Cara Download dan Menyimpan Video YouTube ke Galeri HP

oleh Admin Funwithaileen.com

YouTube adalah platform video terbesar di dunia dengan jutaan video yang tersedia untuk ditonton. Namun, seringkali kita ingin menyimpan video-video tersebut ke galeri HP kami agar dapat ditonton secara offline atau dibagikan dengan orang lain. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda tentang cara download dan menyimpan video YouTube ke galeri HP dengan mudah.

Sebelum kita mulai dengan langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa mengunduh video YouTube melanggar kebijakan penggunaan YouTube. Unduh video hanya ketika Anda memiliki izin dari pemilik video atau jika video tersebut diizinkan untuk diunduh oleh pembuatnya. Sekarang, mari kita lihat cara download dan menyimpan video YouTube ke galeri HP:

Cara Download dan Menyimpan Video YouTube ke Galeri HP

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video YouTube. Salah satu aplikasi yang populer adalah TubeMate. Unduh dan instal aplikasi TubeMate dari situs web resminya. Setelah itu, buka aplikasi TubeMate dan cari video yang ingin Anda unduh. Pilih resolusi video yang diinginkan dan tekan tombol unduh. Video akan mulai diunduh dan disimpan di galeri HP Anda.

Selain TubeMate, ada juga beberapa aplikasi lain yang dapat Anda coba, seperti VidMate, SnapTube, dan KeepVid. Setiap aplikasi memiliki antarmuka yang berbeda, tetapi prinsip dasarnya tetap sama. Anda dapat mencari aplikasi-aplikasi ini di toko aplikasi HP Anda atau mengunduhnya langsung dari situs web resmi mereka. Setelah menginstal aplikasi pilihan Anda, buka aplikasi dan cari video YouTube yang ingin Anda unduh. Pilih resolusi yang diinginkan dan tekan tombol unduh. Video akan mulai diunduh dan tersimpan di galeri HP Anda.

2. Menggunakan Situs Pengunduh Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan situs pengunduh online seperti SaveFrom.net, KeepVid.com, atau OnlineVideoConverter.com. Kunjungi situs web pengunduh yang dipilih di peramban web HP Anda. Setelah itu, buka aplikasi YouTube di peramban web dan cari video yang ingin Anda unduh. Salin tautan video dari bilah alamat peramban web dan tempelkan di kolom unduh di situs pengunduh. Pilih resolusi video yang diinginkan dan tekan tombol unduh. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda simpan di galeri HP Anda.

Perlu diingat bahwa situs pengunduh online mungkin memiliki iklan atau pop-up yang mengganggu. Pastikan untuk menutup iklan atau pop-up yang tidak relevan dan hanya fokus pada tombol unduh. Selain itu, pastikan untuk memilih situs pengunduh yang terpercaya dan aman untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

3. Menggunakan Aplikasi YouTube Premium

Jika Anda ingin mengunduh video secara resmi dan legal, Anda dapat berlangganan YouTube Premium. Dengan berlangganan YouTube Premium, Anda dapat mengunduh video YouTube dan menontonnya secara offline tanpa iklan. YouTube Premium juga memberikan akses ke fitur-fitur tambahan, seperti pemutaran latar belakang dan akses ke YouTube Music. Untuk berlangganan YouTube Premium, buka aplikasi YouTube di HP Anda dan masuk ke akun Google Anda. Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas, lalu pilih “YouTube Premium”. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk menyelesaikan langganan. Setelah berlangganan, buka video YouTube yang ingin Anda unduh, ketuk ikon unduh di bawah video, dan pilih resolusi yang diinginkan. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda temukan di bagian unduhan di aplikasi YouTube.

Lihat Juga:  Pengenalan CSS: Panduan Lengkap untuk Mempelajari Gaya dan Desain Halaman Web

4. Menggunakan Fitur Unduhan YouTube

YouTube juga menawarkan fitur unduhan video di aplikasinya. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa video dan pemilik video yang memperbolehkannya. Untuk menggunakan fitur unduhan YouTube, buka aplikasi YouTube di HP Anda dan temukan video yang ingin Anda unduh. Pastikan video tersebut memiliki ikon unduh di bawahnya. Ketuk ikon unduh dan pilih resolusi yang diinginkan. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda temukan di bagian unduhan di aplikasi YouTube.

Perlu diingat bahwa video yang diunduh menggunakan fitur unduhan YouTube hanya dapat ditonton di dalam aplikasi YouTube. Video tersebut tidak dapat disimpan di galeri HP Anda atau dibagikan ke aplikasi lain. Jika Anda ingin memiliki salinan video di galeri HP Anda, Anda perlu menggunakan metode unduhan lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Menggunakan Peramban Web

Jika Anda ingin mengunduh video YouTube tanpa menginstal aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan peramban web di HP Anda. Buka peramban web di HP Anda dan kunjungi situs web YouTube. Temukan video yang ingin Anda unduh dan putar video tersebut. Salin tautan video dari bilah alamat peramban web. Setelah itu, buka situs pengunduh video seperti SaveFrom.net atau KeepVid.com di peramban web Anda. Tempelkan tautan video di kolom unduh di situs tersebut dan pilih resolusi yang diinginkan. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda simpan di galeri HP Anda.

Mengunduh video YouTube menggunakan peramban web mungkin memerlukan lebih banyak waktu dibandingkan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau situs pengunduh online. Selain itu, peramban web seringkali tidak mendukung unduhan video dalam resolusi yang tinggi. Namun, ini masih merupakan opsi yang baik jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan atau menggunakan situs pengunduh online.

6. Menggunakan Ekstensi Browser

Jika Anda sering mengunduh video YouTube dan menggunakan peramban web di komputer, Anda juga dapat menggunakan ekstensi browser untuk mengunduh video YouTube secara langsung dari peramban web. Terdapat banyak ekstensi browser yang tersedia, seperti Video DownloadHelper, YouTube Video Downloader, atau SaveFrom.net Helper. Untuk menggunakan ekstensi browser, kunjungi toko ekstensi browser di peramban web Anda dan cari ekstensi yang sesuai. Unduh dan instal ekstensi yang dipilih, lalu buka video YouTube yang ingin Anda unduh. Biasanya, ekstensi akan menampilkan tombol unduh di bawah video YouTube. Klik tombol unduh dan pilih resolusi yang diinginkan. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda temukan di folder unduhan di komputer Anda.

7. Menggunakan Aplikasi Seluler

Jika Anda lebih sering menggunakan aplikasi YouTube di HP Anda daripada peramban web, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seluler untuk mengunduh video YouTube. Beberapa aplikasi seluler populer yang dapat digunakan untuk mengunduh video YouTube adalah TubeMate, VidMate, dan Snaptube. Unduh dan instal aplikasi yang dipilih dari toko aplikasi HP Anda. Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan cari video YouTube yang ingin Anda unduh. Pilih resolusi yang diinginkan dan tekan tombol unduh. Video akan mulai diunduh dan tersimpan di galeri HP Anda.

Lihat Juga:  Driver Canon G3010: Panduan Lengkap dan Terbaru

Perlu diingat bahwa beberapa aplikasi seluler mungkin tidak tersedia di toko aplikasi resmi HP Anda. Jika Anda memutuskan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi, pastikan untuk memverifikasi keamanan aplikasi tersebut dan hanya mengunduh dari sumber yang terpercaya.

8. Menggunakan Jasa Konversi Video

Jika Anda ingin mengunduh video YouTube dalam format atau resolusi tertentu, Anda juga dapat menggunakan jasa konversi video online. Situs seperti OnlineVideoConverter.com atau Convert2MP3.net memungkinkan Anda mengunduh video YouTube dalam format yang berbeda, seperti MP4, AVI, atau MP3. Kunjungi situs web konversi video yang dipilih, salin tautan video dari YouTube, dan tempelkan di kolom unduh di situskonversi. Pilih format dan resolusi yang diinginkan, lalu tekan tombol unduh. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda simpan di galeri HP Anda.

9. Menggunakan Fitur Offline YouTube

YouTube juga memiliki fitur offline yang memungkinkan Anda menyimpan video untuk ditonton secara offline di dalam aplikasi YouTube. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyimpan beberapa video untuk ditonton nanti tanpa perlu mengunduhnya secara terpisah. Untuk menggunakan fitur offline YouTube, buka aplikasi YouTube di HP Anda dan temukan video yang ingin Anda simpan. Di bawah video, Anda akan melihat ikon unduh dengan label “Simpan”. Ketuk ikon tersebut dan pilih kualitas video yang diinginkan. Video akan mulai diunduh dan dapat Anda temukan di bagian “Video yang Disimpan” di aplikasi YouTube. Anda dapat mengakses video yang disimpan ini kapan saja, bahkan tanpa koneksi internet.

10. Menggunakan Fitur Share Offline

Jika Anda ingin berbagi video YouTube dengan teman atau keluarga Anda tanpa perlu mengunduhnya, Anda dapat menggunakan fitur Share Offline yang tersedia di aplikasi YouTube. Fitur ini memungkinkan Anda berbagi video yang sudah diunduh dengan orang lain melalui Bluetooth atau aplikasi berbagi file lainnya. Untuk menggunakan fitur Share Offline, buka aplikasi YouTube di HP Anda dan temukan video yang ingin Anda bagikan. Di bawah video, Anda akan melihat ikon unduh dengan label “Simpan”. Ketuk ikon tersebut dan pilih kualitas video yang diinginkan. Setelah video selesai diunduh, buka aplikasi Galeri HP Anda dan temukan video yang sudah diunduh. Tekan dan tahan video, lalu pilih opsi “Bagikan”. Pilih metode berbagi yang diinginkan, seperti Bluetooth, WhatsApp, atau email. Video akan dikirim ke orang yang Anda pilih dan mereka dapat menyimpannya di galeri HP mereka.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi tentang cara download dan menyimpan video YouTube ke galeri HP. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan yang melanggar kebijakan penggunaan YouTube atau hak cipta. Pastikan untuk selalu mematuhi kebijakan penggunaan YouTube dan mendapatkan izin dari pemilik video sebelum mengunduh video. Penggunaan artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Tanggapan

0 dari 0 pembaca

Jadilah Yang Pertama Memberikan Rating

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *