Cara Membuat Instagram: Panduan Lengkap untuk Pemula

oleh Admin Funwithaileen.com

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram menawarkan peluang besar bagi individu dan bisnis untuk terhubung dengan audiens yang lebih luas. Jika Anda ingin bergabung dengan komunitas Instagram dan belajar cara membuat akun, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah.

Penting: Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki smartphone yang terhubung ke internet dan telah mengunduh aplikasi Instagram. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iPhone).

Langkah 1: Membuat Akun Instagram

Langkah pertama dalam membuat Instagram adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Instagram di smartphone Anda. Setelah aplikasi diinstal, buka aplikasi dan klik tombol “Daftar” di layar depan. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor ponsel yang valid.

Mengunduh Aplikasi Instagram

Untuk mengunduh aplikasi Instagram, buka Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iPhone) di smartphone Anda. Cari “Instagram” di kotak pencarian dan klik ikon aplikasi Instagram yang muncul. Kemudian, klik tombol “Unduh” atau “Dapatkan” untuk mulai mengunduh aplikasi. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Menginstal Aplikasi Instagram

Setelah proses pengunduhan selesai, klik ikon aplikasi Instagram di layar ponsel Anda untuk mulai menginstal. Pilih “Instal” atau “Buka” untuk melanjutkan. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, Anda akan melihat ikon Instagram di layar ponsel Anda. Klik ikon tersebut untuk membuka aplikasi Instagram.

Membuat Akun Instagram

Setelah membuka aplikasi Instagram, Anda akan melihat dua opsi: “Daftar” dan “Masuk”. Klik tombol “Daftar” untuk membuat akun baru. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor ponsel yang valid. Pilih salah satu opsi yang Anda miliki. Jika Anda memilih untuk menggunakan alamat email, masukkan alamat email Anda dan ikuti petunjuk selanjutnya. Jika Anda memilih untuk menggunakan nomor ponsel, masukkan nomor ponsel Anda dan ikuti petunjuk selanjutnya. Pastikan untuk memasukkan informasi yang benar dan valid.

Verifikasi Akun

Setelah Anda memasukkan alamat email atau nomor ponsel, Instagram akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor ponsel yang Anda berikan. Buka kotak pesan email Anda atau periksa pesan masuk di ponsel Anda untuk menemukan kode verifikasi tersebut. Masukkan kode verifikasi ke dalam aplikasi Instagram untuk memverifikasi akun Anda. Setelah akun Anda diverifikasi, Anda dapat melanjutkan untuk mengatur profil Anda.

Langkah 2: Mengatur Profil Anda

Setelah Anda berhasil membuat akun Instagram, langkah selanjutnya adalah mengatur profil Anda. Klik ikon pengaturan di pojok kanan atas, lalu pilih “Profil”. Di halaman profil, Anda dapat mengunggah foto profil dan mengisi informasi pribadi Anda seperti nama, username, dan bio. Pastikan untuk membuat profil yang menarik dan menggambarkan diri Anda dengan baik.

Mengunggah Foto Profil

Untuk mengunggah foto profil, klik pada gambar lingkaran kosong di tengah halaman profil. Anda akan diberikan opsi untuk memilih foto dari galeri ponsel Anda atau mengambil foto baru. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda memilih untuk memilih foto dari galeri, cari foto yang ingin Anda gunakan dan klik “Pilih”. Jika Anda memilih untuk mengambil foto baru, arahkan kamera ponsel Anda ke subjek dan klik tombol rana. Setelah memilih atau mengambil foto, potong atau sesuaikan foto jika diperlukan dan klik “Selesai” atau “Simpan”. Foto profil Anda akan diperbarui dengan foto yang Anda pilih.

Mengisi Informasi Profil

Setelah mengunggah foto profil, Anda dapat melanjutkan dengan mengisi informasi pribadi Anda di halaman profil. Klik pada bagian yang ingin Anda isi, seperti nama, username, atau bio. Ketik informasi yang ingin Anda tampilkan di profil Anda. Misalnya, ketik nama lengkap Anda di bagian “Nama” dan ketik deskripsi singkat tentang diri Anda di bagian “Bio”. Pastikan untuk membuat deskripsi yang menarik dan mencerminkan kepribadian atau minat Anda.

Menambahkan Tautan dan Informasi Kontak

Di halaman profil, Anda juga memiliki opsi untuk menambahkan tautan dan informasi kontak. Klik pada bagian “Tautan” atau “Kontak” di halaman profil untuk mengisi informasi tersebut. Jika Anda memiliki tautan yang ingin Anda bagikan, masukkan tautan tersebut di bagian “Tautan”. Misalnya, jika Anda memiliki blog atau situs web pribadi, masukkan URL blog atau situs web tersebut di bagian “Tautan”. Jika Anda ingin menyertakan informasi kontak seperti alamat email atau nomor telepon, masukkan informasi tersebut di bagian “Kontak”. Pastikan untuk memeriksa kembali informasi yang Anda masukkan untuk memastikan keakuratannya.

Langkah 3: Menemukan Orang untuk Diikuti

Instagram adalah tentang terhubung dengan orang lain dan mengikuti akun yang menarik bagi Anda. Gunakan fitur “Cari” di bagian bawah layar untuk menemukan orang yang ingin Anda ikuti. Anda dapat mencari berdasarkan nama pengguna, nama asli, atau topik yang menarik bagi Anda. Setelah menemukan akun yang ingin Anda ikuti, klik tombol “Ikuti”.

Mencari Orang Berdasarkan Nama Pengguna

Jika Anda tahu nama pengguna orang yang ingin Anda ikuti, masukkan nama pengguna tersebut di kotak pencarian di bagian bawah layar. Ketuk ikon kaca pembesar untuk memulai pencarian. Instagram akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan nama pengguna yang Anda masukkan. Cari akun yang tepat dan klik tombol “Ikuti” untuk mulai mengikuti akun tersebut.

Lihat Juga:  Wallpaper Wa: Kumpulan Wallpaper Cantik untuk Dekorasi yang Menawan

Mencari Orang Berdasarkan Nama Asli

Jika Anda tidak tahu nama pengguna seseorang tetapi tahu nama aslinya, Anda dapat mencari orang tersebut berdasarkan nama asli. Ketuk opsi “Orang” di bagian atas hasil pencarian untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan nama asli. Masukkan nama asli orang yang ingin Anda temukan dan ketuk ikon kaca pembesar untuk memulai pencarian. Instagram akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan nama asli yang Anda masukkan. Cari akun yang tepat dan klik tombol “Ikuti” untuk mulai mengikuti akun tersebut.

Mencari Orang Berdasarkan Topik

Jika Anda tertarik dengan topik tertentu dan ingin menemukan akun yang berkaitan dengan topik tersebut, Anda dapat mencari orang berdasarkan topik di Instagram. Ketuk opsi “Tag” di bagian atas hasil pencarian untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan tag atau topik. Masukkan tag atau topik yang ingin Anda cari dan ketuk ikon kaca pembesar untuk memulai pencarian. Instagram akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan tag atau topik yang Anda masukkan. Cari akun yang sesuai dengan minat Anda dan klik tombol “Ikuti” untuk mulai mengikuti akun tersebut.

Langkah 4: Mengunggah Foto dan Video

Salah satu fitur utama Instagram adalah kemampuannya untuk mengunggah dan berbagi foto dan video. Untuk mengunggah foto atau video, klik ikon “+” di bagian bawah layar. Pilih foto atau video yang ingin Anda unggah dari galeri ponsel Anda. Anda juga dapat menerapkanfilter, menambahkan keterangan, dan menandai lokasi sebelum mengunggahnya.

Mengunggah Foto

Untuk mengunggah foto, klik ikon “+” di bagian bawah layar dan pilih “Foto”. Pilih foto yang ingin Anda unggah dari galeri ponsel Anda. Anda dapat menggulir ke atas dan ke bawah atau menggunakan fitur pencarian untuk menemukan foto yang diinginkan. Setelah memilih foto, Anda dapat mengeditnya dengan menerapkan filter atau menyesuaikan kecerahan, kontras, dan kejenuhan. Setelah Anda puas dengan hasilnya, klik tombol “Berikutnya”.

Di halaman berikutnya, Anda dapat menambahkan keterangan untuk foto Anda. Gunakan deskripsi yang menarik dan relevan untuk foto tersebut. Anda juga dapat menandai orang-orang di foto Anda dengan mengklik ikon “Tag” dan memilih nama pengguna mereka. Jika foto Anda diambil di lokasi tertentu, Anda dapat menandai lokasi tersebut dengan mengklik ikon “Tambahkan Lokasi” dan mencari lokasi yang sesuai. Setelah Anda selesai mengatur keterangan dan lokasi, klik tombol “Bagikan” untuk mengunggah foto ke akun Anda.

Mengunggah Video

Untuk mengunggah video, klik ikon “+” di bagian bawah layar dan pilih “Video”. Pilih video yang ingin Anda unggah dari galeri ponsel Anda. Anda dapat memilih video dengan menggulir ke atas dan ke bawah atau menggunakan fitur pencarian. Setelah memilih video, Anda dapat memotongnya dengan menyesuaikan durasi awal dan akhir. Jika Anda ingin menerapkan filter pada video, Anda dapat melakukannya dengan memilih filter yang diinginkan. Setelah Anda puas dengan hasilnya, klik tombol “Berikutnya”.

Di halaman berikutnya, Anda dapat menambahkan keterangan untuk video Anda. Gunakan deskripsi yang menarik dan relevan untuk video tersebut. Anda juga dapat menandai orang-orang di video Anda dengan mengklik ikon “Tag” dan memilih nama pengguna mereka. Jika video Anda diambil di lokasi tertentu, Anda dapat menandai lokasi tersebut dengan mengklik ikon “Tambahkan Lokasi” dan mencari lokasi yang sesuai. Setelah Anda selesai mengatur keterangan dan lokasi, klik tombol “Bagikan” untuk mengunggah video ke akun Anda.

Langkah 5: Menggunakan Fitur Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan Anda berbagi momen-momen sehari-hari dalam bentuk foto atau video selama 24 jam. Untuk membuat cerita, ketuk ikon kamera di pojok kiri atas atau geser layar ke kanan. Anda dapat mengambil foto atau video langsung dari kamera ponsel Anda dengan mengklik tombol rana atau merekam video. Jika Anda ingin menggunakan foto atau video yang sudah ada, ketuk ikon galeri di pojok kiri bawah untuk memilih media yang ingin Anda tambahkan ke cerita.

Menggunakan Fitur Kamera

Jika Anda ingin mengambil foto atau merekam video langsung dari kamera ponsel Anda, ketuk ikon kamera di pojok kiri atas. Anda akan melihat tampilan kamera di layar Anda. Untuk mengambil foto, klik tombol rana di bagian bawah layar. Untuk merekam video, tahan tombol rana selama beberapa detik. Anda dapat merekam video hingga durasi maksimal 15 detik. Jika ingin merekam video lebih lama, Anda dapat merekam beberapa klip dan Instagram akan secara otomatis menggabungkannya menjadi cerita.

Setelah mengambil foto atau merekam video, Anda dapat mengeditnya dengan menambahkan teks, stiker, atau efek khusus. Ketuk ikon “Aa” untuk menambahkan teks dan ketuk di mana pun di layar untuk memasukkan teks. Anda dapat memilih dari berbagai gaya teks, ukuran, dan warna. Ketuk ikon stiker untuk menambahkan stiker yang lucu atau menggambarkan suasana hati Anda. Anda juga dapat menggunakan efek khusus seperti filter wajah atau filter yang bergerak dengan menggeser ke kiri atau kanan di bagian bawah layar.

Menggunakan Media yang Sudah Ada

Jika Anda ingin menggunakan foto atau video yang sudah ada dalam galeri ponsel Anda, ketuk ikon galeri di pojok kiri bawah. Anda akan melihat daftar foto dan video dalam galeri Anda. Pilih media yang ingin Anda tambahkan ke cerita dengan mengkliknya. Setelah memilih media, Anda dapat mengeditnya dengan menambahkan teks, stiker, atau efek khusus seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Setelah Anda selesai mengedit foto atau video, klik tombol “Bagikan ke Cerita” di pojok kanan bawah untuk membagikannya ke cerita Anda. Cerita akan tampil selama 24 jam sebelum menghilang secara otomatis. Anda juga dapat menyimpan cerita ke ponsel Anda dengan mengklik ikon unduhan di pojok kanan bawah.

Langkah 6: Berinteraksi dengan Pengguna Lain

Instagram tidak hanya tentang mengunggah konten, tetapi juga tentang berinteraksi dengan pengguna lain. Anda dapat menyukai dan mengomentari postingan orang lain, mengirim pesan langsung, atau membagikan postingan ke cerita Anda. Jangan ragu untuk berinteraksi dengan pengguna lain untuk membangun hubungan dan meningkatkan visibilitas Anda di Instagram.

Lihat Juga:  Penyebab dan Solusi Wifi HP Tidak Bisa Hidup

Menyukai dan Mengomentari Postingan

Untuk menyukai postingan, cukup ketuk ikon hati di bawah postingan. Jika Anda ingin meninggalkan komentar, ketuk ikon balon di bawah postingan dan masukkan komentar Anda di kotak komentar yang muncul. Jika ingin menyebutkan pengguna lain dalam komentar Anda, ketik “@” diikuti dengan nama pengguna mereka. Instagram akan memberikan opsi untuk memilih nama pengguna yang tepat saat Anda mengetikkan “@”.

Mengirim Pesan Langsung

Jika Anda ingin berkomunikasi secara pribadi dengan pengguna lain, Anda dapat mengirim pesan langsung. Ketuk ikon pesan di pojok kanan atas layar untuk membuka kotak pesan. Di sini, Anda dapat melihat daftar percakapan Anda dan memulai percakapan baru dengan pengguna lain. Ketuk ikon “+” di pojok kanan atas untuk memulai percakapan baru. Cari nama pengguna orang yang ingin Anda ajak bicara, ketuk namanya, dan ketik pesan Anda di kotak yang muncul. Ketuk ikon “Kirim” untuk mengirim pesan.

Membagikan Postingan ke Cerita

Jika Anda ingin membagikan postingan orang lain ke cerita Anda, ketuk ikon pesawat kertas di bawah postingan. Instagram akan memberikan opsi untuk “Tambahkan ke Cerita Anda”. Ketuk opsi tersebut untuk membagikan postingan ke cerita Anda. Anda dapat mengedit postingan sebelum membagikannya dengan menambahkan teks, stiker, atau efek khusus. Setelah selesai mengedit, klik tombol “Bagikan ke Cerita” untuk membagikannya.

Langkah 7: Menggunakan Hashtag

Hashtag adalah cara yang efektif untuk meningkatkan visibilitas postingan Anda di Instagram. Gunakan hashtag relevan dalam keterangan postingan Anda agar lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik tersebut. Misalnya, jika Anda mengunggah foto makanan, gunakan hashtag seperti #makananlezat atau #kuliner.

Menggunakan Hashtag yang Relevan

Ketika Anda membuat keterangan untuk postingan Anda, tambahkan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitasnya. Misalnya, jika Anda mengunggah foto liburan, tambahkan hashtag seperti #liburan #pantai #wisata. Ketika orang mencari hashtag tersebut di Instagram, postingan Anda akan muncul dalam hasil pencarian. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dan populer untuk mendapatkan lebih banyak eksposur.

Mengikuti Hashtag

Anda juga dapat mengikuti hashtag tertentu di Instagram agar Anda dapat melihat postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Untukmengikuti hashtag, cukup ketikkan hashtag tersebut di kotak pencarian Instagram. Setelah hasil pencarian muncul, klik tab “Hashtag” di bagian atas layar untuk melihat postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Di halaman hashtag, Anda akan melihat postingan terbaru dan populer yang menggunakan hashtag tersebut. Untuk mengikuti hashtag, klik tombol “Ikuti” di bagian atas halaman hashtag. Dengan mengikuti hashtag, Anda akan melihat postingan terkait di feed Anda dan dapat terhubung dengan komunitas yang berbagi minat yang sama.

Langkah 8: Mengatur Privasi Akun

Jika Anda ingin mengatur privasi akun Anda, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan. Klik ikon pengaturan di pojok kanan atas, lalu pilih “Privasi”. Di halaman privasi, Anda dapat mengatur apakah akun Anda akan bersifat publik atau pribadi.

Mengatur Akun sebagai Publik

Jika Anda ingin akun Anda dapat dilihat oleh semua orang, pilih opsi “Akun Publik”. Dengan akun publik, siapa pun dapat melihat postingan Anda, mengikuti Anda, dan mengirimkan permintaan mengikuti. Pastikan untuk mempertimbangkan ini dengan hati-hati, karena informasi dan postingan Anda akan tersedia untuk umum.

Mengatur Akun sebagai Pribadi

Jika Anda ingin mengontrol siapa yang dapat melihat postingan Anda, Anda dapat mengatur akun Anda sebagai pribadi. Pilih opsi “Akun Pribadi” di halaman privasi. Dengan akun pribadi, Anda dapat menyetujui atau menolak permintaan mengikuti dari pengguna lain. Hanya pengikut yang disetujui yang dapat melihat postingan Anda secara penuh. Pastikan untuk mempertimbangkan ini jika Anda ingin menjaga privasi dan mengontrol siapa yang dapat melihat aktivitas Anda di Instagram.

Langkah 9: Mengamankan Akun Anda

Keamanan akun Instagram sangat penting untuk melindungi privasi dan data pribadi Anda. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun Instagram Anda. Pilih kombinasi huruf, angka, dan simbol yang sulit ditebak. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah terkait dengan informasi pribadi Anda seperti tanggal lahir atau nama depan.

Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keamanan akun Instagram Anda adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Dengan verifikasi dua langkah, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi tambahan setiap kali Anda ingin masuk ke akun Instagram Anda. Kode verifikasi ini dikirimkan melalui pesan teks atau aplikasi otentikator yang terhubung dengan akun Anda. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka pengaturan akun Anda, pilih “Keamanan” dan kemudian aktifkan opsi verifikasi dua langkah. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk mengatur dan mengaktifkan verifikasi dua langkah.

Langkah 10: Mengikuti dan Membaca Panduan Instagram

Terakhir, tetaplah mengikuti dan membaca panduan resmi Instagram untuk mempelajari fitur-fitur terbaru, kebijakan komunitas, dan tips dan trik terkait penggunaan Instagram. Instagram secara teratur memperbarui aplikasinya, jadi pastikan Anda selalu mendapatkan informasi terkini untuk memaksimalkan pengalaman Anda di platform ini.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, Anda akan memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk membuat akun Instagram dan memulai perjalanan Anda di platform ini. Ingatlah untuk selalu mengikuti kebijakan dan pedoman komunitas Instagram agar dapat menjaga pengalaman Anda tetap positif dan bermanfaat.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan panduan umum tentang cara membuat Instagram. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan informasi dalam artikel ini dan pengalaman individu Anda saat menggunakan Instagram dapat bervariasi. Pastikan untuk membaca dan mengikuti kebijakan resmi Instagram untuk memahami aturan dan pedoman yang berlaku.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *