Cara Memperbaiki Error “MSVCP140.dll Missing”

oleh Admin Funwithaileen.com

Jika Anda sering mengalami masalah dengan pesan error “MSVCP140.dll Missing” saat menjalankan program di komputer Anda, jangan khawatir. Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah yang lebih rinci dan komprehensif untuk membantu Anda memperbaiki masalah ini. Error ini biasanya terjadi karena file DLL yang diperlukan untuk menjalankan program tidak dapat ditemukan oleh sistem operasi Anda. Kami akan menjelaskan penyebab error ini muncul dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah ini dengan mudah.

Saat Anda menginstal atau memperbarui program tertentu di komputer Anda, terkadang Anda mungkin menghadapi pesan error yang mengatakan “MSVCP140.dll Missing” atau “File MSVCP140.dll tidak ditemukan”. Error ini menunjukkan bahwa komputer Anda kehilangan file DLL yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut. File DLL ini adalah bagian dari Microsoft Visual C++ Redistributable, yang merupakan komponen penting untuk menjalankan banyak program di Windows.

Error “MSVCP140.dll Missing” terjadi ketika program yang membutuhkan file DLL ini tidak dapat menemukannya di lokasi yang seharusnya. Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan error ini, dan kami akan membahasnya secara rinci di bawah ini.

Penyebab Error “MSVCP140.dll Missing”

1. Program Tidak Terinstal dengan Benar

Salah satu penyebab umum error “MSVCP140.dll Missing” adalah program yang tidak terinstal dengan benar. Mungkin ada kesalahan selama proses instalasi program atau beberapa file yang hilang. Ketika file DLL yang diperlukan tidak ada, sistem operasi tidak dapat menemukannya dan menghasilkan pesan error.

2. Versi yang Tidak Kompatibel

Jika Anda mencoba menjalankan program yang membutuhkan versi tertentu dari Microsoft Visual C++ Redistributable, tetapi versi tersebut tidak terinstal di komputer Anda, maka Anda akan mengalami error “MSVCP140.dll Missing”. Setiap versi dari program yang membutuhkan file DLL ini mungkin memerlukan versi yang berbeda dari Microsoft Visual C++ Redistributable. Jika versi yang diperlukan tidak ada, pesan error akan muncul.

Lihat Juga:  Nada Dering Es Krim: Menambah Keseruan Ponsel Anda

3. File DLL yang Rusak atau Terhapus

Kadang-kadang, file DLL itu sendiri bisa rusak atau terhapus. Ini bisa terjadi karena kesalahan sistem, infeksi virus atau malware, atau tindakan yang tidak sengaja oleh pengguna. Ketika file DLL rusak atau hilang, program yang membutuhkannya tidak dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pesan error “MSVCP140.dll Missing”.

4. Infeksi Virus atau Malware

Virus atau malware di komputer Anda juga dapat menyebabkan masalah dengan file DLL, termasuk file “MSVCP140.dll”. Beberapa virus atau malware dapat merusak atau menghapus file DLL yang diperlukan oleh program tertentu. Jika sistem Anda terinfeksi, kemungkinan besar Anda akan mengalami error “MSVCP140.dll Missing” saat mencoba menjalankan program yang membutuhkan file ini.

5. Masalah dengan Sistem Operasi

Kadang-kadang, masalah dengan sistem operasi Windows itu sendiri dapat menyebabkan error “MSVCP140.dll Missing”. Ini bisa terjadi karena ada perubahan konfigurasi yang tidak disengaja atau file sistem yang korup. Jika file DLL yang diperlukan oleh program tidak dapat ditemukan oleh sistem operasi, pesan error akan muncul.

Pemecahan Masalah Error “MSVCP140.dll Missing”

1. Memastikan Program Terinstal dengan Benar

Jika Anda mengalami error “MSVCP140.dll Missing” saat mencoba menjalankan program tertentu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa program tersebut terinstal dengan benar di komputer Anda. Anda dapat memeriksa apakah program tersebut terdaftar di daftar program yang terinstal di Control Panel. Jika program tidak terdaftar, Anda perlu menginstalnya kembali dengan benar.

2. Menginstal Ulang Microsoft Visual C++ Redistributable

Jika Anda yakin bahwa program yang menghasilkan error “MSVCP140.dll Missing” telah terinstal dengan benar, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa versi yang tepat dari Microsoft Visual C++ Redistributable juga terinstal di komputer Anda. Microsoft Visual C++ Redistributable adalah paket perangkat lunak yang berisi file DLL yang diperlukan untuk menjalankan banyak program di Windows. Anda dapat mengunduh versi terbaru dari situs web resmi Microsoft dan menginstalnya ulang di komputer Anda.

3. Memperbaiki File DLL yang Rusak atau Terhapus

Jika Anda yakin bahwa program yang menghasilkan error “MSVCP140.dll Missing” terinstal dengan benar dan versi yang tepat dari Microsoft Visual C++ Redistributable juga terinstal, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah file DLL itu sendiri rusak atau terhapus. Anda dapat menggunakan alat pemulihan sistem bawaan di Windows untuk memperbaiki file DLL yang rusak atau hilang. Anda juga dapat mencoba mengganti file DLL yang rusak dengan salinan yang valid dari komputer lain atau mengunduhnya dari sumber yang terpercaya.

Lihat Juga:  Cara Membuat Daftar Pustaka di Word: Panduan Lengkap

4. Memindai Komputer untuk Infeksi Virus atau Malware

Jika Anda mencurigai bahwa komputer Anda terinfeksi virus atau malware, langkah yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan pemindai virus atau malware yang andal. Pemindai ini akan membantu mengidentifikasi dan menghapus infeksi yang mungkin merusak atau menghapus file DLL yang diperlukan oleh program. Setelah Anda membersihkan komputer dari infeksi, coba jalankan program yang menghasilkan error “MSVCP140.dll Missing” untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

5. Mengatasi Masalah dengan Sistem Operasi

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas tetapi masih mengalami error “MSVCP140.dll Missing”, masalahnya mungkin terkait dengan sistem operasi Windows itu sendiri. Anda dapat mencoba melakukan pembaruan sistem operasi atau menggunakan alat pemulihan sistem bawaan untuk memperbaiki file sistem yang mungkin rusak. Jika semua upaya tersebut gagal, disarankan untuk meminta bantuan dari teknisi komputer yang berpengalaman untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang lebih dalam.

Penyangkalan

Panduan yang kami berikan di atas adalah untuk tujuan informasi saja. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data yang mungkin terjadi akibat mengikuti panduan ini. Selalu pastikan untuk membuat cadangan data penting Anda sebelum melakukan perbaikan atau perubahan pada komputer Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak yakin dalam mengatasi masalah ini sendiri, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi komputer yang berpengalaman.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *