Cara Membuka dan Menutup Aplikasi di Windows 11: Panduan Lengkap

oleh Admin Funwithaileen.com

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang menawarkan berbagai fitur canggih dan antarmuka yang menarik. Salah satu aspek penting dalam menggunakan Windows 11 adalah kemampuan untuk membuka dan menutup aplikasi dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuka dan menutup aplikasi di Windows 11.

Sebelum kita mulai, penting untuk mengingat bahwa cara membuka dan menutup aplikasi di Windows 11 mungkin sedikit berbeda dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Namun, dengan panduan ini, Anda akan dapat menguasai prosesnya dengan cepat dan dengan mudah.

Panduan Lengkap Membuka dan Menutup Aplikasi di Windows 11

Windows 11 menyediakan beberapa cara yang berbeda untuk membuka aplikasi. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan:

Membuka Aplikasi melalui Menu Start

Anda dapat membuka aplikasi di Windows 11 dengan menggunakan Menu Start. Klik pada ikon Windows di pojok kiri bawah layar, lalu cari aplikasi yang ingin Anda buka. Anda dapat menggunakan tombol panah untuk menggulir melalui daftar aplikasi atau mengetikkan nama aplikasi di kotak pencarian. Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, klik pada aplikasi tersebut untuk membukanya.

Membuka Aplikasi melalui Taskbar

Windows 11 juga menyediakan akses cepat untuk membuka aplikasi melalui taskbar. Di taskbar, Anda akan melihat ikon aplikasi yang sering Anda gunakan. Klik pada ikon aplikasi yang ingin Anda buka untuk membukanya. Jika ikon aplikasi tidak terlihat di taskbar, Anda dapat mencarinya di Menu Start atau menggunakan fitur pencarian.

Membuka Aplikasi melalui Pencarian

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang ingin Anda buka di Menu Start atau taskbar, Anda dapat menggunakan fitur pencarian. Klik pada ikon pencarian di taskbar dan ketikkan nama aplikasi yang ingin Anda buka. Pada saat Anda mengetik, Windows 11 akan menampilkan hasil pencarian yang relevan. Pilih aplikasi yang sesuai dari hasil pencarian untuk membukanya.

Lihat Juga:  Resetter Canon MP287: Petunjuk Lengkap dan Terperinci

Setelah Anda membuka aplikasi, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menutupnya. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan:

Menutup Aplikasi dengan Tombol Close

Cara paling umum untuk menutup aplikasi di Windows 11 adalah dengan menggunakan tombol close yang terletak di pojok kanan atas jendela aplikasi. Tombol close biasanya berbentuk “X”. Ketika Anda mengklik tombol close, aplikasi akan ditutup dan tidak akan berjalan di latar belakang.

Menutup Aplikasi melalui Taskbar

Anda juga dapat menutup aplikasi melalui taskbar. Jika aplikasi yang ingin Anda tutup sedang aktif, klik kanan pada ikon aplikasi di taskbar dan pilih opsi “Close” atau “Tutup” dari menu yang muncul. Ini akan menutup aplikasi tersebut.

Menutup Aplikasi melalui Alt + F4

Metode lain untuk menutup aplikasi di Windows 11 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + F4. Saat aplikasi yang ingin Anda tutup aktif, tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan untuk menutupnya. Jika Anda memiliki beberapa jendela aplikasi terbuka, Anda perlu mengklik jendela yang ingin Anda tutup sebelum menggunakan kombinasi tombol Alt + F4.

Menutup Aplikasi melalui Task Manager

Jika aplikasi tidak merespons atau sulit ditutup dengan cara-cara sebelumnya, Anda dapat menggunakan Task Manager. Task Manager adalah alat di Windows 11 yang memungkinkan Anda melihat dan mengelola proses dan aplikasi yang sedang berjalan pada komputer Anda. Untuk membuka Task Manager, tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan. Di Task Manager, cari aplikasi yang ingin Anda tutup di tab “Processes” atau “Proses”, klik kanan pada aplikasi tersebut, dan pilih opsi “End Task” atau “Akhiri Tugas”.

Menutup Semua Aplikasi dengan Alt + F4

Jika Anda ingin menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + F4 saat tidak ada jendela aplikasi yang aktif. Ini akan membuka dialog “Shut Down Windows” yang memungkinkan Anda untuk memilih opsi “Shut down” atau “Matikan”. Jika Anda memilih opsi ini, semua aplikasi akan ditutup dan komputer akan dimatikan.

Lihat Juga:  Ukuran Kertas A8: Panduan Lengkap dan Rinci

Menutup Aplikasi dengan Gesture

Windows 11 juga mendukung gesture untuk menutup aplikasi pada perangkat dengan layar sentuh. Untuk menutup aplikasi yang sedang aktif, geser jari dari atas layar ke bawah. Ini akan menutup aplikasi tersebut.

Menutup Aplikasi melalui System Tray

Beberapa aplikasi mungkin tetap berjalan di latar belakang dan menampilkan ikon di system tray. System tray adalah area di taskbar yang berisi ikon-ikon aplikasi. Untuk menutup aplikasi semacam ini, klik kanan pada ikon aplikasi di system tray, lalu pilih opsi “Exit” atau “Keluar” dari menu yang muncul. Ini akan menutup aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuka dan menutup aplikasi di Windows 11. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda akan dapat dengan mudah mengelola aplikasi-aplikasi Anda dan membuat pengalaman pengguna di Windows 11 menjadi lebih efisien.

Disclaimer

Informasi yang disediakan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Tindakan yang diambil berdasarkan informasi ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pembaca. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul karena penggunaan informasi ini.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *