Panduan Mengatasi Error vcruntime140.dll Is Missing

Jika Anda mengalami masalah dengan file vcruntime140.dll yang hilang pada komputer Anda, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi error vcruntime140.dll yang hilang dengan langkah-langkah yang terperinci dan mudah diikuti.

File vcruntime140.dll adalah bagian dari Microsoft Visual C++ Redistributable untuk Visual Studio 2015. Ini adalah file penting yang diperlukan oleh banyak program dan aplikasi untuk berjalan dengan benar. Ketika file ini hilang atau rusak, Anda mungkin akan menghadapi pesan kesalahan yang mengatakan “vcruntime140.dll tidak ditemukan” atau “vcruntime140.dll hilang” saat mencoba menjalankan program tertentu.

Panduan Lengkap Mengatasi Error vcruntime140.dll Is Missing

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasi error vcruntime140.dll yang hilang:

1. Unduh Ulang dan Instal Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh ulang dan menginstal ulang Microsoft Visual C++ Redistributable. Anda dapat mengunduhnya langsung dari situs web resmi Microsoft. Setelah mengunduhnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstalnya:

  1. Buka file unduhan Microsoft Visual C++ Redistributable yang telah Anda unduh.
  2. Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  4. Setelah selesai, restart komputer Anda.

Setelah menginstal ulang Microsoft Visual C++ Redistributable, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih berlanjut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Periksa Kerusakan pada File vcruntime140.dll

Jika masalah masih persisten setelah menginstal ulang Microsoft Visual C++ Redistributable, ada kemungkinan bahwa file vcruntime140.dll itu sendiri rusak. Untuk memperbaikinya, Anda dapat menggunakan perintah SFC (System File Checker) yang disediakan oleh Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah SFC:

  1. Buka Command Prompt dengan hak akses administrator. Anda dapat melakukannya dengan cara mencari “Command Prompt” di menu Start, klik kanan pada ikonnya, dan pilih “Run as administrator”.
  2. Ketik perintah berikut dan tekan Enter: sfc /scannow
  3. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit.
  4. Jika SFC menemukan kerusakan pada file sistem, itu akan mencoba memperbaikinya secara otomatis.
  5. Setelah selesai, restart komputer Anda.

Setelah restart, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Perbarui Perangkat Lunak yang Menggunakan File vcruntime140.dll

Banyak program dan aplikasi menggunakan file vcruntime140.dll. Jika Anda mengalami masalah dengan file ini, pastikan untuk memperbarui semua perangkat lunak yang menggunakan file tersebut. Biasanya, pengembang perangkat lunak akan merilis pembaruan atau patch untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui perangkat lunak:

  1. Buka program atau aplikasi yang mengalami error vcruntime140.dll.
  2. Cari menu “Pembaruan” atau “Perbarui” dalam program atau aplikasi tersebut.
  3. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut.
  4. Setelah selesai, restart komputer Anda.

Setelah restart, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih berlanjut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Lihat Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Notifikasi Tidak Berbunyi

4. Cek Kecocokan Versi Windows dan Program

Beberapa program dan aplikasi mungkin hanya kompatibel dengan versi Windows tertentu. Pastikan versi Windows yang Anda gunakan sesuai dengan persyaratan sistem yang diperlukan oleh program tersebut. Jika tidak sesuai, Anda mungkin perlu memperbarui atau mengganti versi Windows Anda. Untuk memeriksa versi Windows Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada ikon “Komputer” atau “This PC” di desktop.
  2. Pilih “Properties” dalam menu yang muncul.
  3. Di jendela yang terbuka, Anda akan melihat informasi tentang versi dan edisi Windows Anda.

Jika versi Windows Anda tidak sesuai dengan persyaratan sistem program atau aplikasi yang mengalami error vcruntime140.dll, pertimbangkan untuk memperbarui atau mengganti versi Windows Anda. Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan perubahan ini.

5. Gunakan Pemulihan Sistem

Jika semua upaya di atas gagal, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Pemulihan Sistem pada Windows. Fitur ini akan mengembalikan sistem Anda ke titik pemulihan sebelum masalah muncul. Namun, perlu diingat bahwa ini akan menghapus semua perubahan yang telah Anda buat setelah titik pemulihan tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Pemulihan Sistem:

  1. Ketik “Pemulihan” di menu Start dan pilih “Pemulihan” dari hasil pencarian.
  2. Pada jendela Pemulihan, pilih opsi “Pemulihan Sistem” atau “Kembalikan ke titik pemulihan sebelumnya”.
  3. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk memulai proses pemulihan sistem.
  4. Tunggu hingga proses selesai. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit.
  5. Setelah selesai, restart komputer Anda.

Setelah restart, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih ada, lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Hubungi Dukungan Teknis

Jika Anda masih mengalami masalah setelah mengikuti panduan di atas, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis dari program atau aplikasi yang menyebabkan masalah. Mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut dan solusi khusus untuk situasi Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghubungi dukungan teknis:

  1. Buka situs web resmi program atau aplikasi yang mengalami error vcruntime140.dll.
  2. Cari bagian “Dukungan” atau “Kontak Kami” di situs web tersebut.
  3. Pilih opsi untuk menghubungi dukungan teknis melalui email, chat, atau telepon.
  4. Jelaskan masalah yang Anda hadapi dengan detail dan sertakan pesan kesalahan yang Anda terima.
  5. Tunggu tanggapan dari dukungan teknis dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Dukungan teknis akan berusaha membantu Anda menyelesaikan masalah vcruntime140.dll yang hilang menggunakan solusi yang sesuai untuk program atau aplikasi yang Anda gunakan.

7. Periksa Kesehatan Hard Drive

Kerusakan pada hard drive juga dapat menyebabkan masalah dengan file vcruntime140.dll. Gunakan utilitas pihak ketiga untuk memeriksa kesehatan hard drive Anda dan perbaiki masalah yang terdeteksi jika ada.

Ada beberapa utilitas pihak ketiga yang dapat membantu Anda memeriksa kesehatan hard drive, seperti CrystalDiskInfo atau HDDScan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memeriksa kesehatan hard drive:

  1. Unduh dan instal salah satu utilitas pihak ketiga yang disebutkan di atas.
  2. Buka program tersebut dan pilih hard drive yang ingin Anda periksa.
  3. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Program akan memberikan laporan tentang kesehatan hard drive Anda.
  4. Jika ada masalah yang terdeteksi, ikuti petunjuk yang diberikan oleh program untuk memperbaikinya.

Setelah memperbaiki masalah hard drive, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih berlanjut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

8. Scan Komputer dengan Antivirus

Terkadang, virus atau malware dapat merusak file sistem termasuk file vcruntime140.dll. Lakukan pemindaian penuh komputer Anda dengan program antivirus terpercaya untuk menghapus segala ancaman dan memperbaiki file yang rusak. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pemindaian antivirus:

  1. Buka program antivirus yang terinstal di komputer Anda.
  2. Pilih opsi pemindaian penuh atau pemindaian sistem.
  3. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Program akan memberikan laporan tentang ancaman yang ditemukan.
  4. Jika ada ancaman yang terdeteksi, ikuti petunjuk yang diberikan oleh program untuk menghapusnya.
  5. Setelah selesai, restart komputer Anda.
Lihat Juga:  SSID adalah: Simak Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Setelah restart, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih ada, lanjutkan ke langkah terakhir.

9. Perbarui Driver Perangkat Keras

Driver perangkat keras yang tidak terbaru atau rusak juga dapat menyebabkan masalah dengan file vcruntime140.dll. Perbarui driver perangkat keras Anda ke versi terbaru yang kompatibel dengan sistem operasi Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver perangkat keras:

  1. Buka “Device Manager” dengan cara mencarinya di menu Start atau dengan menekan tombol Windows + X dan memilih “Device Manager” dari menu yang muncul.
  2. Di “Device Manager”, cari perangkat keras yang ingin Anda perbarui driver-nya.
  3. Klik kanan pada perangkat tersebut dan pilih “Update driver”.
  4. Pilih opsi “Search automatically for updated driver software”. Windows akan mencari dan mengunduh driver terbaru untuk perangkat tersebut.
  5. Tunggu hingga proses pembaruan selesai. Jika driver terbaru ditemukan dan diinstal, restart komputer Anda.

Setelah restart, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Jika masalah masih berlanjut, lanjutkan ke langkah terakhir.

10. Reinstal Program yang Menggunakan File vcruntime140.dll

Jika semua upaya di atas gagal, Anda dapat mencoba untuk menghapus dan menginstal ulang program atau aplikasi yang menggunakan file vcruntime140.dll. Pastikan Anda mengunduh versi terbaru dari situs web resmi pengembang program tersebut. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus dan menginstal ulang program:

  1. Buka “Control Panel” dengan cara mencarinya di menu Start atau dengan menekan tombol Windows + X dan memilih “Control Panel” dari menu yang muncul.
  2. Di “Control Panel”, pilih opsi “Uninstall a program” di bawah kategori “Program”.
  3. Cari program yang menggunakan file vcruntime140.dll dalam daftar program yang terinstal.
  4. Klik kanan pada program tersebut dan pilih “Uninstall”. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menghapus program.
  5. Setelah program dihapus, restart komputer Anda.
  6. Setelah restart, unduh versi terbaru dari program yang dihapus dari situs web resmi pengembangnya.
  7. Instal program tersebut dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.
  8. Setelah selesai, restart komputer Anda.

Setelah restart, coba jalankan kembali program atau aplikasi yang sebelumnya mengalami error vcruntime140.dll. Dengan menghapus dan menginstal ulang program, Anda memberikan kesempatan untuk memperbaiki masalah yang terkait dengan file vcruntime140.dll.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan apa pun yang disebabkan oleh tindakan yang diambil berdasarkan informasi yang diberikan dalam artikel ini. Selalu lakukan tindakan pencegahan dan konsultasikan dengan ahli teknologi jika Anda menghadapi masalah serupa.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Alvian Ananta Bagaskara S.Kom

Membagikan Info dan solusi teknologi terbaru berdasarkan pengalaman pribadi yang telah menekuni dunia Teknologi lebih dari 4 tahun.

Tinggalkan komentar