar dari Google Play Store. Pastikan Anda memilih aplikasi perekam layar yang kompatibel dengan versi Android Anda dan memiliki fitur yang Anda butuhkan. Baca ulasan pengguna dan periksa rating aplikasi sebelum mengunduhnya.

Aktifkan Opsi Audio saat Merekam

Jika Anda ingin merekam suara yang keluar dari HP Anda selain tampilan layar, aktifkan opsi audio saat merekam. Beberapa aplikasi perekam layar memiliki opsi ini di pengaturan aplikasi. Pastikan Anda mengaktifkannya sebelum memulai merekam layar.

Lihat Juga:  Arti Reboot dan Pentingnya dalam Dunia Teknologi

Pertimbangkan Pengaturan Resolusi dan Kualitas

Saat merekam layar HP Android, Anda dapat mengatur resolusi dan kualitas rekaman. Pertimbangkan kebutuhan Anda dan spesifikasi HP Anda saat memilih pengaturan ini. Resolusi yang lebih tinggi akan menghasilkan rekaman yang lebih jelas, tetapi juga akan menghasilkan file yang lebih besar. Sesuaikan pengaturan ini sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Proses Rekaman Layar yang Panjang

Pastikan Anda memiliki daya baterai yang mencukupi saat merekam layar HP Android, terutama jika Anda berencana untuk merekam dalam waktu yang lama. Merekam layar secara terus-menerus dapat menguras daya baterai dengan cepat. Jika perlu, sambungkan HP Anda ke sumber daya atau pastikan Anda memiliki daya baterai yang cukup sebelum memulai merekam layar.

Merekam Layar HP iPhone dengan Benar

Jika Anda menggunakan iPhone, ada beberapa langkah dan tips yang perlu Anda ikuti untuk merekam layar dengan benar. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merekam layar HP iPhone dengan baik:

Aktifkan Tombol Perekaman Layar di Pusat Kontrol

Pertama, pastikan tombol perekaman layar telah diaktifkan di pusat kontrol iPhone Anda. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk “Pusat Kontrol”, lalu pilih “Kustomisasi Kontrol”. Di sana, tambahkan opsi “Perekam Layar” ke pusat kontrol Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengakses tombol perekaman layar dengan mudah melalui pusat kontrol iPhone Anda.

Gunakan Perekam Layar di Pusat Kontrol

Setelah tombol perekaman layar diaktifkan, Anda dapat mengaksesnya dengan menggeser ke bawah pada layar utama iPhone Anda untuk membuka pusat kontrol. Di pusat kontrol, Anda akan melihat ikon perekaman layar berupa lingkaran dengan tanda titik di dalamnya. Ketuk ikon ini untuk memulai merekam layar iPhone Anda.

Perhatikan Batasan Perekaman Layar di iPhone

Perlu diingat bahwa perekaman layar di iPhone memiliki beberapa batasan. Misalnya, Anda tidak dapat merekam suara yang keluar dari iPhone saat merekam layar menggunakan perekam bawaan. Namun, Anda masih dapat merekam suara dengan menggunakan mikrofon eksternal atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung merekam suara.

Pilih Opsi Tampilan Layar Penuh atau Tampilan Aplikasi Tertentu

Saat merekam layar iPhone, Anda dapat memilih untuk merekam seluruh tampilan layar atau hanya tampilan aplikasi tertentu. Jika Anda ingin merekam seluruh tampilan layar, cukup ketuk ikon perekaman layar di pusat kontrol. Namun, jika Anda ingin merekam tampilan aplikasi tertentu, tahan lama ikon perekaman layar, lalu pilih “Merekam Aplikasi” dan pilih aplikasi yang ingin Anda rekam.

Pengendalian Rekaman Layar dengan Pusat Kontrol

Selama proses merekam layar, Anda dapat mengendalikan rekaman menggunakan pusat kontrol. Anda dapat menekan tombol perekaman layar untuk menghentikan atau melanjutkan rekaman, atau Anda dapat menekan dan tahan tombol perekaman layar untuk menghentikan rekaman dan menyimpannya sebagai file video.

Merekam Layar HP Samsung dengan Tambahannya

Jika Anda menggunakan HP Samsung, ada beberapa opsi tambahan yang dapat Anda manfaatkan saat merekam layar. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merekam layar HP Samsung dengan baik:

Gunakan Opsi Perekam Layar di Panel Notifikasi

HP Samsung umumnya memiliki opsi perekam layar yang dapat diakses melalui panel notifikasi. Untuk mengaksesnya, tarik ke bawah pada layar utama HP Anda untuk membuka panel notifikasi, lalu cari ikon perekam layar. Ketuk ikon ini untuk memulai merekam layar HP Samsung Anda.

Pilih Opsi Perekaman Layar yang Diinginkan

Saat Anda menggunakan opsi perekam layar di HP Samsung, Anda akan melihat beberapa opsi tambahan yang dapat Anda pilih. Misalnya, Anda dapat memilih untuk merekam suara internal, merekam suara eksternal melalui mikrofon, atau mengatur resolusi dan kualitas rekaman. Sesuaikan opsi ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Gunakan Penunjuk dan Fitur Tambahan

HP Samsung sering kali dilengkapi dengan fitur tambahan seperti penunjuk atau marka layar yang dapat Anda gunakan saat merekam layar. Beberapa aplikasi perekam layar Samsung juga memiliki fitur tambahan seperti perekam wajah, perekam suara, atau opsi anotasi. Gunakan fitur-fitur ini untuk meningkatkan kualitas dan kejelasan rekaman layar Anda.

Merekam Layar HP Xiaomi dengan Mudah

Jika Anda menggunakan HP Xiaomi, merekam layar juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur bawaan. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk merekam layar HP Xiaomi dengan baik:

Akses Opsi Perekam Layar di Pusat Kontrol

HP Xiaomi memiliki opsi perekam layar yang dapat diakses melalui pusat kontrol. Untuk mengaksesnya, geser ke bawah pada layar utama HP Anda untuk membuka pusat kontrol, lalu cari ikon perekam layar. Ketuk ikon ini untuk memulai merekam layar HP Xiaomi Anda.

Pilih Opsi Perekaman Layar yang Diinginkan

Saat Anda menggunakan opsi perekam layar di HP Xiaomi, Anda akan melihat beberapa opsi tambahan yang dapat Anda pilih. Misalnya, Anda dapat memilih untuk merekam suara internal, merekam suara eksternal melalui mikrofon, atau mengatur resolusi dan kualitas rekaman. Sesuaikan opsi ini sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Gunakan Fitur Anotasi dan Penunjuk

HP Xiaomi juga dilengkapi dengan fitur anotasi dan penunjuk yang dapat Anda gunakan saat merekam layar. Anda dapat menambahkan teks, panah, atau garis pada rekaman layar Anda untuk menjelaskan dengan lebih baik. Gunakan fitur-fitur ini untuk meningkatkan kualitas dan kejelasan rekaman layar Anda.

Kesimpulan

Merekam layar HP adalah fitur yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara merekam layar HP Anda. Kami telah membahas metode yang umum digunakan, baik menggunakan tombol fisik, fitur bawaan, maupun aplikasi pihak ketiga. Kami juga memberikan tips dan trik untuk merekam layar HP Android, iPhone, Samsung, dan Xiaomi. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah merekam layar HP Anda dan menghasilkan rekaman yang berkualitas tinggi.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan umum. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang mungkin timbul akibatpenggunaan metode atau aplikasi yang dijelaskan di atas. Pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen dan memahami risiko yang terkait sebelum merekam layar HP Anda.

Ingatlah juga bahwa merekam layar HP dapat melibatkan privasi orang lain atau melanggar hak cipta. Pastikan untuk selalu mematuhi hukum dan etika yang berlaku saat merekam layar HP Anda. Jangan merekam atau membagikan konten yang melanggar privasi orang lain atau melanggar hak cipta.

Terakhir, hasil rekaman layar Anda mungkin akan lebih baik dengan latihan dan eksperimen. Cobalah berbagai metode dan aplikasi perekam layar yang tersedia, dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jangan takut untuk berkreasi dan menghasilkan rekaman layar yang unik dan informatif.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam merekam layar HP Anda. Selamat mencoba dan selamat merekam!

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *