Belajar Microsoft Excel: Panduan Lengkap untuk Pemula

Admin Funwithaileen.com

Apakah Anda ingin menguasai Microsoft Excel? Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara belajar Microsoft Excel dari awal. Mulai dari pengenalan dasar hingga fitur-fitur yang lebih kompleks, Anda akan mendapatkan pemahaman yang solid tentang penggunaan spreadsheet ini.

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet paling populer di dunia. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat mengatur data, melakukan perhitungan matematika, membuat grafik, dan banyak lagi. Baik Anda seorang profesional bisnis yang ingin mempelajari keterampilan baru atau seorang mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan akademik, belajar Microsoft Excel akan memberikan manfaat yang tak terhitung jumlahnya.

Pengenalan ke Microsoft Excel

Sebelum kita memulai perjalanan belajar kita, mari kita mulai dengan pengenalan singkat tentang Microsoft Excel. Dalam bab ini, Anda akan mempelajari apa itu Excel, mengapa penting untuk mempelajarinya, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Program ini memungkinkan Anda untuk membuat, mengelola, dan menganalisis data dalam format tabel. Excel sangat populer di berbagai bidang, termasuk bisnis, keuangan, akademik, dan administrasi. Dengan menggunakan Excel, Anda dapat mengatur data dengan rapi, melakukan perhitungan matematika, dan membuat grafik yang mudah dipahami.

Keuntungan Belajar Microsoft Excel

Belajar Microsoft Excel memiliki berbagai keuntungan. Pertama, Excel adalah program yang paling banyak digunakan di dunia dalam bidang spreadsheet. Dengan menguasai Excel, Anda akan memiliki keterampilan yang sangat berharga dan dapat diterapkan di berbagai jenis pekerjaan. Kedua, Excel memungkinkan Anda mengatur dan menganalisis data dengan efisien. Dalam dunia yang semakin terhubung dan berorientasi data, kemampuan untuk memanipulasi dan menganalisis data merupakan keahlian yang sangat dihargai.

Penggunaan Excel dalam Kehidupan Sehari-hari

Excel dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda dapat menggunakan Excel untuk mengatur anggaran keuangan pribadi, membuat jadwal kerja, atau melacak inventaris barang. Bagi pengusaha, Excel dapat digunakan untuk menganalisis data penjualan, mengelola stok barang, atau membuat laporan keuangan. Dalam dunia akademik, Excel dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematika yang rumit, membuat grafik untuk presentasi, atau mengelola data penelitian.

Mengenal Antarmuka Excel

Setelah memahami pengertian dan manfaat Excel, langkah selanjutnya adalah mengenal antarmuka pengguna Excel. Dalam sesi ini, kami akan membahas menu, toolbar, dan elemen-elemen penting lainnya yang akan membantu Anda beradaptasi dengan cepat dengan program ini.

Menu dan Toolbar Excel

Antarmuka Excel terdiri dari menu dan toolbar yang memberikan akses cepat ke berbagai fitur dan perintah di program ini. Menu terletak di bagian atas jendela Excel dan berisi kategori-kategori perintah seperti File, Edit, View, dan lain-lain. Toolbar terletak di bawah menu dan berisi ikon-ikon yang mewakili perintah-perintah umum seperti penyimpanan file, pemotongan, menyalin, dan menempelkan data, serta mengatur format tampilan.

Elemen Penting dalam Antarmuka Excel

Selain menu dan toolbar, ada juga beberapa elemen penting lainnya dalam antarmuka Excel yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah baris dan kolom dalam spreadsheet. Baris terletak secara horizontal dan diberi nomor dari atas ke bawah, sedangkan kolom terletak secara vertikal dan diberi huruf dari kiri ke kanan. Selain itu, ada juga sel, yang merupakan tempat Anda dapat memasukkan data atau formula. Sel dapat diidentifikasi dengan menggunakan kombinasi nomor baris dan huruf kolom.

Pengaturan Tampilan dan Skala

Excel memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan spreadsheet sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah ukuran kolom dan baris, mengganti font dan warna teks, serta menambahkan garis bantu untuk memudahkan pembacaan data. Selain itu, Anda juga dapat mengubah skala tampilan, misalnya dengan memperbesar atau memperkecil tampilan spreadsheet, sehingga semua data dapat terlihat dengan jelas.

Membuat dan Mengedit Spreadsheet

Setelah familiar dengan antarmuka Excel, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara membuat dan mengedit spreadsheet. Dalam sesi ini, Anda akan belajar cara membuat tabel, memasukkan data, serta menggunakan formula dan fungsi dasar yang tersedia di Excel.

Membuat Tabel dan Memformat

Pertama-tama, Anda perlu membuat tabel di Excel. Tabel adalah area tempat Anda dapat memasukkan data dan melakukan perhitungan. Anda dapat membuat tabel dengan mengklik pada sel pertama yang ingin Anda gunakan, lalu menyeret kursor ke sel terakhir yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, Anda dapat memformat tabel dengan menambahkan judul, memberi warna latar belakang, atau mengatur lebar kolom dan tinggi baris.

Memasukkan Data

Setelah membuat tabel, langkah selanjutnya adalah memasukkan data ke dalam tabel. Anda dapat memasukkan data dengan mengetik langsung di dalam sel atau menyalin dan menempelkan data dari sumber lain seperti dokumen teks atau lembar kerja lainnya. Jika Anda memiliki data yang lebih kompleks, Anda juga dapat mengimpor data dari file eksternal seperti file CSV atau database.

Menyusun dan Mengatur Data

Setelah memasukkan data, Anda perlu menyusun dan mengatur data dengan rapi. Excel menyediakan berbagai fitur yang memudahkan Anda dalam mengatur data. Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur filter untuk menyaring data berdasarkan kriteria tertentu, menggunakan fitur pengurutan untuk mengurutkan data secara ascending atau descending, atau menggunakan fitur pengelompokan untuk mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu.

Menggunakan Formula dan Fungsi

Salah satu fitur yang paling kuat dalam Excel adalah kemampuan untuk menggunakan formula dan fungsi. Formula adalah ekspresi matematika atau logika yang digunakan untuk menghitung nilai di dalam sel. Fungsi, di sisi lain, adalah formula yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Excel dan dapat digunakan untuk melakukan perhitungan yang kompleks dengan cepat. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan angka di dalam sel, fungsi AVERAGE untuk menghitung rata-rata, atau fungsi IF untuk melakukan kondisi logika.

Mengatur Data

Dalam sesi ini, Anda akan belajar cara mengatur data di Excel. Kami akan membahas penggunaan filter, pengurutan, dan pengelompokan data, yang akan membantu Anda menyusun dan menganalisis informasi dengan lebih efisien.

Menggunakan Fitur Filter

Filter adalah fitur yang memungkinkan Anda menyaring data berdasarkan kriteria tertentu. Dengan menggunakan filter, Anda dapat dengan mudah menampilkan hanya data yang memenuhi kriteria yang Anda tentukan. Misalnya, Anda dapat menyaring data penjualan berdasarkan tanggal, produk, atau wilayah geografis tertentu. Ini sangat berguna ketika Anda memiliki banyak data dan ingin fokus hanya pada informasi yang relevan.

Lihat Juga:  Cara Top Up Mobile Legends: Panduan Lengkap dan Praktis

Menggunakan Fitur Pengurutan

Pengurutan adalah fitur yang memungkinkan Anda mengurutkan data di dalam tabel. Anda dapat mengurutkan data secara ascending (dari terkecil ke terbesar) atau descending (dari terbesar ke terkecil) berdasarkan nilai di kolom tertentu. Misalnya, Anda dapat mengurutkan data penjualan berdasarkan jumlah penjualan daritertinggi ke terendah. Pengurutan ini memudahkan Anda dalam melihat data yang terurut dengan jelas dan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren atau pola yang mungkin ada dalam data tersebut.

Menggunakan Fitur Pengelompokan

Pengelompokan adalah fitur yang memungkinkan Anda mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki data penjualan per bulan selama beberapa tahun, Anda dapat mengelompokkan data berdasarkan tahun atau bulan untuk melihat total penjualan per periode. Pengelompokan ini memudahkan Anda dalam merangkum data dan membuat laporan yang lebih teratur dan mudah dipahami.

Membuat Grafik

Grafik adalah cara yang efektif untuk memvisualisasikan data di Excel. Dalam sesi ini, Anda akan belajar cara membuat grafik yang menarik dan informatif, serta cara mengubah dan memformatnya sesuai kebutuhan Anda.

Membuat Grafik Bar

Grafik bar adalah jenis grafik yang menunjukkan perbandingan antara kategori. Misalnya, Anda dapat menggunakan grafik bar untuk membandingkan penjualan produk di berbagai wilayah atau untuk membandingkan performa karyawan dalam tim. Dalam Excel, Anda dapat dengan mudah membuat grafik bar dengan memilih data yang ingin Anda visualisasikan dan memilih jenis grafik bar yang sesuai.

Membuat Grafik Line

Grafik line adalah jenis grafik yang menunjukkan perubahan nilai seiring waktu. Grafik line sangat berguna untuk melihat tren atau pola dalam data yang berkaitan dengan waktu. Misalnya, Anda dapat menggunakan grafik line untuk melihat perubahan harga saham dari waktu ke waktu atau untuk melihat pertumbuhan penjualan per bulan selama beberapa tahun. Dalam Excel, Anda dapat membuat grafik line dengan memilih data yang ingin Anda visualisasikan dan memilih jenis grafik line yang sesuai.

Membuat Grafik Pie

Grafik pie adalah jenis grafik yang menunjukkan proporsi atau persentase dari keseluruhan. Grafik pie sangat berguna untuk membandingkan bagian-bagian yang membentuk keseluruhan. Misalnya, Anda dapat menggunakan grafik pie untuk membandingkan pangsa pasar produk atau untuk melihat persentase pengeluaran dalam anggaran keuangan. Dalam Excel, Anda dapat membuat grafik pie dengan memilih data yang ingin Anda visualisasikan dan memilih jenis grafik pie yang sesuai.

Mengubah dan Memformat Grafik

Setelah Anda membuat grafik, Anda dapat mengubah dan memformatnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah warna, tipe garis, atau gaya grafik. Anda juga dapat menambahkan label, judul, atau keterangan pada grafik untuk membuatnya lebih informatif dan menarik. Excel menyediakan berbagai pilihan format grafik yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan grafik sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Menggunakan Fungsi Matematika

Excel menawarkan berbagai fungsi matematika yang kuat. Dalam sesi ini, Anda akan belajar cara menggunakan fungsi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta fungsi-fungsi matematika lainnya yang lebih kompleks.

Fungsi Penjumlahan

Fungsi penjumlahan adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan angka di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, jika Anda ingin menjumlahkan sejumlah angka dalam kolom, Anda dapat menggunakan fungsi SUM untuk secara otomatis menjumlahkannya. Anda juga dapat menggunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan angka di beberapa kolom atau di seluruh lembar kerja.

Fungsi Pengurangan

Fungsi pengurangan adalah fungsi yang digunakan untuk mengurangkan angka di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, jika Anda ingin mengurangkan angka dalam kolom, Anda dapat menggunakan fungsi SUBTRACT untuk secara otomatis menguranginya. Anda juga dapat menggunakan fungsi SUBTRACT untuk mengurangkan angka di beberapa kolom atau di seluruh lembar kerja.

Fungsi Perkalian

Fungsi perkalian adalah fungsi yang digunakan untuk mengalikan angka di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, jika Anda ingin mengalikan angka dalam kolom, Anda dapat menggunakan fungsi MULTIPLY untuk secara otomatis mengalikannya. Anda juga dapat menggunakan fungsi MULTIPLY untuk mengalikan angka di beberapa kolom atau di seluruh lembar kerja.

Fungsi Pembagian

Fungsi pembagian adalah fungsi yang digunakan untuk membagi angka di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, jika Anda ingin membagi angka dalam kolom, Anda dapat menggunakan fungsi DIVIDE untuk secara otomatis membaginya. Anda juga dapat menggunakan fungsi DIVIDE untuk membagi angka di beberapa kolom atau di seluruh lembar kerja.

Fungsi Matematika Lainnya

Selain fungsi-fungsi dasar di atas, Excel juga menyediakan berbagai fungsi matematika lainnya yang lebih kompleks. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi AVERAGE untuk menghitung rata-rata angka di dalam sel atau rentang sel, fungsi MAX untuk mencari nilai maksimum, atau fungsi MIN untuk mencari nilai minimum. Ada juga fungsi trigonometri, statistik, dan logika yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Analisis Data

Excel juga dapat digunakan untuk melakukan analisis data yang mendalam. Kami akan membahas cara menggunakan fitur PivotTable, filter lanjutan, dan alat analisis data lainnya yang akan membantu Anda dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada.

Menggunakan PivotTable

PivotTable adalah fitur yang memungkinkan Anda merangkum dan menganalisis data dengan cepat dan fleksibel. Dengan menggunakan PivotTable, Anda dapat mengubah tampilan dan struktur data Anda dengan mudah, membuat laporan yang terorganisir dan terurai, serta menemukan pola atau tren yang mungkin tidak terlihat sebelumnya. Anda dapat menggunakan PivotTable untuk merangkum data berdasarkan kategori tertentu, membuat grafik dinamis, atau menggali lebih dalam ke dalam data Anda.

Filter Lanjutan

Filter lanjutan adalah fitur yang memungkinkan Anda menyaring data dengan kriteria yang lebih kompleks. Dalam Excel, Anda dapat menggunakan filter lanjutan untuk menyaring data berdasarkan beberapa kriteria sekaligus. Misalnya, Anda dapat menyaring data penjualan berdasarkan produk, wilayah, dan periode waktu tertentu. Dengan filter lanjutan, Anda dapat dengan mudah mempersempit data yang ingin Anda analisis dan fokus pada informasi yang paling relevan.

Alat Analisis Data Lainnya

Selain PivotTable dan filter lanjutan, Excel juga menyediakan berbagai alat analisis data lainnya yang dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan berdasarkan data. Misalnya, Anda dapat menggunakan alat Goal Seek untuk mencari nilai yang ingin dicapai berdasarkan perubahan parameter, atau alat Solver untuk menemukan solusi optimal dalam masalah optimasi. Excel juga menyediakan alat analisis statistik seperti regresi, korelasi, dan uji hipotesis yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel dalam data Anda.

Membuat Rumus Lebih Lanjut

Kami akan membahas rumus Excel yang lebih kompleks, termasuk rumus logika, rumus teks, dan rumus tanggal. Anda akan belajar cara menggunakan rumus ini untuk menghitung dan memanipulasi data secara lebih efisien.

Rumus Logika

Rumus logika adalah rumus yang digunakan untuk melakukan evaluasi logika terhadap nilai-nilai di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus IF untuk menentukan tindakan yang akan diambil berdasarkan kondisi tertentu. Rumus IF dapat digunakan untuk mengambil keputusan berdasarkan logika “jika benar, lakukan ini; jika salah, lakukan itu”. Anda juga dapat menggunakan rumus AND, OR, atau NOT untuk membuat evaluasi logika yang lebih kompleksatau kombinasi dari beberapa kondisi.

Lihat Juga:  Cara Membuat Filter di Excel: Panduan Lengkap

Rumus Teks

Rumus teks adalah rumus yang digunakan untuk memanipulasi data teks di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus CONCATENATE untuk menggabungkan beberapa teks menjadi satu, rumus LEFT untuk mengambil sebagian teks dari sebelah kiri, atau rumus LEN untuk menghitung jumlah karakter dalam teks. Rumus teks ini memungkinkan Anda untuk melakukan manipulasi dan pengolahan data teks dengan lebih fleksibel dan efisien.

Rumus Tanggal

Rumus tanggal adalah rumus yang digunakan untuk melakukan perhitungan dan manipulasi terhadap data tanggal dan waktu di dalam sel atau rentang sel. Misalnya, Anda dapat menggunakan rumus TODAY untuk menampilkan tanggal hari ini, rumus DATE untuk membuat tanggal berdasarkan tahun, bulan, dan hari tertentu, atau rumus DATEDIF untuk menghitung selisih antara dua tanggal. Rumus tanggal ini memungkinkan Anda untuk melakukan perhitungan dan analisis berdasarkan aspek waktu dalam data Anda.

Membuat Makro

Makro adalah serangkaian instruksi yang dapat Anda rekam dan jalankan secara otomatis di Excel. Dalam sesi ini, Anda akan belajar cara membuat dan menggunakan makro untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang di Excel.

Merekam Makro

Langkah pertama dalam membuat makro adalah merekamnya. Anda dapat merekam setiap tindakan yang Anda lakukan di Excel, seperti memasukkan data, mengatur format, atau menjalankan rumus. Setelah merekam makro, Excel akan menyimpan serangkaian instruksi tersebut sebagai makro yang dapat Anda jalankan kapan saja dengan sekali klik.

Mengedit dan Menjalankan Makro

Setelah merekam makro, Anda dapat mengeditnya sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menambah, menghapus, atau mengubah instruksi yang ada dalam makro. Anda juga dapat memberikan nama dan tombol pintas untuk makro tersebut agar lebih mudah diakses. Setelah mengedit makro, Anda dapat menjalankannya dengan sekali klik atau menggunakan tombol pintas yang telah Anda tetapkan.

Penggunaan Makro dalam Otomatisasi Tugas

Makro sangat berguna dalam mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang di Excel. Misalnya, Anda dapat membuat makro untuk mengatur format laporan secara otomatis, menghitung data dengan rumus tertentu, atau memfilter dan menyaring data berdasarkan kriteria tertentu. Dengan menggunakan makro, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam menjalankan tugas-tugas yang sama berulang kali.

Berbagi dan Kolaborasi

Excel menyediakan fitur berbagi dan kolaborasi yang memungkinkan Anda bekerja bersama dengan orang lain dalam satu spreadsheet. Kami akan memandu Anda melalui cara berbagi spreadsheet, memberikan izin akses, dan mengelola perubahan yang dilakukan oleh orang lain.

Berbagi Spreadsheet

Untuk berbagi spreadsheet, Anda dapat menggunakan fitur berbagi Excel yang memungkinkan Anda mengundang orang lain untuk mengakses dan mengedit spreadsheet yang sama. Anda dapat membagikan link atau mengirim undangan melalui email kepada orang-orang yang ingin Anda ajak berkolaborasi. Anda juga dapat mengatur izin akses untuk setiap orang, misalnya memberikan izin hanya untuk melihat atau memberikan izin untuk mengedit.

Mengelola Perubahan

Saat berkolaborasi dalam satu spreadsheet, mungkin akan ada perubahan yang dilakukan oleh orang lain. Excel menyediakan fitur pelacakan perubahan yang memungkinkan Anda melihat siapa yang melakukan perubahan, kapan perubahan dilakukan, dan apa yang telah diubah. Anda juga dapat memutuskan apakah ingin menerima atau menolak perubahan yang dilakukan oleh orang lain. Dengan fitur ini, Anda dapat mengelola perubahan dengan lebih efisien dan menjaga integritas data dalam spreadsheet.

Alat Kolaborasi Lainnya

Selain fitur bawaan Excel untuk berbagi dan kolaborasi, ada juga alat kolaborasi lainnya yang dapat Anda gunakan untuk bekerja secara efektif dengan orang lain dalam satu spreadsheet. Misalnya, Anda dapat menggunakan Google Sheets untuk kolaborasi secara real-time dengan banyak orang dalam satu file. Anda juga dapat menggunakan alat komunikasi online seperti Microsoft Teams atau Slack untuk berdiskusi dan berbagi informasi dengan tim Anda saat bekerja pada spreadsheet yang sama.

Tips dan Trik Excel

Terakhir, kami akan berbagi beberapa tips dan trik berguna yang akan membantu Anda meningkatkan produktivitas Anda saat menggunakan Excel. Dari pintasan keyboard hingga fitur tersembunyi, Anda akan menemukan banyak hal menarik di sesi ini.

Pintasan Keyboard

Pintasan keyboard adalah kombinasi tombol yang dapat Anda tekan untuk melakukan tindakan tertentu dengan cepat. Excel menyediakan banyak pintasan keyboard yang memungkinkan Anda mengakses perintah dan fitur dengan lebih efisien. Misalnya, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard untuk memotong, menyalin, atau menempelkan data, atau untuk melakukan perhitungan matematika dengan cepat. Mengetahui dan menggunakan pintasan keyboard dapat menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan Anda di Excel.

Fitur Tersembunyi

Excel memiliki banyak fitur tersembunyi yang mungkin belum Anda ketahui. Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur Flash Fill untuk mengisi data secara otomatis berdasarkan pola yang dikenali oleh Excel. Anda juga dapat menggunakan fitur Conditional Formatting untuk menerapkan format tampilan khusus pada data berdasarkan kondisi tertentu. Menjelajahi fitur-fitur tersembunyi ini dapat membuka peluang baru dalam penggunaan Excel dan membantu Anda bekerja dengan lebih efisien.

Pelajari Dari Sumber Daya Online

Ada banyak sumber daya online yang dapat membantu Anda belajar lebih lanjut tentang Excel. Mulai dari tutorial video di YouTube, blog dan situs web tutorial, hingga kursus online yang komprehensif. Manfaatkan sumber daya ini untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang Excel dan menguasai keterampilan yang lebih lanjut. Jangan ragu untuk mencari jawaban atas pertanyaan atau masalah yang Anda hadapi saat menggunakan Excel. Komunitas online juga dapat menjadi tempat yang baik untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain yang tertarik pada Excel.

Praktek dan Eksperimen

Akhirnya, praktek dan eksperimen adalah kunci untuk menjadi mahir dalam menggunakan Excel. Semakin banyak Anda menggunakan Excel dan mencoba fitur-fitur yang ada, semakin terampil Anda akan menjadi. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, bermain-main dengan data, dan mencari solusi kreatif untuk masalah yang Anda hadapi. Dengan praktek yang konsisten dan eksperimen yang terus-menerus, Anda akan menjadi ahli Excel dalam waktu singkat.

Disclaimer

Informasi yang disajikan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi umum. Meskipun kami berusaha untuk menjaga keakuratan dan kebaruan informasi, kami tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun, tersurat maupun tersirat, tentang kelengkapan, keakuratan, keandalan, kesesuaian, atau ketersediaan dengan cara apapun terkait dengan informasi ini. Setiap tindakan yang Anda lakukan terhadap informasi yang Anda temukan dalam artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda sendiri dan kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang timbul karena tindakan Anda.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Admin Funwithaileen.com

Suka menulis tentang teknologi sehingga tidak ketinggalan info terkini

Tinggalkan komentar