Cara Membuat Shortcut di Desktop Windows 11: Panduan Lengkap

oleh Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda baru saja beralih ke Windows 11 dan ingin tahu bagaimana cara membuat shortcut di desktop? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat shortcut di desktop Windows 11. Dalam artikel ini, Anda akan belajar langkah-langkah yang mudah diikuti untuk membuat shortcut yang dapat memudahkan akses ke program, folder, atau file yang sering Anda gunakan. Selain itu, artikel ini juga akan memberikan tips untuk mengoptimalkan penggunaan shortcut di desktop Windows 11 agar lebih efisien dan produktif.

Windows 11 menawarkan berbagai fitur baru dan peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk membuat shortcut di desktop dengan mudah. Dengan adanya shortcut di desktop, Anda dapat dengan cepat mengakses program atau file yang penting bagi Anda. Anda bahkan dapat mengatur shortcut dalam grup-grup tertentu untuk memudahkan pengorganisasian desktop Anda.

Cara Membuat Shortcut di Desktop Windows 11

Sebelum kita mulai, mari kita jelaskan langkah-langkah untuk membuat shortcut di desktop Windows 11:

Langkah 1: Buka Menu Start

Langkah pertama dalam membuat shortcut di desktop Windows 11 adalah membuka Menu Start. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon Windows yang terletak di pojok kiri bawah layar. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan tombol Windows pada keyboard.

Langkah 2: Cari Program atau File yang Ingin Anda Buat Shortcutnya

Setelah membuka Menu Start, langkah selanjutnya adalah mencari program atau file yang ingin Anda buat shortcutnya. Anda dapat menggunakan kotak pencarian untuk mengetikkan nama program atau file yang ingin Anda temukan. Atau, Anda dapat melihat daftar program dan file yang tersedia dengan menggulir melalui menu Start.

Langkah 3: Klik Kanan pada Program atau File

Setelah menemukan program atau file yang ingin Anda buat shortcutnya, klik kanan pada ikon program atau file tersebut. Ini akan membuka menu konteks dengan berbagai opsi yang tersedia.

Langkah 4: Pilih “Buat Shortcut”

Dalam menu konteks, cari opsi yang bertuliskan “Buat Shortcut” dan klik pada opsi tersebut. Dengan mengklik opsi ini, Anda akan membuat shortcut baru untuk program atau file yang Anda pilih.

Langkah 5: Pindahkan Shortcut ke Desktop

Setelah membuat shortcut baru, langkah berikutnya adalah memindahkan shortcut tersebut ke desktop. Anda dapat melakukannya dengan mengklik dan menahan shortcut, lalu menyeretnya ke posisi yang diinginkan di desktop. Selain itu, Anda juga dapat mengklik kanan pada shortcut dan memilih opsi “Kirim ke” kemudian pilih “Desktop (Buat shortcut)” untuk memindahkan shortcut ke desktop.

Lihat Juga:  Cara Memperpanjang Masa Aktif XL: Panduan Lengkap

Langkah 6: Mengatur Nama dan Ikon Shortcut

Setelah shortcut berada di desktop, Anda dapat mengklik kanan pada shortcut tersebut untuk mengatur nama dan ikonnya. Untuk mengubah nama shortcut, pilih opsi “Ubah Nama” dan masukkan nama yang diinginkan. Selain itu, jika Anda ingin mengubah ikon shortcut, pilih opsi “Ubah Ikon” dan pilih ikon yang sesuai dari daftar yang tersedia.

Langkah 7: Membuat Grup Shortcut

Windows 11 memungkinkan Anda untuk mengatur shortcut di desktop dalam grup-grup tertentu. Dengan membuat grup shortcut, Anda dapat memudahkan pengorganisasian dan akses ke program atau file yang serupa. Untuk membuat grup shortcut, Anda dapat membuat folder baru di desktop dengan mengklik kanan pada area kosong di desktop, memilih opsi “Baru” kemudian “Folder”. Setelah itu, beri nama folder sesuai dengan kategori atau fungsi grup shortcut yang ingin Anda buat. Setelah folder dibuat, Anda dapat menyeret shortcut ke dalam folder tersebut untuk mengelompokkannya.

Langkah 8: Membuat Shortcut dengan Kombinasi Tombol

Selain membuat shortcut dengan mengklik kanan pada program atau file, Windows 11 juga memungkinkan Anda untuk membuat shortcut menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Misalnya, Anda dapat membuat shortcut untuk membuka File Explorer dengan menekan tombol Windows + E secara bersamaan. Untuk membuat shortcut dengan kombinasi tombol, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik Kanan pada Shortcut yang Ingin Anda Tambahkan Kombinasi Tombol

Pertama, klik kanan pada shortcut yang ingin Anda tambahkan kombinasi tombolnya. Ini akan membuka menu konteks dengan berbagai opsi.

2. Pilih “Properti”

Dalam menu konteks, pilih opsi “Properti”. Ini akan membuka jendela properti untuk shortcut yang dipilih.

3. Pilih Tab “Pintasan”

Di jendela properti, pilih tab “Pintasan”. Tab ini berisi pengaturan untuk shortcut yang dipilih, termasuk kombinasi tombol.

4. Klik Kotak “Tombol Pintas”

Di bagian atas jendela properti, klik kotak “Tombol Pintas”. Ini akan mengaktifkan kotak teks untuk memasukkan kombinasi tombol pintas baru.

5. Masukkan Kombinasi Tombol yang Diinginkan

Setelah kotak teks aktif, tekan kombinasi tombol yang ingin Anda gunakan untuk shortcut. Misalnya, untuk membuka File Explorer, Anda dapat menekan tombol Windows + E. Setelah memasukkan kombinasi tombol, tekan tombol “Terapkan” untuk menyimpan pengaturan.

6. Klik “OK”

Terakhir, klik tombol “OK” untuk menutup jendela properti dan menyimpan kombinasi tombol pintas yang baru Anda buat.

Langkah 9: Menghapus Shortcut

Jika Anda ingin menghapus shortcut dari desktop, Windows 11 menyediakan cara yang mudah untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus shortcut:

1. Klik Kanan pada Shortcut yang Ingin Anda Hapus

Pertama, klik kanan pada shortcut yang ingin Anda hapus. Ini akan membuka menu konteks dengan berbagai opsi.

2. Pilih Opsi “Hapus”

Dalam menu konteks, pilih opsi “Hapus”. Ini akan menghapus shortcut dari desktop tanpa menghapus program atau file yang asli.

Langkah 10: Tips Mengoptimalkan Penggunaan Shortcut di Desktop Windows 11

Menggunakan shortcut di desktop Windows 11 dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan shortcut:

1. Buatlah Shortcut hanya untuk Program atau File yang Sering Anda Gunakan

Penting untuk hanya membuat shortcut untuk program atau file yang sering Anda gunakan. Dengan demikian, desktop Anda akan tetap terorganisir dan tidak penuh dengan shortcut yang tidak perlu.

2. Gunakan Ikon yang Mudah Dikenali

Memberikan ikon yang mudah dikenali untuk setiap shortcut dapat memudahkan Anda dalam mengidentifikasi program atau file yang terkait. Anda dapat menggunakan ikon default yang disediakan oleh Windows 11 atau mengubah ikon secara manual.

Lihat Juga:  Rumus Sum Excel: Cara Menggunakan dan Menerapkan di Spreadsheet Anda

3. Buat Grup-Grup Shortcut Berdasarkan Kategori atau Fungsi

Untuk memudahkan pengorganisasian, Anda dapat membuat grup-grup shortcut berdasarkan kategori atau fungsi. Misalnya, Anda dapat membuat grup shortcut untuk program-program produktivitas, grup untuk game, atau grup untuk file-file penting.

4. Pelajari Kombinasi Tombol Pintas yang Berguna

Windows 11 menawarkan berbagai kombinasi tombol pintas yang berguna untuk membuka program atau file dengan cepat. Misalnya, tombol pintas Windows + E untuk membuka File Explorer. Pelajari kombinasi tombol pintasyang berguna dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan menguasai kombinasi tombol pintas, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengakses program atau file yang sering digunakan.

5. Hapus Shortcut yang Tidak Diperlukan

Secara berkala, periksalah shortcut di desktop Anda dan hapuslah yang tidak lagi Anda butuhkan. Hal ini akan menjaga desktop tetap rapi dan terorganisir, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan shortcut yang benar-benar penting.

6. Buat Shortcut untuk Fungsi-Fungsi Sistem

Selain membuat shortcut untuk program atau file, Anda juga dapat membuat shortcut untuk fungsi-fungsi sistem yang sering digunakan. Misalnya, Anda dapat membuat shortcut untuk membuka Pengaturan, Menutup Komputer, atau mengatur Kecerahan Layar. Ini akan memudahkan akses ke fungsi-fungsi penting tanpa harus mencarinya melalui menu Start atau Pengaturan.

7. Gunakan Pencarian untuk Mencari Shortcut

Jika desktop Anda memiliki banyak shortcut, menggunakan fungsi pencarian di Windows 11 dapat menjadi cara yang efisien untuk menemukan shortcut yang Anda butuhkan. Cukup tekan tombol Windows pada keyboard, lalu mulailah mengetik nama program atau file yang ingin Anda akses. Windows akan menampilkan hasil pencarian yang relevan, termasuk shortcut yang sesuai.

8. Buat Shortcut untuk Folder yang Sering Dibuka

Jika Anda sering membuka folder yang sama berulang kali, Anda dapat membuat shortcut langsung ke folder tersebut di desktop. Caranya adalah dengan membuka folder yang ingin Anda buat shortcutnya, lalu klik kanan pada area kosong di folder dan pilih opsi “Buat Shortcut”. Shortcut menuju folder akan langsung muncul di desktop, memudahkan akses ke folder tersebut.

9. Atur Shortcut dengan Urutan yang Tepat

Untuk memaksimalkan efisiensi dalam menggunakan shortcut di desktop, aturlah shortcut dengan urutan yang tepat. Letakkan shortcut yang paling sering digunakan di bagian atas desktop atau dalam grup-grup yang mudah diakses. Dengan demikian, Anda dapat dengan cepat menemukan dan membuka program atau file yang diperlukan.

10. Backup Shortcut Anda secara Berkala

Penting untuk melakukan backup shortcut Anda secara berkala, terutama jika Anda memiliki banyak shortcut yang penting. Hal ini akan melindungi Anda dari kehilangan shortcut jika terjadi kerusakan atau kegagalan sistem. Anda dapat melakukan backup dengan menyalin shortcut ke lokasi yang aman, seperti folder khusus pada drive eksternal atau penyimpanan cloud.

Disclaimer

Informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasional. Meskipun kami berusaha memberikan informasi yang akurat dan terkini, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun tentang kelengkapan, keandalan, atau keakuratan informasi yang disajikan. Setiap tindakan yang Anda ambil berdasarkan informasi dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul karena penggunaan informasi dalam artikel ini.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *