Cara Cek SSD Laptop: Panduan Lengkap dan Praktis

oleh Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda ingin memastikan apakah laptop Anda menggunakan SSD? SSD (Solid State Drive) adalah jenis penyimpanan data yang semakin populer saat ini karena kecepatan dan performanya yang lebih baik dibandingkan dengan HDD (Hard Disk Drive) tradisional. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara mengecek apakah laptop Anda menggunakan SSD. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci sehingga Anda dapat dengan mudah memverifikasi jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang apa itu SSD. SSD adalah jenis penyimpanan data non-volatile yang menggunakan memori flash untuk menyimpan data. Kecepatan baca dan tulis yang tinggi, keandalan yang baik, serta konsumsi daya yang rendah membuat SSD menjadi pilihan yang ideal untuk penggunaan laptop. Dengan menggunakan SSD, laptop Anda akan memiliki waktu booting yang lebih cepat, aplikasi yang lebih responsif, dan transfer data yang lebih cepat.

Panduan Lengkap: Cara Cek SSD Laptop

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memeriksa apakah laptop Anda menggunakan SSD:

1. Melalui Pengaturan Sistem

Anda dapat memeriksa jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda melalui pengaturan sistem. Caranya adalah:

a. Buka menu Pengaturan.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu Pengaturan di laptop Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon Pengaturan di menu Start atau menggunakan kombinasi tombol Windows + I.

b. Pilih opsi Sistem.

Setelah Anda membuka menu Pengaturan, cari dan klik opsi “Sistem”. Opsi ini akan membuka pengaturan sistem yang berhubungan dengan perangkat keras dan perangkat lunak di laptop Anda.

c. Klik opsi Penyimpanan.

Di dalam menu Sistem, cari dan klik opsi “Penyimpanan”. Opsi ini akan menampilkan informasi tentang penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda.

d. Periksa jenis penyimpanan data.

Di bagian Penyimpanan, Anda akan melihat informasi tentang jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda. Jika laptop Anda menggunakan SSD, informasi yang ditampilkan akan mencantumkan “Solid State Drive” atau “SSD”.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda lebih suka menggunakan Command Prompt, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk memeriksa jenis penyimpanan data:

a. Buka Command Prompt.

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt di laptop Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.

b. Ketik perintah “wmic diskdrive get model”

Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “wmic diskdrive get model” tanpa tanda kutip. Kemudian tekan Enter.

c. Periksa hasilnya.

Perintah di atas akan menghasilkan daftar model penyimpanan data yang terpasang di laptop Anda. Jika Anda melihat model yang mencantumkan “SSD” di dalamnya, itu berarti laptop Anda menggunakan SSD.

3. Melalui Device Manager

Device Manager adalah alat yang terintegrasi dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda untuk mengelola perangkat keras di laptop Anda. Anda dapat menggunakan Device Manager untuk memeriksa jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda:

a. Buka Device Manager.

Untuk membuka Device Manager, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + X dan pilih opsi “Device Manager” dari menu yang muncul. Alternatifnya, Anda juga dapat mencarinya di menu Start.

b. Cari dan klik opsi “Disk drives”.

Ketika Device Manager terbuka, cari dan klik opsi “Disk drives” untuk melihat daftar perangkat penyimpanan data yang terpasang di laptop Anda.

c. Periksa jenis penyimpanan data.

Di dalam daftar “Disk drives”, Anda akan melihat model dan jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda. Jika Anda melihat model yang mencantumkan “SSD” di dalamnya, itu berarti laptop Anda menggunakan SSD.

Lihat Juga:  Web Browser Tercepat dan Terbaik untuk Pengalaman Browsing yang Lebih Baik

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan pengaturan sistem atau Command Prompt, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa jenis penyimpanan data. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah:

a. CrystalDiskInfo

CrystalDiskInfo adalah aplikasi gratis yang dapat memberikan informasi terperinci tentang kesehatan dan performa hard drive atau SSD di laptop Anda. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs resmi CrystalDiskInfo.

b. HWiNFO

HWiNFO adalah aplikasi yang menyediakan informasi terperinci tentang perangkat keras di laptop Anda, termasuk jenis penyimpanan data yang digunakan. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs resmi HWiNFO.

c. Speccy

Speccy adalah aplikasi lain yang memberikan informasi lengkap tentang perangkat keras di laptop Anda, termasuk jenis penyimpanan data. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs resmi Speccy.

5. Memeriksa Fisik Laptop

Jika Anda ingin memastikan secara fisik apakah laptop Anda menggunakan SSD, Anda dapat membuka casing laptop dan mencari tahu jenis penyimpanan data yang digunakan. Namun, perlu diingat bahwa membuka casing laptop dapat menyebabkan kehilangan garansi dan dapat berisiko jika Anda tidak berpengalaman dalam perbaikan laptop.

a. Matikan laptop dan lepaskan kabel daya.

Sebelum membuka casing laptop, pastikan Anda telah mematikan laptop dan melepaskan kabel daya serta baterai jika laptop Anda memiliki baterai yang dapat dilepas.

b. Buka casing laptop.

Setelah laptop dimatikan dan tidak ada sumber daya yang terhubung, Anda dapat membuka casing laptop dengan menggunakan obeng atau alat yang sesuai. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang disediakan oleh produsen laptop Anda.

c. Cari dan periksa perangkat penyimpanan data.

Setelah casing laptop terbuka, cari dan periksa perangkat penyimpanan data yang terpasang di laptop Anda. SSD biasanya lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan dengan HDD tradisional. Jika Anda melihat perangkat penyimpanan data yang mencantumkan “SSD” di atasnya, itu berarti laptop Anda menggunakan SSD.

6. Mengecek Spesifikasi Laptop

Anda juga dapat memeriksa spesifikasi laptop Anda untuk mengetahui jenis penyimpanan data yang digunakan. Caranya adalah:

a. Buka menu Start dan cari “System Information”.

Langkah pertama adalah membuka menu Start di laptop Anda dan mencari aplikasi “System Information”. Anda dapat mengetikkan “System Information” di kotak pencarian atau mencarinya di dalam menu “Windows Accessories”.

b. Buka aplikasi “System Information”.

Setelah Anda menemukan aplikasi “System Information”, klik untuk membukanya. Aplikasi ini akan menampilkan informasi lengkap tentang spesifikasi laptop Anda.

c. Cari informasi tentang penyimpanan data.

Di dalam aplikasi “System Information”, cari dan klik opsi “Components” di panel sebelah kiri. Kemudian, cari dan klik opsi “Storage” atau “Disk”. Di sini, Anda akan melihat informasi tentang jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda.

7. Menyimak Performa Laptop

Salah satu cara sederhana untuk memeriksa apakah laptop Anda menggunakan SSD adalah dengan melihat performanya. SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan HDD, sehingga laptop dengan SSD biasanya memiliki waktu booting yang lebih cepat dan aplikasi yang lebih responsif.

a. Perhatikan waktu booting.

Jika laptop Anda menggunakan SSD, Anda akan melihat bahwa waktu booting laptop lebih cepat daripada laptop yang menggunakan HDD. SSD memungkinkan sistem operasi untuk memuat lebih cepat, sehingga laptop akan siap digunakan dalam waktu yang lebih singkat setelah dinyalakan.

b. Amati kecepatan akses data.

Saat Anda menggunakan laptop, perhatikan kecepatan akses data saat membuka aplikasi atau mengakses file. Jika laptop Anda menggunakan SSD, Anda akan melihat bahwa aplikasi terbuka lebih cepat dan transfer file berlangsung dengan kecepatan yang tinggi.

c. Tinjau responsifitas sistem.

SSD juga memberikan manfaat dalam hal responsifitas sistem secara keseluruhan. Laptop dengan SSD akan merespons perintah Anda dengan lebih cepat, menjalankan aplikasi dengan lancar, dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menunggu proses loading.

8. Mencari Informasi di Situs Produsen

Jika Anda masih meragukan apakah laptop Anda menggunakan SSD, Anda dapat mencari informasi di situs produsen laptop. Biasanya, produsen akan menyediakan informasi terperinci mengenai spesifikasi laptop mereka, termasuk jenis penyimpanan data yang digunakan.

Lihat Juga:  Pengenalan Rumus dan Fungsi di MS Excel: Panduan Lengkap

a. Kunjungi situs resmi produsen laptop.

Langkah pertama adalah mengunjungi situs resmi produsen laptop Anda. Cari halaman dukungan atau spesifikasi produk untuk laptop Anda.

b. Cari informasi tentang penyimpanan data.

Di halaman spesifikasi produk atau dukungan, cari informasi tentang jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda. Produsen biasanya akan mencantumkan informasi ini dengan jelas.

c. Telusuri forum pengguna.

Selain situs resmi produsen, Anda juga dapat mencari forum pengguna laptop Anda. Banyak pengguna yang berbagi informasi tentang spesifikasi dan pengalaman penggunaan laptop mereka. Cari thread atau posting yang membahas jenis penyimpanan data yang digunakan pada laptop Anda.

9. Menghubungi Dukungan Pelanggan

Jika semua langkah di atas belum memberikan jawaban yang jelas, Anda dapat menghubungi dukungan pelanggan produsen laptop Anda. Mereka akan dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan mengenai jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda.

a. Cari informasi kontak dukungan pelanggan.

Di situs resmi produsen laptop, cari informasi kontak dukungan pelanggan. Biasanya, terdapat nomor telepon, alamat email, atau formulir kontak yang dapat Anda gunakan untuk menghubungi mereka.

b. Ajukan pertanyaan Anda.

Hubungi dukungan pelanggan dan kemukakan pertanyaan Anda mengenai jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda. Berikan informasi yang relevan, seperti merek dan model laptop Anda, agar mereka dapat memberikan jawaban yang akurat.

c. Catat informasi yang diberikan.

Setelah berkomunikasi dengan dukungan pelanggan, catat informasi yang diberikan. Ini akan membantu Anda memverifikasi jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda.

10. Memeriksa dengan Software Benchmark

Anda juga dapat menggunakan software benchmark untuk memeriksa jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda. Software benchmark akan memberikan informasi terperinci mengenai performa laptop Anda, termasuk jenis penyimpanan data yang digunakan.

a. Pilih software benchmark yang dapat memeriksa penyimpanan data.

Ada banyak software benchmark yang dapat Anda gunakan, seperti CrystalDiskMark, AS SSD Benchmark, atau ATTO Disk Benchmark. Pilih salah satu software yang sesuai dengan preferensi Anda dan unduh dari situs resmi mereka.

b. Jalankan software benchmark.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal software benchmark yang dipilih, jalankan program tersebut di laptop Anda. Biasanya, software benchmark akan memulai proses pengujian secara otomatis.

c. Periksa hasil pengujian.

Setelah proses pengujian selesai, periksa hasil yang diberikan oleh software benchmark. Anda akan melihat informasi tentang jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda, termasuk kecepatan baca dan tulis yang diberikan oleh SSD jika laptop Anda menggunakan salah satu.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda akan dapat dengan mudah memeriksa jenis penyimpanan data yang digunakan oleh laptop Anda. Ingatlah bahwa SSD menjadi pilihan yang populer karena performanya yang lebih baik, tetapi harga per gigabyte biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan HDD tradisional. Pastikan Anda mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda sebelum memutuskan untuk membeli laptop dengan jenis penyimpanan data tertentu.

Disclaimer

Informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang mungkin timbul akibat penggunaan informasi ini. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan dengan hati-hati dan berhati-hati saat membuka casing laptop atau melakukan perubahan pada perangkat keras. Jika Anda memiliki keraguan atau kekhawatiran, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli atau profesional dalam bidang ini. Penggunaan informasi ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *