Cara Membuat Story di Telegram Android dan iPhone: Panduan Lengkap

oleh Admin Funwithaileen.com

Telegram adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer di kalangan pengguna Android dan iPhone. Selain memiliki fitur pesan teks dan panggilan suara, Telegram juga menyediakan fitur Story yang mirip dengan yang ada di media sosial lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat story di Telegram untuk pengguna Android dan iPhone.

Pengenalan

Story adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan momen dalam bentuk foto atau video yang akan muncul selama beberapa detik sebelum menghilang. Fitur ini populer di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Snapchat. Telegram juga tidak ketinggalan dengan menghadirkan fitur Story yang memungkinkan pengguna untuk berbagi momen dengan teman-teman mereka dalam aplikasi.

Dengan fitur Story di Telegram, Anda dapat mengunggah foto atau video singkat, menambahkan teks atau stiker, dan membagikannya dengan teman-teman Anda. Fitur ini menyediakan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan teman-teman Anda dan memperlihatkan momen spesial dalam hidup Anda.

Kelebihan Fitur Story di Telegram

Fitur Story di Telegram memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan fitur serupa di platform media sosial lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan fitur Story di Telegram:

1. Privasi yang lebih baik: Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat story Anda di Telegram. Anda dapat memilih untuk membagikan story hanya dengan kontak terpilih atau dengan semua kontak Anda. Ini memberikan Anda kendali penuh atas privasi dan siapa yang dapat melihat momen Anda.

2. Konten yang lebih tahan lama: Story di Telegram tidak memiliki batasan waktu tampilan seperti di platform media sosial lainnya. Story Anda akan tetap ada di aplikasi Telegram selama 24 jam sebelum menghilang. Ini memberi kesempatan bagi teman-teman Anda yang melewatkan story Anda untuk melihatnya kemudian.

3. Kemudahan berbagi: Anda dapat dengan mudah membagikan story Anda dengan teman-teman di Telegram. Selain itu, Anda juga dapat membagikan story ke media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Ini memungkinkan Anda untuk menjangkau lebih banyak orang dan memperluas jangkauan story Anda.

Persyaratan dan Persiapan

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur Story di Telegram, ada beberapa persyaratan dan persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah persyaratan dan persiapan yang perlu Anda perhatikan:

1. Memiliki aplikasi Telegram yang terbaru: Pastikan Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi Telegram di perangkat Android atau iPhone Anda. Jika belum, perbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru sebelum melanjutkan.

2. Masuk ke akun Telegram Anda: Pastikan Anda sudah masuk ke akun Telegram Anda di perangkat Android atau iPhone Anda. Jika belum, buka aplikasi Telegram dan masuk menggunakan nomor telepon yang terdaftar.

Lihat Juga:  Kode Cek HP Vivo: Cara Mengecek Spesifikasi dan Informasi Lengkap

3. Mengizinkan akses kamera dan galeri: Pastikan Anda telah memberikan izin akses kamera dan galeri kepada aplikasi Telegram. Hal ini diperlukan agar Anda dapat mengambil foto atau video, serta mengakses foto atau video yang sudah ada di galeri perangkat Anda.

Cara Membuat Story di Telegram Android dan iPhone

Setelah Anda memenuhi persyaratan dan persiapan yang disebutkan di atas, Anda siap untuk membuat story di Telegram. Berikut adalah langkah-langkah lengkap tentang cara membuat story di Telegram untuk pengguna Android dan iPhone:

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram

Pertama, buka aplikasi Telegram di perangkat Android atau iPhone Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Telegram Anda sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Pilih Tab “Story”

Setelah masuk ke akun Telegram Anda, cari dan pilih tab “Story” di bagian bawah layar. Tab ini memiliki ikon yang mirip dengan kamera, yang menunjukkan bahwa ini adalah tempat untuk membuat story di Telegram.

Langkah 3: Tambahkan Story Baru

Setelah masuk ke tab “Story”, Anda akan melihat daftar story yang sudah ada. Untuk membuat story baru, ketuk tombol “Tambahkan Story Baru” yang terletak di bagian bawah layar. Tombol ini biasanya berbentuk ikon plus (+) atau kamera.

Langkah 4: Ambil Foto atau Rekam Video

Setelah memilih “Tambahkan Story Baru”, Anda akan diarahkan ke kamera aplikasi Telegram. Di sini, Anda dapat mengambil foto atau merekam video untuk ditambahkan ke story. Tekan tombol kamera untuk mengambil foto atau tombol rekam untuk mulai merekam video.

Langkah 5: Tambahkan Teks, Stiker, atau Gambar Lainnya

Setelah mengambil foto atau merekam video, Anda dapat menambahkan teks, stiker, atau gambar lainnya ke dalam story. Tekan ikon teks untuk menambahkan teks, ikon stiker untuk menambahkan stiker, atau ikon gambar untuk menambahkan gambar lainnya. Anda juga dapat memilih foto atau video dari galeri perangkat Anda dengan memilih ikon galeri.

Langkah 6: Atur Durasi Tampilan Story

Selanjutnya, Anda dapat mengatur durasi tampilan story di Telegram. Durasi tampilan story adalah waktu dalam detik di mana story Anda akan ditampilkan kepada pengguna lain sebelum menghilang. Ketuk ikon durasi tampilan untuk mengatur waktu yang diinginkan.

Langkah 7: Kirim atau Bagikan Story

Setelah Anda selesai mengedit story, pilih tombol “Kirim” atau “Bagikan” untuk membagikan story Anda kepada pengguna lain di Telegram. Setelah dikirim, story Anda akan ditampilkan di tab “Story” untuk jangka waktu yang telah Anda atur sebelumnya.

Melihat dan Menghapus Story di Telegram

Setelah Anda membuat story di Telegram, Anda dapat melihat dan menghapus story tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat dan menghapus story di Telegram:

Melihat Story di Telegram

Untuk melihat story yang sudah Anda buat di Telegram, buka tab “Story” di aplikasi Telegram. Di sini, Anda akan melihat daftar story yang sudah Anda tambahkan. Anda dapat menggulir ke bawah untuk melihat story lebih lanjut dan mengklik story untuk melihatnya dalam tampilan penuh.

Menghapus Story di Telegram

Jika Anda ingin menghapus story yang sudah Anda buat di Telegram, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Story yang Ingin Dihapus

Pertama, buka tab “Story” di aplikasi Telegram dan cari story yang ingin Anda hapus. Tekan story tersebut untuk membukanya dalam tampilan penuh.

Lihat Juga:  Cara Mudah Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Langkah 2: Hapus Story

Setelah membuka story dalam tampilan penuh, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas story. Pilih opsi “Hapus” atau “Hapus Story” untuk menghapus story dari aplikasi Telegram. Setelah dihapus, story tidak akan lagi ditampilkan di tab “Story”.

Tips dan Trik Menggunakan Fitur Story di Telegram

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menggunakan fitur Story di Telegram dengan lebih baik:

1. Gunakan Filter dan Efek Kreatif

Telegram menyediakan berbagai filter dan efek kreatif yang dapat Anda gunakan untuk mengubah penampilan foto atau video dalam story Anda. Cobalah eksplorasi filter dan efek ini untuk memberikan sentuhan kreatif pada story Anda.

2. Gunakan Stiker yang Menarik

Telegram memiliki koleksi stiker yang lengkap dan menarik. Gunakan stiker-stiker ini untuk men

2. Gunakan Stiker yang Menarik (lanjutan)

Telegram memiliki koleksi stiker yang lengkap dan menarik. Gunakan stiker-stiker ini untuk menambahkan keceriaan dan ekspresi dalam story Anda. Pilihlah stiker yang sesuai dengan tema atau suasana yang ingin Anda sampaikan dalam story Anda.

3. Beri Keterangan atau Cerita Singkat

Untuk membuat story Anda lebih menarik dan informatif, tambahkan keterangan atau cerita singkat yang relevan dengan foto atau video yang Anda bagikan. Cerita singkat ini dapat memberikan konteks dan membuat teman-teman Anda lebih terlibat dalam melihat story Anda.

4. Manfaatkan Fitur Penyaringan Konten

Telegram memiliki fitur penyaringan konten yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol jenis konten yang ingin Anda lihat dalam story teman-teman Anda. Anda dapat mengatur preferensi konten yang ingin ditampilkan dalam pengaturan akun Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki pengalaman yang lebih aman dan nyaman saat menggunakan fitur Story di Telegram.

5. Interaksi dengan Pengguna Lain

Gunakan fitur komentar atau pesan langsung di Telegram untuk berinteraksi dengan pengguna lain yang melihat story Anda. Anda dapat membalas komentar atau pesan yang diterima dengan cepat dan memberikan apresiasi kepada teman-teman yang melihat story Anda. Ini dapat memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan keterlibatan dengan teman-teman Anda di Telegram.

Disclaimer

Informasi yang disampaikan dalam artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan dan referensi. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan yang salah atau tidak cocok dari informasi ini. Pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Telegram Anda ke versi terbaru dan mengikuti panduan resmi dari Telegram untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal.

Gunakan fitur Story di Telegram dengan bijak dan dengan memperhatikan privasi dan kepentingan Anda sendiri. Selalu ingat untuk menghormati hak privasi dan keinginan teman-teman Anda saat menggunakan fitur ini.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah membuat story di Telegram untuk membagikan momen spesial dalam hidup Anda dengan teman-teman Anda. Nikmati fitur Story di Telegram dan berinteraksilah dengan teman-teman Anda dengan lebih menyenangkan melalui momen-momen yang Anda bagikan.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *